Categories: Tips

5 Landmark Wisata Dunia Dengan Legenda yang Mengagumkan

Terkadang suatu landmark atau tempat wisata memiliki daya tarik tinggi karena adanya mitos atau legenda yang menyertainya. Bahkan para wisatawan lebih percaya dengan legenda ketimbang kisah nyata tentang landmark tersebut sebab legenda memberikan kisah yang lebih dramatis, membangkitkan rasa heran dan memiliki daya tarik tersendiri.

Beberapa landmark dunia memiliki legenda yang lebih terkenal ketimbang kisah nyatanya. Terkadang kisah nyata malah terlihat aneh dan kurang menarik. Mungkin ketenaran landmark wisata ini didukung oleh legenda mengagumkan yang menyelimutinya. Berikut 5 landmark wisata dunia dengan legenda yang mengagumkan.

1. Gunung Fujiyama, Jepang – Awalnya Gunung Fujiyama Bukanlah Gunung Berapi

Gunung Fujiyama merupakan gunung api terbesar di Jepang. Gunung ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisatawan dunia. Ternyata gunung ini memiliki legenda yang mengagumkan di mana diceritakan bahwa awal mula gunung Fuji bukanlah gunung api.

Baca Juga : 7 Festival Gila Yang Pernah Ada di Dunia

Cerita bermula kala seorang penebang pohon bambu menemukan bayi perempuan mungil di dalam bambu yang ia potong. Lebih lanjut diketahui bayi tersebut berasal dari bulan hingga akhirnya dirawat oleh pasangan penebang bambu hingga menjadi gadis nan cantik jelita. Kecantikannya pun terdengar oleh kaisar hingga ia melamar gadis yang diberi nama Kaguya-hime itu. Namun sang gadis menolak dan memilih kembali ke bulan setelah dijemput keluarganya dari bulan.

Foto via Listverse

Kaisar yang cintanya ditolak menjadi tertekan. Namun Kaguya-hime sempat mengirim surat dan obat kekal kepada kaisar sebagai tanda perpisahan. Namun kaisar menolak minum obat tersebut dan malah menyuruh pengawalnya membawa ke puncak tertinggi Jepang dan membakarnya dengan harapan asap pembakaran sampai ke bulan. Namun kebakaran mekain meluas dan kian besar sehingga menjadikan gunung Fuji menjadi gunung berapi.

2. Giant’s Causeway, Irlandia Utara – Jalan Perlintasan yang Dibangun Raksasa

Pernah menonton film Superman? Nah landmark yang ini mirip sekali dengan gambaran planet Kripton asal sang super hero. Batuan berbentuk heksagonal tertata dengan rapi di pinggir pantai Irlandia Utara. Giant’s Causeway secara ilmiah merupakan sekumpulan basalt yang terbentuk karena letusan vulkanik yang terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Lava letusan gunung tersebut mengeras dan membentuk batuan unik seperti sekarang.

Foto via Listverse

Namun apa yang diceritakan legenda lebih menarik lagi ketimbang kisah ilmiahnya. Menurut legenda kolom-kolom bebatuan tersebut dibuat oleh seorang raksasa Irlandia bernama Fionn mac Cumhaill. Raksasa Fionn membangun kolom bebatuan sebagai jalan lintasan menuju Skotlandia di mana ia ditantang oleh raksasa Benandonner di sana.

Namun sebelum perkelahian berlangsung, Fionn ketakutan karena tahu ukuran musuhnya lebih besar sehingga saat Benandonner menghampirinya ia bersembunyi sibantu istrinya dengan cara berkamuflase menjadi bayi. Benandonner yang melihat ukuran bayi yang sangat besar kemudian berfikir bahwa ayah bayi atau ia mengira Fionn berukuran sangat besar. Ia lari pulang ketakutan dan menghancurkan jalan yang ndilewati agar tidak ada yang mengejar. Ternyata di Skotlandia juga terdapat situs serupa mungkin dari sinilah munculnya legenda tersebut.

3. Air Terjuan Niagara, Amerika Serikat – Aliran Air Terjun Niagara Terbentuk Akibat Perang Dengan Ular Raksasa

Air Terjuan Niagara menjadi landmark wisata paling populer di dua negara yaitu Amerika dan Kanada, sebab air terjun ini berada di perbatasan kedua negara tersebut. Setiap tahunnya kawasan wisata ini mempu menarik puluhan juta wisatawan dari berbagai negara untuk datang melihatnya. Salah satu atraksi wisata paling diminati adalah naik kapal pesiar Maid of the Mist yang akan membawa penumpang ke pusaran air terjun.

