Berbicara tentang pusaka kira-kira apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yaa, tepat sekali sebuah benda yang kerap diagung-agungkan oleh pemiliknya. Berbicara tentang hal tersebut, ternyata selain kerajaan-kerajaan di Indonesia, pemerintahan Thailand juga mempunyai benda tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu menjadi bagian penting di acara penobatan raja anyar negeri Gajah Putih Maha Vajiralongkorn.

Usut punya usut, dari penelusuran yang dilakukan oleh penulis ada lima jenis pusaka penting yang dimiliki negara tetangga kita. Dan kabarnya sudah mereka gunakan dalam acara-acara kerajaan sejak bertahun-tahun lalu. Dilansir Boombastis dari Tempo.com, Raja Buddha Yod Fa Chulalok, atau Rama I menjadi sosok pertama yang merasakan tradisi penobatan dengan model ini. Lantas seperti apakah pusaka-pusaka yang mereka miliki?

Mahkota Kejayaan pusaka mewah dan penting

Raja Thailand dengan Mahkotanya [Sumber Gambar]
Apabila melihat nilainya, kabarnya Mahkota Kejayaan menjadi pusaka yang paling peting. Pasalnya, menjadi sebuah lambang yang menyimbolkan puncak gunung Mount Meru, di mana merupakan singgasana dewa Hindu yaitu Indra. Selain paling simbolik, benda sakral negara Thailand ini juga terkena mewah. Hal ini lantaran dalam mahkota berukuran tinggi 66 centimeter dan beratnya sekitar 7.3 kilogram ini, terdapat dua berlian dari kolkata di puncaknya. Sebuah mineral yang harganya terkenal mempunyai nilai fantastis.

Pusaka penuh sejarah Pedang Kejayaan

Pedang Kejayaan Thailand [Sumber Gambar]
Selain pusaka tadi, Pedang Kerajaan juga menjadi benda sakral lain yang digunakan ketika penobatan Raja baru di negara tidak pernah dijajah tersebut. Dirinya melambangkan sebuah keberanian. Kabarnya pusaka ini berasal dari era Kekaisaran Khmer. Di mana dahulunya ditemukan oleh warga di sebuah dasar danau. Seperti halnya Mahkota Kejayaan tadi, pusaka satu ini juga berhiaskan mineral-mineral mulai. Di mana banyak terdapat ukiran-ukiran emas dan batu permata disekujur tubuhnya.

Melambangkan kebijaksanaan tongkat kerajaan jadi pusaka istimewa

Penampakan Pusaka Than Phra Kon [Sumber Gambar]
Tidak hanya mahkota dan pedang, kerajaan Thailand juga memiliki pusaka berbentuk tongkat. Bernama Than Phra Kon, benda tersebut berasal pohon Cassia yang memiliki panjang sekitar 118 centimeter dan dilapisi emas. Menurut laporan Tempo.com, Tongkat Kerajaan ini melambangkan kebijaksanaan seorang raja. Selain benda-benda tadi, pusaka Thailand lainnya adalah “Walawichani” atau kipas kerajaan. Terbuat dari dari daun palem yang dilapisi emas, pusaka satu ini melambangkan tugas raja untuk mengenyahkan masalah rakyat.

Dan terakhir adalah Sandal Kerajaan atau kerap disebut “Chalong Phrabat Choeng Ngon”, berbentuk melengkug dengan semua bagaian emas dan dilapisi permata. Benda penting Negeri Gajah Putih ini menyimbolkan dasar dari Gunung Meru, yang menjadi tempat tinggal dewa Indra.

BACA JUGA: 5 Pusaka Sunan Kalijaga yang Dikenal Sakti Mandraguna Hingga Sekarang

Berkaca dari penampakan benda-benda tersebut, agaknya bisa dibilang setiap kerajaan di Asia Tenggara memiliki pusaka-pusakanya sendiri. Meski terlihat kuno dan sistem lama, namun hadirnya benda itu adalah bukti kalau mereka (Thailand) menjaga warisan leluhur dengan baik. Selain itu membuktikan kalau perkembangan zaman di sana, tidak mempengaruhi tradisi.