Suara cempreng dengan body seksi bak gitar Spanyol, siapa yang tak kenal sosok penyanyi legendaris Indonesia satu ini? Ya, sosok tersebut adalah Soimah Pancawati atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Soimah. Memulai karirnya sebagai penari latar di acara televisi swasta, Seger Bener, ia pun mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Tak hanya menjadi penari, berkat keunikannya serta selera humor yang baik, ia juga sering didapuk sebagai komedian hingga presenter. Namun, semua pencapaian Soimah saat ini didapatnya dengan susah payah. Maka dari itu, ia masih sering mengunggah foto-foto lamanya yang mengungkap perjalanan hidupnya hingga ke titik ini. Boombastis.com akan mengulasnya untuk sahabat boombastis alias saboom sekalian.

Terlahir dari keluarga berdarah seni

Little Soimah [image source]
Tak ayal jika segala macam rupa seni tradisional dikuasai oleh wanita kelahiran 29 September 1980 ini. Rupanya, keluarga Soimah memang sudah berkecimpung di dunia seni sejak lama. Bahkan, tantenya yang bernama MM. Ngatini merupakan istri dari pemilik padepokan tari Bagong Kussudiardjo. Sehingga, dari kecil Soimah sudah terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang menyangkut seni tradisional Jawa, terutama Jawa Tengah.

Hidup bukan perkara mudah, ngenes jika kita bisa bilang

Kehidupan Pahit Soimah [image source]
Sebelum mencapai titik ini, ada masa ketika Soimah bukanlah siapa-siapa. Bahkan untuk sekolah pun, ia mengalami kesusahan. Potret di atas menunjukkan betapa beratnya masa muda Soimah. Topi, sepeda, dan tas yang ia kenakan bukanlah miliknya. Demi berpose dan mendapat satu buah foto bergengsi, ia harus rela malu demi meminjam properti milik teman-temannya.

Menjadi sinden dan ditawari Rp. 1 M oleh seorang pejabat

Sinden Soimah [image source]
Menyadari kehidupannya yang cukup berat membuat Soimah berjuang mati-matian untuk mewujudkan mimpinya, yaitu masuk televisi. Ia pun fokus dalam sekolah seni hingga lulus bergelar sarjana di bidang serupa. Soimah memulai karir berseninya dengan menjadi sinden. Namun, hal tersebut juga tak berjalan cukup lancar mengingat banyak pejabat-pejabat yang menawarkan rupiah demi membeli tubuhnya. Saat-saat tersebut merupakan masa paling berat untuknya.

Kehidupan rumah tangga dan keterbatasan ekonomi

Pernikahan [image source]
Setelah lelah mencari dan terus mencari, akhirnya Soimah mendaratkan hatinya kepada seseorang yang tepat. Ia adalah Herwan Prandoko atau Koko yang ternyata juga seorang seniman. Kehidupan rumah tangga mereka berjalan baik dan harmonis. Namun sayang, perihal ekonomi lagi-lagi jadi problema. Potret ketika Soimah sedang memandikan kedua anaknya di kamar mandi bertembokkan semen dan penuh lumut sungguh membuat para netizen simpati terhadapnya.

Impian masuk televisi dan diintimidasi artis lain

Debut Soimah [image source]
Rupanya bukan hanya Soimah yang bermimpi untuk menjadi artis besar di Indonesia dan berhasil tampil di televisi. Impian kecil tersebut merupakan mandat dari sang ibunda. Meski beberapa tahun yang lalu bakat Soimah belum terpancar jelas, sang ibu sudah yakin jika ia debut di televisi, karirnya akan memuncak. Hanya menjadi penari latar di sebuah program televisi yang dibawakan alm. Olga Syahputra kala itu, Soimah sudah menjadi perhatian artis lain dan sempat dipandang sebelah mata.

Kesederhanaan yang mengantarkannya hingga ke titik ini

Soimah Sukses [image source]
Mendapat perlakuan tidak enak dari artis seniornya tak membuat nyali Soimah ciut. Ia malah menggunakan intimidasi tersebut sebagai cambuk untuk membuktikan pada dunia bahwa “aku bisa lebih baik dari ini.” Sikapnya yang sederhana dan ramah pada semua orang pun membawanya sedikit demi sedikit sampai ke puncak bukit. Bahkan, dirinya pun bisa dibilang sebagai salah satu artis papan atas Indonesia saat ini.

Cobaan menjadi artis ternama

Soimah [image source]
Ternyata, tekanan yang dialami Soimah tidak berhenti ketika ia sudah menjadi artis yang memiliki nama di Indonesia. Semakin banyak dipuji karena kemampuannya, tak berhenti pula orang yang juga menghujatnya. Beberapa waktu lalu, terkuak wajah aslinya alias no make up face. Dari situ, netizen melihat ia sangat berbeda dan mengatakan bahwa dirinya hanya cantik karena make up.

Tak ambil pusing dan mulai berani menunjukkan hidupnya yang apa adanya

Pengen ngene meneh,kpn yo?

A post shared by Soimah (@showimah) on

Melihat bagaimana perlakuan netizen yang kejam membuat Soimah tak ambil pusing dengan komentar-komentar negatif yang ditujukan pada dirinya. Berdasarkan hal tersebut, ia kini lebih sering mengunggah kehidupannya yang serba apa adanya kepada publik. Ia berani menunjukkan dirinya yang sedang tak mengenakan make up, ataupun ketika sedang menjadi ibu rumah tangga di rumah.

Pelajaran berharga yang diambil oleh sang anak

Ndelok anak lanang dodolan neng pasar malam????

A post shared by Soimah (@showimah) on

Pernikahannya dengan Koko memberi Soimah dua buah hati yang super tampan, Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang. Kita semua tahu bahwa Soimah sedang berada dalam tahun-tahun terbaiknya menjadi artis, segala macam job ia ambil untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. ­Namun, meski orang tuanya bergelimang harta, Aksa—anak sulung Soimah tak segan untuk tetap berjualan baju di pasar malam demi kebutuhannya, serta menjadi pribadi yang sederhana.

Berdasarkan 9 potret di atas, bisa dibilang Soimah adalah sosok artis teladan di kalangan selebriti-selebriti papan atas Indonesia. Meskipun sudah bergelimang harta, ia tak segan berperilaku ndeso dan mengunggahnya ke sosial media. Hal tersebut membuat kita sadar bahwasanya, seberapa banyak harta yang kita timbun pada akhirnya juga tak akan dibawa hingga liang lahat. Salut untuk Soimah, tetaplah berkarya untuk Indonesia!