Foto via Listverse

Nama kapal pesiar ini diadopsi dari legenda yang menyelimuti Air Terjun Niagara. Legenda tersebut sering diceritakan bahkan dibukukan dengan judul Maid of the Mist. Kisah berawal ketika seorang gadis cantik bernama Lelawala akan dikorbankan kepada dewa. Ia dilemparkan ke jurang air terjun Niagara yang berisi ular raksasa. Namun ia diselamatkan oleh dewa petir bernama Hinum dan diajari cara mengalahkan ular tersebut.

Si gadis akhirnya memberi tahu warga desa tentang cara mengalahkan ular raksasa. Akhirnya warga desa terlibat perang dengan ular. Banyak yang percaya jika bentuk dari air terjun Niagara itu berasal akibat perang penduduk dengan ular.

4. Kota Terlarang, China – Pembangunan Kota Terlarang Menyamai Istana Surga

Kota terlarang dibangun pada masa dinasti Ming sekitar tahun 1406. Kala itu kaisar Zhu Yuanzhang dan putranya, Zhu Di bermimpi untuk membangun istana yang banyak dan megah. Untuk mewujudkan mimpinya mereka menyuruh arsitek kerajaan bernama Liu Bowen untuk memimpin pembangunan Kota Terlarang.

Foto via Listverse

Saat Liu Bowen diundang ke istana ia menceritakan tentang mimpinya. Di dalam mimpi ia merasa didatangi oleh Kaisar Jade yang mengatakan bahwa jumlah istana surga ada 1000 buah dan istana di bumi tidak akan bisa melampaui jumlah tersebut, selain itu istana surga dilindungi oleh dewi pelindung Jing Gang dan Di Sha. Dari mimpi itulah Kaisar Zhu Yuanzhang makin berhasrat untuk membangun istana dengan jumlah kamar 1000 serta meminta Liu Bowen untuk mendatangkan dewi pelindung tersebut untuk melindungi istana.

Setelah beberapa waktu kaisar dikabari bahwa pembangunan Kota Terlarang sudah selesai. Kaisar lengsung mengecek dan benar saja istana tersebut memiliki kamar dengan jumlah persis 1000. Ia juga dikabari bahwa istana miliknya telah dilindungi oleh Jing Gang dan Di Sha. Sontak kabar itu juga didengar para musuh dan mereka takut menyerang istana di Kota Terlarang tersebut.

5. Tembok Besar, China – Cerita Romantis di Balik Pembangunan Tembok Besar China

Berbeda dengan legenda landmark lainnya, Tembok Besar China memiliki legenda roman tragis. Ceritanya mengisahkan perjalanan cinta Meng Jiangnu, seorang gadis cantik yang ditinggal mati suami yang sangat ia cintai. Legenda mengisahkan bahwa zaman dahulu ada dua pasang suami istri dari marga berbeda yang satu bermarga Meng satunya lagi Jiang. Mereka tinggal bertetangga dan hidup rukun.

Sayang kedua pasangan tersebut sama-sama tidak dikaruniai anak. Keluarga Meng menanam labu untuk memenuhi kehidupanya. Suatu ketika labu yang ia tanam berbuah namun buah tersebut ada di tanah keluarga Jiang. Akhirnya mereka sepakat untuk membagi buah labu tersebut namun setelah labu dibuka mereka terkejut ada seorang bayi di dalamnya.

Foto via Listverse

Bayi dirawat bersama hingga dewasa dan diberi nama Meng Jiangnu hingga menikah dengan Fan Xiliang. Fan Xiliang mendengar bahwa Meng Jiangnu disukai pejabat dan memaksanya untuk menikah dengannya. Untuk itu Xiliang membangun tembok besar untuk menyembunyikan Jiangnu dari pejabat tersebut. Dalam membangun tembok besar Xiliang kelelahan dan meninggal.

Setelah meninggal, dalam kesedihan Meng Jiangnu dilamar Kaisar dan ia mengajukan tiga syarat. Ia ingin kaisar dan pengikutnya ikut berkabung atas kematian suaminya, melakukan pemakaman yang layak dan yang terakhir ia ingin melihat laut. Setelah dua syarat pertama dipenuhi, lantas kaisar membawa Meng Jiangnu ke tebing yang menghadap ke laut untuk mewujudkan syarat terakhir. Jiangnu akhirnya memilih untuk bunuh diri dengan menceburkan diri ke laut saat itu.

Baca Juga : 5 Kejadian Final Destination di Dunia Yang Sulit di Percaya

Itulah legenda mengagumkan dari beberapa landmark dunia. Ternyata legenda akan asal-usul suatu tempat atau landmark tidak hanya ada di Indonesia saja.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago