Categories: Trending

4 Teknik Tawar Menawar Ala Ibu-Ibu yang Manjur Banget dan Bikin Kita Hemat Banyak Uang

Sebagai istri yang baik, maka sudah menjadi kewajiban untuk bisa mengatur pengeluaran keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan tawar menawar barang belanjaan agar bisa mendapatkan harga lebih murah yang pastinya akan menghemat uang. Nah, ada kebiasaan unik yang dilakukan para istri ini ketika menawar dan kerap kali berhasil.

Baca Juga : 6 Hal Fantastis yang Akan Terjadi Jika 1 Dolar Amerika Senilai Seribu Rupiah

Nah, jika kamu kebetulan lagi membutuhkan sebuah barang namun kondisi keuangan tengah memprihatinkan, maka tidak ada salahnya mencoba trik yang sama. Kamu yang sering menemani ibu ke pasar pasti sudah tahu betul aksi menawar keren para ibu-ibu ini. Berikut ulasannya.

1. Pura-Pura Pergi

“Bu ini berapa? Kemahalan nih! 5 ribu kalau mau, kalau nggak ya udah” sang ibu-ibu pun pergi begitu saja dan tak lama kemudian si penjual pun memanggil dan akhirnya terjadi transaksi. Yup, ini adalah kejadian lazim yang terjadi di pasar-pasar atau toko yang barangnya bisa ditawar. Cara pura-pura pergi biasanya sering kali berhasil, walaupun tak jarang pula gagal.

Tawar dulu harga barang, kalau tidak dikasih segera berlalu lah [Image Source]
Pura-pura pergi memang cara yang ampuh dan mengesankan jika kita lebih superior dari si penjual. Namun tak semua kadang berhasil, apalagi ketika nawarnya memang keterlaluan. Misalnya harga barang sebenarnya Rp 50 ribu ditawar cuma Rp 20 ribu saja.

Meskipun cara ini tak selalu berhasil, pura-pura pergi bisa jadi trik untuk kita mengetahui harga pasaran barang. Jika semua penjual tidak memberikan harga yang kita inginkan, maka sudah pasti jika harga yang kita ajukan memang terlalu rendah. Coba naikkan sedikit dan dapatkan barang kesukaanmu.

2. Mengarang Cerita Bualan yang Meyakinkan

Jika pura-pura pergi gagal dilakukan, maka biasanya para ibu-ibu ini akan melancarkan jurusnya yang kedua yakni mengarang cerita. Ceritanya bisa apa pun, namun yang paling sering adalah membandingkannya dengan toko sebelah. “Bang, harga di lapak sana cuma segini, kok di abang mahal banget” padahal sendirinya belum sempat memutar ke seluruh pasar.

“Bang ini kecil pisangnya, kok mahal” cara ini bisa dipakai asal sesuai fakta [Image Source]
Trik mengarang cerita ini bisa pula dengan mensugesti si penjual. Misalnya seperti ini, “Ini barangnya kayak gini harganya kok tetep bang, kurangin dikit lah” padahal barangnya sebenarnya normal dan mungkin hanya lecet sedikit. Cara ini bisa dilakukan sih, asal memang ceritanya fakta. Kalau hanya mengarang sih, takutnya kalau berhasil terbeli barang tersebut jadi meragukan nilainya. Bisa saja jadi haram karena kita berbohong. Jadi, sebelum melancarkan cara ini lebih baik survey dulu.

3. Pakai Bahasa Daerah

Nah, kelakuan unik ibu-ibu di pasar selanjutnya ketika menawar adalah menggunakan bahasa daerah. Umumnya, bahasa yang sama seperti si penjual. Entah kenapa cara ini selalu berhasil. Nah, misalkan kamu pergi ke pasar dan mendengar logat si penjual yang kerap berbahasa Madura dan kebetulan kamu juga menguasai bahasa yang sama, maka kamu bisa langsung tembak dengan bahasa ini ketika menawar.

Kalau sudah pakai bahasa yang sama masih kena mahal ya sudah mau bagaimana lagi, yang penting usaha [Image Source]
Selain menawar harga seperti biasanya, coba sambil imbuhkan kata-kata seperti ini ”Kita kan dari tempat yang sama dan merantau, kurangi sedikit lah harganya”. Cara ini kemungkinan pasti berhasil. Namun kalau belum bisa, cobalah berbasa-basi dengan menanyakan tempat tinggalnya dan kemudian ungkapkan sesuatu tentang itu, cara ini juga dipastikan berhasil.

Nah, alasan kenapa menggunakan bahasa daerah ini kerap sukses dalam menawar barang, karena ikatan kesukuan masyarakat kita yang kuat. Apalagi jika kamu ternyata malah bersaudara jauh dengan si penjual, pasti harganya akan berkurang jauh.

4. Kasih Keyakinan Jika Kamu Akan Jadi Langganan

Ketika menawar dengan berbagai cara sudah tidak mempan lagi, maka kamu masih punya satu kesempatan lagi. Yup, yakinkan jika kamu nantinya akan jadi pelanggan setia. Tidak semua penjual ini akan mempercayai hal ini sih, tapi kemungkinan cara ini berhasil lumayan tinggi.

“Saya sering-sering beli di sini deh”, ucapan ini akan membawamu mendapatkan harga yang lebih murah [Image Source]
Tak ada trik khusus, langsung katakan saja kamu minta harganya dikurangi sedikit dan berjanji akan kembali lagi ketika ingin membeli barang yang sama. Nah, ketika berhasil mendapatkan harga yang lebih murah, maka yakinkan penjual tersebut dengan mendatanginya lagi suatu saat. Kalau saat itu harganya balik jadi tinggi lagi, maka tidak masalah untuk mengingatkan si penjual, “Bang, kan kemarin saya sudah jadi langganan”. Tak masalah juga untuk memberikan nomor kontak biar makin akrab bisa tahu update harganya.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Bule yang Bikin Heran Orang Indonesia

Membeli bukan hanya aktivitas menukarkan lembaran uang dengan barang yang diinginkan. Tapi, ada seni tawar menawar di sana. Skill ini tak harus dikuasai oleh para calon istri yang bakal jadi ibu-ibu saja, tapi pria juga harus bisa melakukannya. Keahlian menawar ini juga bisa jadi acuan para laki-laki dalam mencari istri yang baik kelak.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago