5 Hal yang Waktu Kecil Kita Yakini Bakal Membatalkan Puasa Namun Ternyata Hanya Mitos Belaka

Jadi apakah menangis dapat membatalkan puasa? Coba baca dulu deh biar tahu ilmunya

oleh Arief Dian
17:00 PM on May 18, 2017

Bagi seorang muslim akan sangat baik apabila memahami secara mendalam ilmu tentang puasa. Masalahnya meskipun sedang berpuasa kegiatan sehari-hari harus tetap berlanjut. Takutnya secara tidak sadar kita melakukan hal yang membuat puasa kita tidak sah. Sayang kan kalau sudah hampir magrib tahu-tahu ternyata kita sudah batal. Makanya, ilmu penting di sini.

Bicara mengenai  hal yang membatalkan puasa, zaman dulu banyak sekali pantangan aneh-aneh saat menjalani ibadah puasa. Padahal yang seperti itu tidak pernah ada dalil atau hukum yang membenarkannya.  Misalnya saja menelan ludah. Namun apakah hal itu benar? Berikut adalah ulasan lengkap beberapa hal yang dulu dianggap bisa membatalkan puasa.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Menangis bakal membatalkan puasa?

menangis [image source]
Anak tahun 90-an dan sebelumnya pasti pernah mengalami hal ini pula. Pertanyaannya, apakah hal ini benar? Ternyata tidak ada hukum mengenai menangis yang membatalkan puasa. Jadi meskipun saat puasa menangis sejadi-jadinya karena mungkin diputus pacar, puasanya tidak batal. Adanya anggapan menangis membatalkan puasa adalah karena bakal takut kalau adanya air mata yang masuk ke mulut. Menangisnya memang tidak membatalkan puasa, tapi air matanya itu yang bakal bikin batal khususnya ketika tertelan.

Menelan ludah bisa membatalkan puasa?

Menelan ludah [image source]
Pernah waktu kecil ditakuti oleh teman kamu bahwa puasa batal karena menelan ludah? Sebenarnya itu hanyalah mitos belaka, pasalnya tidak ada sama sekali hukum yang menyatakan bahwa menelan ludah dapat membatalkan puasa. Ludah asalnya dari tubuh sendiri, jadi meskipun tertelan, tidak terhitung batal. Entah sejak kapan, dulu sangat banyak orang yang mempercayai hal ini. Alhasil saat bulan puasa, mereka sangat berhati-hati agar ludah tidak tertelan, bahkan lebih memilih untuk tidur saja agar tidak melakukan hal seperti ini.

Marah bakal membatalkan puasa?

Marah [image source]
Seringkan dulu waktu bocah digoda terus oleh teman biar puasanya batal. Padahal rasa emosi semacam itu adalah hal yang wajar. Tapi karena ada anggapan bahwa marah bisa membatalkan puasa, jadinya ditahan terus deh. Padahal tidak ada hukumnya loh kalau marah itu dapat berakibat pada batalnya puasa kita. Yang ada itu kalau marah bakal menghilangkan pahala dari puasa kita, bukan ibadahnya yang batal. Meskipun tidak membatalkan puasa, tapi sayang dong kalau tidak dapat pahalanya. Istilahnya hanya kewajibannya gugur, tapi balasan pahalanya tidak sama sekali kita dapat.

Keramas bisa membatalkan puasa?

Keramas [image source]
Dulu, sering sekali dilarang keramas karena ada yang bilang kalau keramas di bulan puasa itu bisa bikin batal. Ternyata hal itu adalah anggapan yang salah, pasalnya kalau kita tidak keramas selama sebulan, entah bagaimana keadaan rambut di kepala ini. Karena bakal mengandung mudharat jika tidak dilakukan, keramas menjadi salah satu hal yang yang harus dilakukan. Sebenarnya hukum keramas yang bakal membatalkan puasa muncul karena ditakutkan air bakal masuk setelah dibilas. Namun jika kita menggunakan cara yang benar, hal itu dapat diantisipasi. Keramas justru malah dianjurkan untuk mengurangi rasa panas ketika puasa, tapi ingat agar jangan sampai air masuk ya.

Keluar darah bakal membatalkan puasa?

berdarah [image source]
Darah yang keluar karena tidak sengaja takkan membatalkan puasa. Jadi anggapan waktu kecil dulu itu bisa dibilang adalah hal yang salah. Bahkan jika darah diambil untuk sebuah tes darah tidaklah membatalkan puasa. Kecuali jika kita dengan sengaja melukai diri sendiri maka itu bisa batal. Meskipun keluar darah tanpa sengaja tidak batal, tapi menelannya akan membuat puasa kita tidak sah. Ya, menelan darahlah yang bakal membatalkan puasa, karena darah punya rasa sendiri. Namun untuk darah haid dan nifas jelas hukumnya membuat puasa batal.

Ngaku kamu juga pernah percaya kan dengan beberapa hal di atas? Sekali lagi, itu hanya mitos karena memang tidak ada hukum yang membenarkannya hal tersebut. Jadi setelah ini jangan takut batal ya kalau melakukan beberapa hal di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA