Categories: Tips

7 Legenda Hantu Mengerikan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Cerita tentang hantu biasanya muncul di bangunan-bangunan tua atau tempat yang sepi. Namun hantu yang diceritakan ini biasanya merupakan arwah manusia dan berwujud seperti manusia.

Baca Juga : 10 Kota Hantu yang Benar-Benar Ada di Duni

Meski jarang disebutkan, ternyata di berbagai daerah di Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis hantu yang dipercaya sudah ada sejak dulu. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Hantu Ilung Lanjang

Hantu Ilung Lanjang terkenal di daerah Bawean dan digambarkan sebagai seorang lelaki tua renta dengan rambut putih dan tubuh bungkuk. Disebut dengan nama Ilung Lanjang karena hidungnya sangat panjang hingga menyentuh tanah yang sekaligus dipakai sebagai tongkat.

Ilustrasi hantu [Image Source]
Kedatangan hantu ini ditandai dengan suara gladuk-gladuk yang berasal hentakan hidungnya dengan tanah. Ia akan memasuki rumah yang anak kecil di dalamnya masih bangun. Selain itu, ia juga dikenal suka menyedot sari pati anak kecil yang sudah meninggal dengan hidungnya.

2. Reng Tua Malem

Reng Tua Malem adalah hantu yang banyak dikenal di Madura dan digambarkan sebagai sosok tua yang sedang merokok dan berjalan di malam hari. Hantu ini hanya terlihat seperti siluet, namun bara api rokonya yang tidak pernah terlepas dar mulut terlihat jelas menyala.

Ilustrasi penampakan hantu [Image Source]
Konon hantu ini adalah wujud ilmu hitam yang telah dibuang. Jika seseorang bisa mengambil rokoknya, konon ia akan menjadi sakti.

3. Hantu Kisut

Hantu Kisut banyak dikenal di Pacitan dan berwujud bayangan tubuh yang suka mengikuti pendatang baru di Pacitan. Jika bayangan pada umumnya akan berubah panjang dan pendeknya sesuai dengan cahaya yang mengenai tubuh, hantu kisut akan memiliki ukuran yang sama dan terus mengikuti gerak-gerik orang yang diikuti.

Ilustrasi hantu kisut [Image Source]
Meski begitu, kabarnya hantu ini tidak mengganggu. Ia hanya akan mengganggu seseorang yang datang dengan membawa niat jahat.

4. Hantu Rabing

Hantu Rabing dikenal di daerah Kalimantan sebagai hantu yang berada di air. Hantu ini kabarnya berbentuk seperti tikar yang ada di dalam air dan mendiami sungai atau danau yang angker.

Kappa [Image Source]
Hantu ini terkadang juga muncul ke permukaan. Konon ia mampu menggulung manusia yang berenang dan ditenggelamkan. Di Jepang juga ada hantu atau makhluk gaib yang suka menenggelamkan orang. Makhluk ini disebut Kappa.

5. Hantu Jaring

Hantu Jaring dikenal di daerah Kalimantan Barat. Konon hantu ini muncul di saat hujan panas dan sering mengganggu anak kecil dengan cara menyembunyikannya.

Ilustrasi Hantu Jaring [Image Source]
Menurut kepercayaan setempat, dengan menyisipkan daun atau rumput di daun telinga bisa menangkal gangguan hantu ini. Kabarnya hantu ini sering berada di belakang rumah, sawah, atau lapangan.

6. Hantu Kambe

Hantu Kambe juga dikenal di daerah Kalimantan dan berbentuk setengah kambing dan setengah manusia. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa hantu ini berbadan manusia dengan rambut yang panjang dan memiliki kaki kambing. Ada juga yang menyebutkan bahwa Kambe berwujud seperti kambing tapi memilki surai yang panjang.

Ilustrasi hantu Kambe [Image Source]
Hantu ini bertubuh kerdil dan suka mengganggu kambing. Kabarnya hantu ini juga suka ikut menyusu pada induk kambing. Karena itulah kedatanganya biasanya ditandai dengan suara kambing yang ribut.

7. Kemangmang

Kemangmang dikenal di daerah Jawa dan merupakan hantu yang berbentuk seperti katak air berukuran yang sangat besar. Di bagian tengkuk terdapat api yang berkorbar dan mampu membakar pohon-pohon di sekitarnya.

gambar penampakan hantu [Image Source]
Kabarnya kemangmang tinggal di daerah rawa-rawa. Konon kebakaran yang sering terjadi di hutan mangrove adalah ulah kemangmang.

Baca Juga : Misteri 5 Hantu Asli Indonesia yang Membuatmu Bermimpi Buruk, Selain Pocong dan Kuntilanak

Memang masih ada masyarakat yang percaya dengan adanya hantu, tapi ada juga yang menganggap hantu hanyalah tahayul. Namun jika kita merasa takut saat akan bepergian di malam hari, atau berada di rumah sendirian, akan lebih baik jika kita memperbanyak doa dan percayalah bahwa Tuhan akan menenangkan rasa takut kita.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago