Tips

Mitos Lidah Buaya untuk Kesuburan Rambut, Valid Nggak Ya?

Memiliki penampilan menarik adalah impian banyak orang, tapi kadang ada saja penghalangnya. Menentukan gaya rambut pria atau wanita menjadi susah gara-gara rambut rontok. Problem kerusakan rambut ini memang sudah jadi masalah banyak orang.

Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Tak hanya menggunakan cara-cara praktis, tapi ada juga yang memilih jalan tradisional dengan menggunakan lidah buaya. Kamu pasti familiar dengan bahan satu ini kan? Banyak yang bilang jika kerontokan rambut bisa diatasi dengan menggunakan tanaman lidah buaya.

manfaat lidah buaya [Sumber gambar]
Namun, banyak yang memakai dan membicarakan bukan berarti valid, kan? Lalu apakah lidah buaya benar bisa untuk atasi kesuburan rambut?

Diketahui lidah buaya memang mengandung beberapa vitamin dan zat yang bisa untuk mengatasi kerontokan rambut. Misalnya vitamin B12 dan Asam Folat. Bahkan tak sampai situ, tanaman yang dalamannya berwarna bening ini juga mengandung berbagai zat penting untuk rambut misalnya Vitamin A, C, dan E.

Melihat berbagai zat yang dikandungnya, tentu kita pasti akan setuju jika dikatakan bahwa lidah buaya memang terbukti bagus untuk mengatasi kerontokan rambut. Tapi apakah benar demikian?

Dilansir dari Diadona.id, dikatakan bahwa sebenarnya belum ada penelitian yang mendalam soal kaitan lidah buaya terhadap kerontokan rambut. Jadi ini bisa dibilang setengah mitos jika melihat kandungan lidah buaya yang memang bermanfaat untuk rambut. Di samping lidah buaya akan aman-aman saja dipakai tanpa menimbulkan efek samping serius.

tanaman lidah buaya [Sumber gambar]
Untuk rambut memang masih belum terbukti secara sains, tapi lidah buaya ternyata memiliki berbagai manfaat dilihat dari sisi medis. Mungkin beberapa bahkan baru kamu dengar. Apa saja itu?

Lidah buaya dikatakan bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Bahkan ia bisa untuk mengusir flek hitam di wajah. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk anti inflamasi karena ia dapat menghambat enzim cyclooxygen. Enzim ini bertanggung jawab saat tubuh mengalami inflamasi atau peradangan.

Lidah buaya juga dikatakan cukup ampuh untuk menangani gangguan konstipasi. Hal ini dikarenakan lateks pada lidah buaya mengandung antrakuinon yang dapat meningkatkan kadar air di dalam saluran pencernaan.

BACA JUGA: Stop Pakai Odol! Begini Cara yang Benar untuk Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Selain beberapa manfaat di atas masih banyak lagi kegunaan lidah buaya secara medis. Misalnya untuk mencegah virus, tumor, penuaan dini, hingga sebagai antiseptik. Luar biasa bukan?

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

3 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago