Youtuber dan komedian Raditya Dika memang pernah membagikan pengalaman menyeramkan yang pernah terjadi di rumahnya. Namun, ternyata jauh sebelum itu, suami Anissa Aziza ini punya cerita yang lebih seram dan beberapa kasus gangguan oleh makhluk bukan manusia. Hal tersebut kembali ia ceritakan dalam unggahan baru ‘Paranormal Experience’nya.

Bersama dengan beberapa temannya –salah satu adalah pemilik rumah, mereka menceritakan semua detail kejadian yang pernah dialami selama tinggal di tempat yang menurut Radits cs terseram se-kawasan Jogja tersebut. Nah, bagi teman-teman yang penasaran tentang seberapa angker sih rumah tersebut, berikut uraian yang berhasil Boombastis rangkum.

Sejarah rumah yang merupakan warisan keluarga

Pengalaman ini dialami oleh Raditya Dika di tahun 2006, ketika ia mengunjungi Jogja dan menginap di rumah seorang temannya. Bersama Mizter (Rizky Ardi Nugroho) serta teman yang lain, mereka mengalami kejadian yang cukup menyeramkan. Sebelum menceritakan sekian banyak kejadian mistis di rumah tersebut, lebih baiknya kita mengetahui sejarah tempat tinggal itu.

Rumah yang mirip townhouse ini terletak di Jl. Magelang, di belakang pertokoan dan deretan ruko. Menurut pengakuan Mizter, rumah tersebut adalah peninggalan eyangnya yang sudah 10 tahun tak dihuni. Sebelumnya, hunian gede tersebut adalah milik orang Tionghoa. Bertahun-tahun kosong, rumah tersebut tetap dirawat (bagian halamannya) oleh tukang kebun yang juga tinggal di kawasan yang sama. Ketika kuliah, Mizter menempati rumah yang sebelumnya kosong itu dengan tujuan dekat kampus dan hemat biaya hidup.

Sederet kejadian menakutkan yang pernah terjadi

Ketika pertama kali lulus SMA, Mizter yang diterima kuliah di UGM diminta tinggal di rumah yang sudah 10 tahun kosong tersebut. Nuansa ‘kurang nyaman’ memang sudah terlihat dari awal sih, mulai dari lukisan yang ditutup kain putih, rumah yang sangat kotor dan berdebu hingga suara gamelan yang terdengar saat tengah malam. Jika ketika itu Radit hanya mengalami terror berupa pintu yang diketuk dari arah kebun, maka Mizter dan beberapa teman yang memang tinggal di rumah itu (Pito dan Akbar) sudah mengalami berbagai hal aneh dan tak masuk akal.

Salah satu kejadian paling seram adalah ketika seorang ibu yang merupakan kerabat dari salah satu penghuni rumah seram ini menginap. Ketika itu sang ibu ditempatkan di kamar tengah yang mana sebenarnya di waktu itu tak ada yang berani tidur di kamar. Keadaan masih aman terkendali sampai tiba-tiba sekitar jam 2 pagi si ibu ini keluar kamar sambil ngos-ngosan menuju ruang tengah, tempat semua penghuni tidur. Ketika ditanya, sang ibu mengatakan kalau dia diintip oleh sesosok makhluk seram di ventilasi atas pintu. Mendapati ini pantas saja si ibu kabur sampai ngos-ngosan.

Selain kejadian itu, Mizter dkk juga sering mendapati lemari di salah satu kamar bergoyang tanpa sebab, gadis berambut ‘kain pel’ yang muncul di kebun, api bakaran anglo yang bisa menyala sendiri padahal sudah disiram air, suara perempuan tertawa, suara ketukan di pintu, penampakan gadis berbaju merah, orang mandi dan menyalakan lampu, sampai sosok menyerupai Akbar. Membayangkannya aja sudah ngeri.

Rumah bekas yang penghuninya meninggal bunuh diri

Nah, usut punya usut kejadian aneh ini jelas bukan tanpa sebab Sahabat Boombastis. Bude Mizter yang merupakan pemegang kunci sebelumnya ternyata mengetahui cerita keangkeran rumah itu. Ketika sudah selesai kuliah dan mau meninggalkan rumah, Mizter dan teman-temannya baru diberi tahu bahwa memang ada penunggu rumah yang tinggal di bawah kolong kasur salah satu kamar. Selain itu, lemari yang sering berbunyi dan bergoyang sendiri itu berisi pusaka keraton berupa keris dan tombak (karena eyang Mizter merupakan pejabat pertanian ketika pemerintahan Hamengkubowono 8 dan 9).

Radit dan teman-teman penghuni rumah angker [Sumber gambar]
Salah satu kenalan yang disapa –Mas Gaduh- dan memang punya kemampuan melihat yang tak kasat mata juga mengatakan bahwa pohon yang berada di area kebun tersebut tempat gantung diri anak yang pernah punya rumah (sebelum eyang Mizter). Mas Gaduh juga pernah bertemu eyang putri Mizter dan kerapkali melihat gadis baju merah mondar-mandir di dalam rumah.

Kondisi si rumah terseram Jogja sekarang

Video yang sudah ditonton lebih dari 3 juta viewers ini menimbulkan pertanyaan, karena memang tidak dijelaskan secara detail alamat dan keadaannya sekarang. Namun, menurut pengakuan Mizter di instagram pribadinya @mizter.popo, rumah tersebut kini sudah dijual kepada orang lain, bukan milik keluarganya lagi. Sebelum pergi ia juga sempat membacakan surat ruqyah yang membuatnya mungkin lebih adem dan berkurang kesan seramnya.

Unggahan Instagram Mizter [Sumber gambar]
Semua pusaka yang ada di rumah tersebut juga sudah dipindahkan ke keraton separuhnya, pohon –yang katanya tempat gantung diri putri pemilik rumah juga sudah ditebang. Bagi yang masih penasaran, pesannya Mizter jangan mencoba menebak dengan mengirim foto atau video rumah, karena takut mengganggu pemilik yang sekarang.

Mengenai detail rumah memang tidak disebutkan ya Sahabat Boombastis. Hal tersebut karena menyangkut privacy pemilik rumah yang sekarang. Jika ingin lebih tau detail ceritanya, bisa tonton di video kanal YouTube Raditya Dika di atas. Saran kami tontonlah bersama karena mungkin kamu akan ketakutan jika sendiri.