in

Jared Mason Diamond, Ilmuwan Yahudi yang Pernah Menyebutkan Indonesia Akan Punah

Jared Manson [Sumber gambar]

Pembicaraan tentang Indonesia akan punah, berakhir, runtuh sempat menjadi trending topic dan banyak dibahas oleh media lokal. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Prabowo Subianto pernah mengatakan hal yang sama dalam sebuah pidatonya. Hal ini kemudian menjadi kontroversi dan ditentang banyak orang.

Sebelumnya, Sahabat Boombastis mungkin perlu tau, jika ada seorang ilmuwan Yahudi pernah meramalkan hal serupa. Ia menyebutkan bahwa boleh jadi Indonesia akan berakhir. Jangan salah paham dulu ya, lengkapnya kita simak dalam ulasan berikut.

Peta Indonesia [Sumber gambar]
Jared Mason Diamond adalah seorang ilmuwan yang pernah memenangkan penghargaan Pulitzer (penghargaan untuk para jurnalis dan fotographer yang sudah ada sejak tahun 1917). Pada Februari tahun 2003 lalu, Jared pernah menyebutkan bahwa Indonesia bisa saja runtuh dalam sebuah pidatonya.

“Ada beberapa peradaban yang sudah runtuh (collapse), seperti Somalia dan Rwanda dan bekas Yugoslavia. Ada juga peradaban yang mungkin dekat dengan keruntuhan, seperti Nepal, Indonesia, dan Kolombia,” ujarnya seperti dikutip dari detik.com dari situs TED. Pada situs tersebut juga dilampirkan transkrip resmi dalam 30 bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Jared Manson [Sumber gambar]

Sebenarnya kata Indonesia hanya disebutkan satu kali saja sepanjang pembicaraannya. Setelahnya, ia menjelaskan mengapa suatu peradaban bisa runtuh. Ia mengatakan bahwa peradaban suatu negara bisa runtuh karena disebabkan oleh faktor yang kompleks. Dalam hal ini mungkin Sahabat semua bisa memperkirakan maksud dari Jared. Contohnya saja, perpecahan dan perang saudara mungkin bisa menjadi salah satu sebabnya.

Penyebab lain adalah iklim. Perubahan yang sangat drastis ini bisa saja membahayakan suatu penduduk yang ada di suatu negara. Jika kita mau jelaskan, mungkin bisa saja karena banyaknya hutan yang ditebang tanpa reboisasi, sampah plastik yang terlalu banyak, lingkungan kumuh, sehingga bisa menyebabkan cuaca memburuk dan membunuh orang-orangnya. Faktor selanjutnya adalah permusuhan dengan tetangga. Lebih lanjut lagi Jared berpendapat bahwa jika dukungan sekutu itu hilang, hal ini dapat membuat peradaban tersebut rentan terhadap keruntuhan.

Indonesia harus bersatu [Sumber gambar]
Jared pernah membedah faktor penyebab kepunahan peradaban Viking Norse di Greenland pada 1450. Tak hanya peradabannya saja yang runtuh, tetapi orang-orangnya juga punah. Mengapa mereka semua bisa mati? Hal ini disebabkan karena faktor yang sudah disebutkan di atas. Mereka menghancurkan sumber kehidupan mereka, dalam kasus bangsa Viking ini adalah hutan. Bangsa Viking juga menjadi musuh Suku Inuit yang tak lain adalah tetangganya.

BACA JUGA: 4 Fakta Novel ‘Ghost Fleet’, Rujukan Prabowo yang Mengatakan Indonesia Bubar 2030

Selain itu, konflik politik, ekonomi, sosial, dan budaya tentu juga tak bisa didiamkan begitu saja. Jangan buru-buru tak setuju dulu ya, Sahabat. Kita bisa belajar banyak dari ramalan Jared Mason ini dan mulai berbenah. Namanya juga baru ramalan bukan? Sesuatu yang masih menjadi misteri dan belum tentu benar adanya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

#Trowbek, 10 Lagu Ini Ngehits Banget dan Jadi Tembang Sejuta Umat Sepanjang 2018

Sepak Terjang Rocky Gerung, Sosok yang Disebut ‘Profesor’ Cerdas Sekaligus ‘Pedas’