in

#Trowbek, 10 Lagu Ini Ngehits Banget dan Jadi Tembang Sejuta Umat Sepanjang 2018

Tahun 2018 tentu saja tak akan terasa hidup tanpa musik. Lagu-lagu yang viral di tahun 2018 pun beragam. Mulai dari lagu K-Pop yang menginvasi hampir seluruh telinga pendengar di Indonesia, lagu-lagu lokal pun tak kalah ear-catching.

Dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan merangkum lagu-lagu yang sempat viral di tahun 2018 hingga pantas diberi titel “tembang sejuta umat.” Pasti mayoritas di antaranya juga sering kalian dendangkan di kehidupan sehari-hari. Lagu apa saja ya yang terus didengarkan oleh masyarakat Indonesia hingga tak bosan-bosan?

Siti Badriah – Lagi Syantik, lagu pertama Indonesia yang views YouTube-nya tembus 300 juta!

Mulai dari cover Nurrani hingga lagu aslinya, tak bisa dipungkiri, Lagi Syantik yang dinyanyikan Siti Badriah memang selalu terngiang di kepala sesaat setelah mendengarkannya. Apalagi, liriknya yang simple tapi menggoda bikin banyak pendengar semakin keranjingan. Pencapaian lagu Lagi Syantik tak hanya tampak di Indonesia saja, tetapi sampai kancah internasional. Ia masuk dalam jajaran lagu yang YouTube views-nya mencapai 300 juta dan masuk dalam artikel Billboard. Wedyan~

Blackpink – Ddu-Du-Ddu-Du, dari low budget hingga irama dangdut koplo

Hit you with that ddu-du-ddu-du, ayeee, ayeee~ siapa yang membaca sambil bernyanyi? Sekuat itu lagu Ddu-Du-Ddu-Du dari Blackpink ini eksistensinya. Enggak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Kebetulan, di tanah air kita, selain menjadi trending di YouTube, banyak pula yang mengover lagu tersebut menjadi irama EDM maupun dangdut koplo. Terlebih lagi setelah dinyanyikan oleh Via Vallen, popularitasnya langsung melunjak!

Drake – In My Feelings, sempat dicekal pihak kepolisian gara-gara Kiki Challenge

Masih ingat Kiki Challenge di mana semua orang keluar dari mobil untuk joget-joget? Mungkin masih banyak dari Sahabat Boombastis yang enggak tahu judul lagu sebenarnya dari lirik Kiki do you love me tersebut. Selama ini, banyak yang menyebut lagu tersebut dengan julukan lagu Kiki. Padahal, judul lagunya adalah In My Feelings, yang dinyanyikan oleh salah satu rapper kenamaan sekarang, Drake.

Via Vallen – Meraih Bintang, rupanya semua lagu yang dinyanyikannya jadi viral

Tak hanya lagu Sayang yang jadi populer, ketika didapuk menjadi penyanyi lagu tema Asian Games 2018, Via Vallen pun berhasil membawakan tembang tersebut menjadi favorit semua orang. Lagu Meraih Bintang yang khas dengan “yo-yo-ayo”-nya pun tak jarang kita dengar di tempat umum, dari mall hingga terminal bus. Belum lagi bantuan cover dari penyanyi negara lain yang membuat lagu ini semakin terkenal.

Sabyan gambus – Deen Assalam, sampai ada yang bikin versi hmm satu jam!

Popularitas Sabyan gambus termasuk tumbuh masif di tahun 2018 ini. Terlebih lagi, mereka menggandeng vokalis kekinian yang berparas cantik, sehingga menarik banyak penggemar di tanah air. Lagu andalan dari Sabyan gambus sendiri berjudul Deen Assalam atau yang lebih dikenal dengan lagu “hmm” karena intronya. Seringkali pula kata-kata “hmm” dijadikan meme yang identik dengan Nissa Sabyan.

Saya akan menyanyikan lagu Abdullah

Bukan hanya dua bocah yang menyanyikan lagu ini menjadi viral, tetapi juga tembangnya sendiri. Lagu ini biasa dinyanyikan ketika pujian di masjid, tetapi entah kenapa, Davina dan Entri menyanyikannya seperti ketika bernyanyi Ddu-Du-Ddu-Du dari Blackpink. Sambaran petir yang menambah kekocakan video mereka pun melengkapi lagu ini. Tak jarang netizen tiba-tiba berkomentar random dengan menggunakan lirik lagu Abdullah.

Lagu tema Hey Tayo yang laris dinyanyikan di kondangan

https://www.youtube.com/watch?v=1N_AO3rPM_0

Sekarang, ketika seseorang berkata “hey” pasti dibalas “tayo, hey tayo” oleh orang lain. Hal ini dikarenakan setiap hari anak-anak melihat tayangan kereta api berwarna biru di televisi bernama Tayo. Otomatis, orang tua yang mendampingi mereka pun ngeh dan hafal dengan irama lagu tersebut. Debut lagu Hey Tayo tak hanya sampai acara ulang tahun anak-anak saja, tetapi juga dinyanyikan ketika kondangan, loh!

Aaaaaaaisyah, ku jatuh cinta, papapapada Jamila~

https://www.youtube.com/watch?v=FMQ4FAzgiIg

Fenomena Bowo Alpenliebe tak lepas dari lagu Aisyah ku jatuh cinta pada Jamila. Ya, lagu tersebut merupakan tembang wajib atau kebangsaan pada aplikasi Tik Tok. Semua pengguna Tik Tok rasa-rasanya tak pernah bergoyang tanpa lagu itu. Hal ini pun merambah pada non-pengguna Tik Tok pula. Seperti halnya Baim Wong dengan karakter buatannya, si MJ, yang demen berjoget menggunakan lagu Aisyah ini.

Near – Karna Su Sayang, sempat diklaim oleh produser Malaysia!

Tak kalah dari lagu Meraih Bintang-nya Via Vallen dan Lagi Syanti-nya Siti Badriah, karya anak bangsa ini berhasil viral, loh. Meski liriknya sederhana dan Near—sebagai pencipta lagu tak berharap lagu ini menjadi sebuah hit, banyak masyarakat yang senang dengan lagu ini. Terlebih lagi, lirik yang ditulis oleh Near menggunakan bahasa Indonesia ala Timur, sehingga lebih mengena maknanya.

Makan daging anjing dengan sayur kol, dapat kecaman?

https://www.youtube.com/watch?v=88RWADXrA_M

Lagu yang populer di twitter pertama kalinya ini rupanya dinyanyikan oleh PUNXGOARAN. Sayang sekali, versi yang lebih populer adalah milik seorang bocah, tanpa instrumen, serta video klip yang lumrah. Hanya sekedar bernyanyi di depan kamera dan membuat lagu ini viral. Liriknya yang ear-catching dan membuat bertanya-tanya juga menjadi salah satu daya tarik. Namun sayang, niat bercanda malah mendapat kecaman dari Garda Satwa Indonesia tentang lirik “makan daging anjing.”

BACA JUGA: 11 Musisi Legendaris Indonesia Ini Karyanya Pernah Dituding Plagiat Band Luar Negeri

Itulah 10 lagu paling viral yang berhasil dihimpun oleh Boombastis.com setelah melakukan riset. Pasti Sahabat Boombastis juga tahu 8 dari 10 lagu di atas bukan? Atau bahkan saking melekatnya lagu tersebut sampai kebawa mimpi?

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Al-Jassasah, Mahluk Berbulu Putih Misterius yang Jadi Pertanda Akan Datangnya Kiamat

Jared Mason Diamond, Ilmuwan Yahudi yang Pernah Menyebutkan Indonesia Akan Punah