Categories: Trending

4 Alasan Mengapa Indonesia Perlu Memindahkan Ibukota ke Wilayah Lain

Kota Jakarta sebagai ibukota Indonesia adalah kota yang sangat padat penduduk. Tidak hanya itu saja, sebagai pusat pemerintahan, Jakarta ternyata juga kerap menghadapi masalah seperti kemacetan dan banjir musiman yang kerap mengganggu kelancaran aktifitas pemerintahan.

Baca Juga :5 Hal ini yang Membuat Amerika Segan Dengan Indonesia

Wacana pemindahan ibukota juga kerap terdengar dan menimbulkan pro dan kontra. Namun sebenarnya dengan beberapa alasan berikut ini, ada baiknya ibukota Indonesia dipindahkan ke wilayah lain.

1. Memeratakan Pembangunan

Jakarta dan pulau Jawa memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai karena pembangunan yang terus digalakkan. Meski begitu masih banyak daerah dan pulau lain yang belum merasakan pembangunan yang memadai seperti di pulau Jawa.

Kota besar Jakarta [Image Source]
Dengan memindahkan ibukota ke wilayah lain atau pulau lain, maka diharapkan pembangunan di daerah tersebut juga semakin berkembang. Sehingga wilayah Indonesia lain selain pulau Jawa juga bisa menjadi lebih maju dan lepas dari ketertinggalan. Dengan demikian, pembangunan juga bisa menjadi lebih adil dan tidak hanya terpusat di Jawa saja.

2. Mengatasi Masalah Tata Kota

Tata kota adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah kota. Ketika pusat pemerintahan dipindah ke wilayah lain, maka Jakarta akan memiliki kesempatan untuk menata ulang kembali tata kotanya sehingga bisa menjadi kawasan kota yang kondusif.

Jakarta yang semrawut [Image Source]
Tidak hanya itu saja, dengan dipindahkan ke wilayah yang baru, pemerintah akan memiliki kesempatan untuk membangun sebuah ibukota dengan tata kota yang lebih rapi dan tertata. Sehingga seandainya jumlah pendatang ke ibukota terus bertambah, hal ini bisa diantisipasi sejak awal dengan merencanakan pembangunan yang baik agar tidak menimbulkan kemacetan atau kesemrawutan di kemudian hari.

3. Memeratakan Penduduk

Jakarta telah kian padat dengan banyaknya pendatang baru yang berusaha mencari pekerjaan. Sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta dinilai mampu memberikan kesempatan kerja bagi para pendatang.

Kepadatan Jakarta [Image Source]
Dengan memindahkan ibukota ke wilayah lain, maka kepadatan penduduk akan bisa diarahkan ke daerah yang lainnya. Masyarakat bisa berusaha mencari kesempatan kerja di ibukota yang baru sehingga penyebaran penduduk juga semakin merata dan tidak hanya terpusat di Jawa saja.

4. Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Selama ini pusat pemerintahan dan ekonomi terkesan terpusat di pulau Jawa. Gedung-gedung perkantoran juga lebih banyak ditemukan di Jawa daripada daerah lainnya sehingga perekonomian di Jawa mampu berkembang dengan lebih pesat. Namun lain halnya dengan wilayah luar pulau Jawa.

Pusat perbelanjaan [Image Source]
Dengan memindahkan pusat pemerintahan ke pulau lain seperti Kalimantan atau ke wilayah Indonesia Timur, setidaknya pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut juga akan ikut berkembang. Asalkan konsep pembangunannya dirancang dengan baik dan berkualitas, maka pemindahan ibukota ini bisa menjadi jalan bagi wilayah Indonesia Timur untuk bangkit dan semakin berkembang.

Baca Juga :8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Memang bukan pekerjaan mudah untuk memindahkan ibukota begitu saja. Butuh persiapan dan menentukan kota mana yang cocok menjadi pusat pemerintahan yang baru. Tapi jika hal ini bisa dilakukan untuk mengembangkan dan menumbuhkan wilayah luar pulau Jawa, wacana ini tentu layak untuk dipertimbangkan. Hal ini tidak lain demi keadilan dan pemerataan di seluruh wilayah Indonesia. Namun, pembangunan juga perlu direncanakan dengan matang agar tidak merusak lingkungan bumi Indonesia ini.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago