in

Bocah Kemasukan Semut di Telinga Hingga Kesakitan, Gimana Cara Mengatasinya?

Badan digigit serangga, itu adalah hal biasa. Tapi kalau kemasukan serangga, rasanya agak jarang-jarang ya. Mungkin seringnya adalah hewan tersebut masuk ke dalam baju dan lain-lain. Nah, kali ini peristiwa kemasukan serangga benar-benar dialami oleh anak SMP asal Kabupaten Majalengka.

Adalah Arief Adzka yang sudah kemasukan semut di telinganya sejak dirinya kelas 1 SD. Menurut keluarga Arief, Yuliani, bocah malang ini sudah dibawa ke dokter mana pun, namun tidak ada yang tahu bagaimana cara menyembuhkannya. Nah, mungkin cara-cara ini bisa membuat Arief terlepas dari siksaan para semut di telinganya.

Memberikan baby oil ke telinga

Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan memberikan baby oil ke telinga. Menurut US National Library of Medicine metode ini cukup ampuh untuk mengeluarkan serangga-serangga kecil yang masuk ke dalam telinga. Tapi jangan langsung dimasukkan baby oil-nya, pokoknya siapkan telinga yang kemasukan serangga tadi.

Menggunakan baby oil [Sumber Gambar]
Kalau sudah, baru masukkan baby oil secara perlahan ke telinga. Tunggu dua menit agar baby oil bisa menenggelamkan semut sampai mati. Lalu tuangkan secangkir air bersih hangat ke dalam telinga pelan-pelan agar baby oil dan serangga bisa keluar. Kemudian, miringkan kepala untuk mengalirkan minyak dan air. Tapi, jika serangga yang keluar sudah tidak utuh, kalian perlu untuk mengulangi langkahnya lagi agar tak ada sisa di dalam telinga.

Menggunakan air biasa

Selain baby oil, air biasa juga bisa kok untuk mengeluarkan serangga yang bersemayam di telinga. dr Agus Subagio, SpTHT-KL menuturkan jika air ini selain berfungsi mengeluarkan juga untuk mematikan serangga. Dan sebisa mungkin dilakukan secepatnya saat semut baru masuk ke dalam telinga.

Teteskan air ke telinga [Sumber Gambar]

Caranya pun juga sama dengan baby oil tadi. Tinggal dimasukkan ke telinga dan diamkan selama beberapa menit agar serangga bisa mati. Eits tapi jangan lupa, kalau airnya harus bersuhu ruangan. Ini dilakukan agar suhu tidak merusak gendang telinga yang sangat tipis. Namun, dr Agus Subagio, SpTHT-KL juga mengatakan jika setelah serangga keluar, tetap wajib dibawa ke dokter untuk memastikan telinganya baik-baik saja.

Menggunakan tetesan tembakau yang ada di rokok

Ada metode lain yang bisa dicoba nih untuk Adek Arief. Dari seorang netizen yang bernama Rafika Fika, jika telinga kemasukan semut atau serangga lainnya, bisa dikeluarkan menggunakan tembakau. Namun tembakaunya khusus yang ada di rokok.

Menggunakan tetesan dari air tembakau [Sumber Gambar]
Menurutnya, tembakau tadi diberi air sedikit saja. Kemudian teteskan air yang sudah meresap ke rokok langsung ke telinga. Tunggu selama lima menit, supaya serangga yang ada di dalam telinga mati semua. Selanjutnya tinggal miringkan kepala untuk mengeluarkan semua semut dan juga air tembakau tadi.

Ini cara terakhir kalau tidak ampuh juga

Banyak yang bilang, kalau bocah ini peristiwanya bukan menyangkut masalah medis lagi. Tapi lebih ke hal-hal mistis seperti santet dan semacamnya. Pasalnya, Arief tak kunjung sembuh dari kelas 1 SD hingga kini yang usianya sekitar 13 tahun. Bahkan, bukan hanya semut, kertas pun juga ada di dalam telinga bocah ini.

Menempuh ruqyah [Sumber Gambar]
Jadi, para netizen berpendapat kalau Arief harus segera dibawa berobat ke ustaz untuk lakukan ruqyah. Mungkin dengan cara ini, bocah SMP tersebut bisa sembuh dan hidup normal kembali. Eh tapi jangan dibawa ke dukun ya karena itu berbeda penanganannya.

BACA JUGA : 7 Serangga Mengerikan yang Bisa Hidup di Dalam Tubuh Manusia!

Mungkin itulah segelintir cara untuk membantu Adek Arief sembuh dari sakitnya. Hanya sedikit dan ringan, tapi boleh sekali untuk dicoba. Apa Sahabat Boombastis punya cara lain? Kalau ada, share di kolom komentar ya caranya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sukses dengan Konten Horor, Manakah Paranormal Experience Raditya Dika yang Paling Seram?

Kisah Iblis yang Pernah Jadi Makhluk Taat Beribadah Hingga Akhirnya Diusir dari Surga