Pemilihan umum atau Pemilu 2019 hanya tinggal menghitung bulan saja untuk disegelarakan. Dalam sejarahnya tahun ini menjadi pemilu yang ke 13, dari pertama kali digulirkan pada 1955. Sebagai sebuah hajatan besar bangsa, pesta demokrasi di Indonesia bisa dibilang unik, lantaran diikuti oleh para kader-kader yang mempunyai latar belakang beragam. Mulai dari pebisnis, artis, sampai seorang olahragawan.

Khusus hal terakhir tadi, dari pantau Boombastis ada beberapa mantan atlet yang ternyata di 2019 ini, berani terjun di pemilihan Calon Legislatif. Bahkan ada banyak yang diusung-usung partai-partai besar tanah air. Pada umumnya, visi dan misi yang mereka bawa untuk bisa jadi anggota dewan nanti tentang permasalahan olahraga. Lalu, siapa sajakah atlet nasional yang bakal jadi Caleg di tahun bershio Babi Tanah ini?

Mantan peraih emas olimpiade cabang bulutangkis Taufik Hidayat

Taufik Hidayat bersama SBY [Sumber Gambar]
Bagi sebagian orang di Indonesia, tentu nama Taufik hidayat sangatlah akrab di telinga. Bahkan prestasinya di olimpiade menjadi catatan emas bangsa yang akan dikenang selalu. Seperti telah diungkap di awal tadi, menantu Agum Gumelar ini adalah satu dari banyak mantan atlet yang akan terjun di pemilihan Legislatif di tahun. Dimana pebulutangkis nomor tunggal ini akan diusung Partai Demokrat, dan akan menempati daerah pemilihan yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat itu.

Pensiunan ring tinju Chris John juga siap bersaing di Pemilu 2019

Crish Jhon bergabung dengan Nasdem [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan Taufik, Chris John juga menjadi mantan atlet yang akan terjun di pemilihan bakal Calon Anggota Legislatif di 2019. Diusung Partai Nasional Demokrasi (Nasdem ) petinju berjuluk The Dragon ini didaftarkan sebagai Caleg untuk DPR RI. Dikutip dari Detik.com, menurut Ketua Bapilu Effendy Choirie, Chris John akan bersaing di daerah pemilihan Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sebelum bersama Nasdem, petinju saat ini dahulunya sempat bergabung dengan Partai Demokrat lho sobat Boombastis.

Diusung PPP, Budi Sudarsono maju caleg di daerah Kediri

Budi Sudarsono [Sumber Gambar]
Masih terkait mantan atlet maju di panggung politik. Budi Sudarsono juga menjadi nama lain yang akan maju di Pileg di tahun 2019. Diusung partai PPP, pensiunan lapangan hijau kerap dijuluki ular piton ini akan bersaing di daerah pemilihan Kabupaten Kediri II. Sebagai atlet sosok ini merupakan pesepakbola yang tidak bisa dipandang remeh. Banyak prestasi emas yang telah dicatatkannya selama berkarier di olahraga ini. Bahkan, dirinya menjadi salah satu pesepakbola sempat cicipi kompetisi di luar negeri. Selain itu, Budi juga jadi aktor kesuksesan Timnas mengandaskan Bahrain di Piala Asia Jakarta 2007.

Legenda bulutangkis nasional Hariyanto Arbi jadi caleg dari PSI

Legenda bulutangkis Indonesia Hariyanto Arbi bersama PSI [Sumber Gambar]
Seperti ikuti jejak para mantan atlet tadi, legenda bulutangkis Indonesia yaitu Hariyanto Arbi juga bakalan maju untuk pilihan caleg di tahun bershio Babi Tanah ini. Kalau Taufik tadi diusung Demokrat, Arbi akan melaju menjadi anggota dewan lewat PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Menurut tulis laman PSI, nantinya Hariyanto akan usung misi memperjuangkan nasib atlet-atlet yang dirasa masih kurang mendapat perhatian jika terpilih nantinya. Pria 47 ini sendiri dahulunya merupakan mantan atlet dengan sugadang prestasi, baik di tingkat lokal atau mancanegara.

BACA JUGA: Diikuti Mantan Koruptor, Inilah Deretan Caleg di Pemilu 2019 yang Sempat Mencuri Uang Negara

Melihat pilihan para atlet tadi terjun ke panggung politik, tentu menjadi sebuah hal positif. Pasalnya, menjadi penanda kalau dunia tersebut sudah merambah semua kalangan. Semoga, jika nanti mereka-mereka tadi lolos dan terpilih menjadi anggota dewan, bisa menjadi sosok amanah serta membantu kembangkan Indonesia lebih baik lagi.