Ajang Dangdut Academy Asia setidaknya membuktikan bahwa musik khas asal Indonesia ini cukup dimintai di kawasan benua Asia. Setiap tahun ada banyak sekali peserta dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi berlaga di panggung kompetisi ini. Mulai dari finalis Negeri Jiran, Thailand, Singapore, Brunei Darussalam, bahkan Timor Leste.

Kehadiran mereka juga menjadi warna tersendiri untuk dangdut di Indonesia. Tak heran jika mereka mendadak punya fans karena warganet yang gemas dengan orang asing yang suka kebudayaan Indonesia –apalagi bisa lagu dangdut, tambah spesial. Salah satunya adalah Jirayut, penyanyi asal Thailand yang menjadi primadona di Indonesia.

Merupakan peserta Dangdut Academy Asia 4

Bernama asli Afisan Jehderamae atau dikenal dengan Jirayut adalah salah satu peserta DAA 4 yang mulai tayang pada bulan Oktober 2018. Sosoknya kemudian disebut memiliki kemiripan dengan Al-Ghazali, putra pertama Maia Estianty. Dari enam wakil Thailand yang maju berlaga di panggung DAA, Jirayut satu-satunya peserta yang mampu menembus sepuluh besar, walaupun dirinya harus puas hanya duduk di urutan ke 9.

Sosok imut yang banjir penggemar

Imutnya sosok Jirayut [Sumber gambar]
Datang dari negara yang bukan berbahasa Melayu membuat Jirayut susah berkomunikasi pada awalnya. Tak heran, ia didampingi oleh penerjemah setiap kali sesi mendengar komentar para dewan juri. Menariknya, keinginan untuk belajar Bahasa Indonesia membuat Jirayut punya tempat spesial di hati juri dan fans. Ditambah gayanya yang lucu, wajahnya yang imut dan tampan membuat remaja 18 tahun ini banjir penggemar. Yakin masih bisa menolak pesona Mas Jirayut, gengs?

Kontrak kerja oleh stasiun televisi Indonesia

Akhir Januari lalu, Jirayut kembali ke Thailand untuk menyelesaikan ujian akhir di sekolahnya (karena statusnya sebagai siswa SMA) di SMU BangbangOkute School, Thailand. Jirayut kembali lagi ke Indonesia pada 9 Februari. Data itu dirinya sudah mendapat kontrak sebagai host LIDA 2019, meskipun ia mengaku masih dalam tahap mengikuti kursus Bahasa. Kalau begini mah, enggak juara juga tak apa, yang penting dekat dengan para juri, yekhan?

Terjun ke dunia peran

Setelah didapuk menjadi host di LIDA 2019, Jirayut kini melebarkan sayap dengan menjajal dunia peran. Lewat sinetron ia mencoba bagaimana berakting yang baik. Menjadi hal yang wajar jika ia merasa sangat nervous bahkan takut dengan sang sutradaranya. “Aduh hari ini Jirayut nervous banget sebab jirayut ada syuting sinetron,” seperti dilansir Hot Issue dalam video yang diunggah di akun youtube Indosiar beberapa waktu lalu. Semangat terus dek Ji, buat para fans semakin klepek-klepek dengan aktingmu!

Rela berpisah dengan orangtua dan saudara-saudaranya

Jirayut bersama neneknya [Sumber gambar]
Sebelum mengikuti kompetisi dangdut se-Asia ini, Jirayut tinggal di Narathiwat (daerah yang masih berdekatan dengan negara bagian Kelantan, Malaysia) Bersama nenek dan kakak lelakinya. Sementara sang ibu bekerja di Malaysia karena sudah berpisah dari ayahnya. Menjalani LDR dengan keluarga pastinya lebih berat ketimbang LDR dengan pujaan hati ya Sahabat. Bagi kalian yang merantau –terlebih di negara orang, pasti sangat mengerti bagaimana rasanya. Tapi, tidak menjadi masalah jika kemudian yang dikejar adalah prestasi dan karier, seperti yang dilakukan Jirayut ini.

BACA JUGA: 4 Hal Ini yang Membuat Kontes Dangdut Menjadi Primadona di Masyarakat

Nama Jirayut di belantika musik dangdut Indonesia layak diperhitungkan. Punya banyak penggemar tentunya layak didapatkan mengingat dirinya yang belajar bernyanyi dangdut secara otodidak. Suara merdu Jirayut tak hanya mengantar ia sukses di usia yang masih muda saja, tetapi juga punya banyak keluarga baru yang terus memberi semangat untuk kesuksesan kariernya. Ganbatte baby boy!