Menjadi keresahan banyak YouTuber, ketika artis-artis kini banting setir ke lapak mereka. Tak hanya satu-dua artis saja yang terjun alias alih profesi menjadi YouTuber, sehingga biasanya kolom trending di YouTube Indonesia banyak diisi oleh para artis—bukan mereka yang berprofesi asli sebagai YouTuber.

Isu ini pun menarik minat Deddy Corbuzier, sebagai selebriti yang telah terjun dalam dunia YouTube dari lama. Ayah dari Azka Corbuzier ini menyebutkan bukan salah para artis jika mereka masuk ke dunia YouTube, sebab tak sedikit pula para YouTuber yang memiliki program di televisi sekarang. Anyway, siapa saja, sih, artis-artis yang “kerja sambilan” sebagai YouTuber?

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, konten mengenai anaknya selalu disukai netizen

Anak artis merupakan topik yang bikin netizen kepo. Terlebih lagi soal Rafathar, Gempita, dan juga Al, El, Dul. Tak heran jika YouTube Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, yang dinamakan RANS Entertainment kini telah memiliki 4,5 juta subscribers,

karena mengekspose kegiatan sang anak sehari-hari. Apalagi, kini pertikaian antara Rafathar dan Baim Wong selalu dinanti setiap hari oleh pengguna YouTube. Tak heran, jika sekali mengunggah video, RANS Entertainment bisa menghasilkan ratusan ribu dalam satu jam.

Baim Wong dan Paula Verhoeven, balapan konten dengan RANS Entertainment

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, drama antara Rafathar dan Baim Wong tengah menjadi konsumsi netizen. Namun, bagi kanal YouTube Baim Wong dan Paula Verhoeven alias Baim Paula (Bapau) bukan hanya konten mengenai Rafathar saja, tapi juga prank gembelnya.

Jumlah subscribers YouTube Baim Paula mendadak naik gara-gara penyamaran Baim Wong sebagai gembel budiman yang bagi-bagi uang di pinggir jalan. Terlebih lagi, prank tersebut benar-benar natural dan tak terlihat settingan seperti milik Atta Halilintar.

Sule dan Andre Taulany, eksis terus di mana-mana

Sudah tiap malam memandu talk show di televisi, Sule dan Andre Taulany masih punya waktu untuk mengurusi kanal YouTube-nya. Bahkan, belum lama ini mereka berdua berkolaborasi sampai video tersebut masuk dalam kolom trending YouTube Indonesia.

Kini, Sule Channel sudah memiliki subscribers sebanyak 1,5 juta, sedangkan Taulany TV baru mencapai 539 ribu subscribers. Netizen penikmat konten YouTube dari konten kreator asli banyak yang berkomentar, “padahal di televisi sudah dibahas, tapi masih ada saja yang nonton.”

Anji eks Drive, membahas isu permusikan termutakhir

Satu lagi selebriti yang sudah terjun di dunia YouTube dari zaman baheula, Anji eks Drive. Konten yang disajikan oleh pemilik kanal Dunia Manji ini tentu tak jauh-jauh dari dunia musik. Agak mirip dengan video-video Deddy Corbuzier, sebab Anji selalu memberikan opini dan solusi terhadap isu terkini, terutama soal musik.

Contohnya saja, Anji baru saja menggandeng Anang Hermansyah dan Glenn Fredly untuk berbincang di kanal YouTube-nya untuk membahas RUU Permusikan. Hingga Jerinx SID menyebut dirinya main aman karena hanya mengundang dari pihak pencetus RUU Permusikan. Sepertinya, problema RUU Permusikan bakal masih panjang, nih, Sahabat Boombastis.

BACA JUGA: ‘Tukar Jiwa’, 5 YouTuber Ini Malah Terjun ke Layar Lebar dan Coba Peruntungannya

Sebenarnya, bukan hanya 7 artis di atas saja yang terjun ke dunia YouTube. Ada pula Laudya Chintya Bella, Denny Cagur, Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang kanalnya dinamakan The Sungkars Family, Boy William, hingga Iis Dahlia. Namun, di antara para selebriti, 7 artis di atas tersebut yang selalu menghiasi kolom trending YouTube Indonesia—yang juga menjadi concern para konten kreator, karena dianggap mengambil lapak mereka.