Pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, sudah tinggal menghitung hari. Sarana dan prasarana mulai dari stadion, wisma atlet, serta jalanan sudah dikondisikan sebaik mungkin untuk menyambut para tamu dari 44 negara Asia yang akan datang. Masyarakat Indonesia, sebagai tuan rumah, pun tak kalah antusias dari para atlet yang akan bertanding.

Untuk menyemarakkan perhelatan Asian Games yang ke-18 ini, lagu tema juga sudah dibuat dan dipopulerkan. Total ada 13 lagu yang diciptakan khusus untuk Asian Games 2018 ini. Mulai dari Bright As The Sun yang dinyanyikan oleh 18 penyanyi Indonesia, Meraih Bintang yang dibawakan oleh Via Vallen, hingga Asia’s Who We Are ciptaan Isyana Sarasvati yang paling banyak digemari masyarakat.

Selain itu, ada juga (Non Political) Asian Dance oleh Slank featuring Dipha Barus, Janger Persahabatan oleh NEV+, Ariel, dan Dea, Unbeatable oleh JFlow featuring Dira Sugandhi, Cita Kita oleh GAC, Bukan Anak Kemarin Sore oleh Armada, Indonesia Berpesta oleh Anji, Dance Tonight oleh BCL, Be Alright oleh Afgan, Menaklukan Dunia oleh Once featuring Shakira Jasmine, serta Kemenangan oleh Cakra Khan. Meskipun official theme song dinobatkan pada lagu Meraih Bintang yang dibawakan oleh Via Vallen, tetapi masyarakat berpikir bahwa Bright As The Sun memiliki semangat perjuangan dan lebih pantas dijadikan sebagai lagu tema. Hal ini pun, secara tidak langsung, disetujui oleh beberapa musisi Asia. Mereka pun berbondong-bondong untuk meng-cover lagu Bright As The Sun ke dalam bahasa masing-masing.

8 bulan yang lalu, setelah lagu Bright As The Sun diunggah ke channel YouTube The 18th Asian Games, musisi dari Korea Selatan, J Fla juga ikut mengunggah video cover lagu Bright As The Sun ke dalam channel YouTube-nya. Ia menyanyikan lagu Bright As The Sun dengan bahasa Korea. Namun, ia tak mengubah lirik dalam reff yang berbahasa Inggris. Hingga saat ini, lagu Bright As The Sun versi J Fla sudah ditonton sebanyak 3 juta kali. Selain J Fla, musisi Thailand, Jannine Weigel juga melakukan hal yang sama. Ia mengunggah videonya satu bulan setelah J Fla. Tak hanya lagu Bright As The Sun, Jannine Weigel juga mengunggah video cover lagu Meraih Bintang dalam Bahasa Thailand. Duh, sudah cantik, jago nyanyi pula. Pasti sebentar lagi Jannine Weigel jadi idola baru kids zaman now, nih.

Korea Selatan sudah, Thailand sudah, Jepang yang diwakili oleh musisi Hiroaki Kato juga mengunggah video cover lagu Bright As The Sun dengan menggunakan Bahasa Jepang. Meski baru diunggah satu bulan yang lalu, video Hiroaki Kato sudah ditonton lebih dari 3 ribu kali. Pasti Sahabat Boombastis bertanya-tanya mengapa lagu Meraih Bintang juga tak dicover oleh musisi Asia lainnya. Tenang, karena Meraih Bintang adalah lagu tema yang resmi, maka lebih banyak lagi penyanyi se-Asia yang ingin unjuk gigi untuk negaranya masing-masing. Selain Jannine Weigel yang menyanyikan lagu Meraih Bintang dalam bahasa Thailand, juga ada wanita cantik asal Arab bernama Aseel yang membuat lagu Meraih Bintang tampak seperti doa merdu. Netizen bernama Lazy People saja berkomentar “berasa banyak pahala gini dengernya.”

Meskipun J Fla sudah mengunggah video cover-nya menyanyikan lagu Bright As The Sun, ada lagi musisi Korea Selatan yang meng-cover lagu Meraih Bintang. Hoon Sound membawakan lagu tersebut dengan nuansa rock sehingga tampak lebih segar. Pada bagian reff pun ia tak segan menyanyikan lagu Meraih Bintang dengan lirik Bahasa Indonesia. India, diwakili oleh Siddarth Slathia juga menyanyikan lagu Meraih Bintang dengan nuansa Bollywood yang kental. Terakhir, Jason Chen menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin ketika menyanyikan lagu Meraih Bintang.

Ketika 7 bahasa digunakan dalam satu lagu yaitu Meraih Bintang, kekerabatan dan eratnya Negara Asia tampak lebih membuncah. Sebagai salah satu warga Asia, penulis pun ikut bangga karena Indonesia bisa memiliki sumbangsih besar untuk Asian Games 2018 tahun ini. Terlepas dari segala kontroversi yang terjadi, Boombastis.com mendukung berjalannya Asian Games 2018 dan ikut menyemangati para atlet agar bisa mengharumkan nama bangsa.