Saat ini bila mendengar nama Chris Jhon kira-kira apa yang terlintas dalam pikiranmu? Yap, betul sekali salah satu atlet papan atas Indonesia yang kini terjun ke dunia politik. Seperti telah banyak diketahui, pria berjuluk si naga ini kabarnya ikut meraimakan bursa calon legislatif di pemilu 2019. Meski jalan yang dipilihnya kini berbeda, namun sebagai seorang mantan aktor ring tinju sosoknya tidaklah bisa dianggap enteng.

Beberapa gelar di tinju nasional dan manca adalah sedikit bukti kalau sosok ini begitu bertaji di atas ring. Selain itu, kemampuan hebatnya juga sempat membuatnya dinobatkan menjadi salah satu atlet terkaya di jagat olahraga. Benarkan demikian? Mari simak ulasan berikut sembari sekali lagi nostalgia dengan salah satu petinju terbaik pernah dimiliki bangsa Indonesia.

Atlet tinju yang sempat mempertahankan sabuk WBA dalam waktu lama

Chris Jhon Juara [Sumber Gambar]
Dari perjalanannya di olahraga ini Chris bukanlah sosok atlet yang miskin prestasi. Ada banyak capaian manis yang telah direngkuhnya pasca debut pada tahun 1997. Tapi dari semua sabuk yang sukses dimenangi bisa dikatakan, Juara Dunia Kelas Bulu WBA menjadi salah satu teristimewa. Hal ini lantaran, selain menjadi gelar internasional pertamanya, WBA juga jadi gelar terlama dipertahankannya. Dilansir Boombastis dari Liputan 6, pria asal Banjarnegara ini sukses mempertahankan gelar tersebut selama 10 tahun dan melewati 18 kali laga.

Mantan aktor dunia tinju dengan segudang prestasi

Gelar Chris Jhon [Sumber Gambar]
Kalau melihat perjalanannya, bukan sebuah hal berlebihan kalau ia dilabeli sebagai atlet segudang prestasi. Pasalnya, selama terjun di ring tinju dirinya telah sukses torehkan 48 kemenangan, dengan 22 diantara berhasil meng-KO lawannya, dan hanya sekali merasakan pahitnya kekalahan. Tidak berhenti disitu saja, selama kariernya berjuluk Dragon ini sudah pernah meraih Featherweight champion, Regular Champion, Upgraded to super champion, Super Champion,Declared Super Champion, dan Super Champion in Recess.

Sempat dinobatkan menjadi altet dengan bayaran fantastis

Aksi menawan Chris Jhon [Sumber Gambar]
Seperti halnya pemenang-pemenang di olahraga ini luar sana, berkat prestasinya mantan atlet 39 tahun ini juga sempat diguyur banyak pundi-pundi uang. Bahkan menurut data dari Top Richests yang rilis pada Mei 2018, pria berambut cepak ini adalah olahragawan terkaya di Indonesia. Diungkapkan oleh Top Richests, cuan Chris John mencapai angka 15 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 218 miliar. Besarnya kekayaan pria 39 tahun ini merupakan hasil dari jerih payahnya selama bertanding di atas ring. Di mana menurut penulusuran penulis, selama mempertahankan gelar WBA selam hampir 10 tahun, ia mendapatkan USD14.000 per menit.

Lawan-lawan tangguh yang pernah ditumbangkan oleh Chris Jhon

Chris Jhon siap tumbangkan lawan [Sumber Gambar]
Selain hal-hal tadi, Caleg DPR RI di Pemilu 2019 ini juga dahulunya sempat isi perjalanan kariernya di olahraga ini dengan menumbangkan beberapa petinju hebat. Seperti Fernando David Saucedo, Daud Jordan, Stanyslav Merdov, Shoji Kimura, Chinlatam Piriyapinyo dan Oscar Leon. Khusus untuk nama terakhir tersebut, menjadi sosok dikalahkan Jhon yang pada akhirnya membuka jalan pria 39 tahun merengkuh gelar dunia kelas bulu WBA. Meski ugal-ugalan, tapi kiprahnya kini tidak bisa dilihat lagi. Sebab, Jhon sejak beberapa tahun lalu memilih jalur politik untuk kariernya.

BACA JUGA: Menyedihkan, Inilah Para Pentinju Papan Atas yang Sempat Alami Kebangkrutan di Hidupnya

Begitulah sobat Boombastis, sejumlah capaian-capaian hebat dari seorang Chris Jhon. Besar harapan ke depan ada sosok dari ring tinju yang mampu melanjutkan karier hebatnya. Kira-kira apa yang paling kalian kenang dari mantan petinju berusia 39 tahun itu? Kalau aku sih laganya melawan Daud Jordan.