Inspirasi

Punya Uang Tak Berseri, 5 Orang Terkaya di Indonesia Ini Justru Hidup Sederhana

Kalau punya uang yang tak bakal habis, apa yang bakal kamu lakukan? Membeli rumah paling mewah, kendaraan berjejer hingga punya garasi seluas lapangan, atau tetap hidup dalam kesederhanaan? Sepertinya pilihan terakhir punya peminat paling sedikit ya. Sebab sebagian besar orang pasti ingin menikmati kerja kerasnya dengan memiliki hal-hal yang mengandung kemewahan.

Rupanya, pilihan tersebut bukan gaya dari konglomerat atau orang-orang terkaya di Indonesia ini. Meski punya kekayaan senilai triliunan, mereka tak segan hidup sederhana. Bahkan ada yang sampai memakai sepatu jebol dengan lakban lho. Siapa saja tokoh yang dimaksud? Berikut ulasannya.

Michael Bambang Hartono pernah ketahuan netizen makan di warung sederhana

Michael Bambang Hartono adalah orang terkaya nomor 89 di dunia dan kedua di Indonesia berdasarkan daftar yang dikeluarkan oleh Forbes. Bisa terbayang ya, bapak berusia 81 tahun ini pasti punya uang tak berseri alias tajir melintir hingga entah berapa keturunan. Mau makan di restoran paling mahal juga pasti bisa. Bagaimana tidak, nilai kekayaannya per artikel ini ditulis saja sekitar 17,5 juta Dollar atau setara dengan Rp255 Triliun.

Michael Bambang Hartono makan di warung/Sumber gambar

Namun, pemilik Djarum Group serta pemegang saham terbesar BCA ini pernah ‘ketahuan’ netizen sedang makan di sebuah warung sederhana di Semarang. Adalah akun @ayudh69 yang pada Desember 2019 lalu membagikan foto Michael Hartono sedang makan di warung Tahu Pong Karangsaru. Warung ini menyediakan menu serba tahu pong dengan harga makanan tidak ada yang lebih dari Rp30 ribu. Sederhana ya?

Armand Hartono perbaiki sepatu tuanya yang jebol pakai lakban

Menjadi anak dari salah satu konglomerat Indonesia, tentu bisa dengan mudah saja ya beli sepatu baru ketika yang lama sudah rusak? Tapi hal ini tidak selalu dilakukan oleh Armand Hartono, putra dari Robert Budi Hartono, pemilik PT Bank Central Asia (BCA). Padahal, menurut catatan Forbes tahun 2015, total kekayaan Armand mencapai Rp115 Triliun. Beli pabrik sepatu juga bisa nih.

Sepatu tua dilakban/ Sumber gambar

Namun Armand rupanya lebih suka hidup sederhana dan irit. Hal ini terlihat dari unggahan di akun Instagramnya. Ia mengunggah foto sepatu jadulnya yang jebol dan bukan membeli baru tapi malah diperbaiki dengan lakban. Foto ini tentu menjadi perbincangan, namun bukan hujatan melainkan mayoritas netizen merasa salut karena sikap Armand Hartono yang begitu ‘humble‘.

Jusuf Hamka, bos jalan tol tapi suka makan di warung tenda

Pernah tidak terpikir siapa sih pemilik jalan tol yang biasanya kita lewati? Sebagian di antaranya mungkin adalah jalan tol milik seorang pengusaha dari Samarinda bernama Jusuf Hamka. Ia memiliki julukan sebagai ‘bos jalan tol’ tentu karena perusahaannya mengelola beberapa jalan tol yang ada di kawasan Jakarta, Jawa Barat, hingga Jawa Timur.

Jusuf Hamka sering makan di warung pinggir jalan/Sumber gambar

Tapi bukan hanya kekayaan dan kisah suksesnya saja yang selalu menarik perhatian, melainkan sikapnya yang sederhana. Beberapa kali Jusuf Hamka sering membagikan video dirinya yang tak segan makan di warung tenda pinggir jalan melalui Instagram. Tindakannya tersebut mengundang kagum netizen. Selain itu, Jusuf Hamka juga menyebut bahwa dirinya sedang berusaha mewujudkan mimpinya untuk membangun seribu masjid BA (Babah Alun).

Sandiaga Uno sempat makan soto dan mie ayam di warung gerobak

Sebelum namanya melambung karena terjun di dunia politik, Sandiaga Uno sudah dikenal sebagai salah satu pengusaha yang sukses di Indonesia. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara tertanggal 13 Agustus 2018, kekayaan Sandiaga Uno mencapai Rp5 triliun. Meski begitu, ia tak gengsi lho karena beberapa kali tertangkap kamera sedang makan di warung-warung gerobak.

Sandiaga uno makan mie ayam gerobak/Sumber gambar

Beberapa momen di antaranya adalah ketika tahun 2019, ia secara tak terduga mampir ke sebuah warung soto di pinggir jalan saat berada di Solo. Kala itu, warung yang dihampiri berada di wilayah sekitar Pasar Kembang. Sandiaga langsung memesan semangkok soto yang dijual Rp5 ribu per mangkuknya. Selain itu, di tahun 2020 lalu, ia juga sempat terlihat mengunjungi kembali warung gerobak mie ayam di depan sekolahnya, SMA Pangudi Luhur.

Bob Sadino selalu tampil dengan celana pendek sederhana

Dari yang muda hingga tua dan sedang merintis bisnis pasti familiar dengan nama Bob Sadino. Beliau adalah pengusaha sukses di bidang agrobisnis. Sejumlah perusahaan yang ia mulai dari nol di antaranya PT Boga Catur Rata, PT Kem Foods, dan PT Kem Farm.

Bob Sadino dan celana pendek khas/Sumber gambar

Tak hanya kisah suksesnya yang membuat Bob jadi panutan para pebisnis atau calon perintis usaha, namun juga gayanya yang nyentrik serta sederhana. Di berbagai kesempatan, Bob selalu tampil dengan kemeja warna terang dan celana pendek. Padahal dengan begitu banyak perusahaan yang ia miliki, Bob bisa saja pakai setelan paling mahal yang ia bisa beli.

BACA JUGA: 4 Fakta Osman Ali, Salah Satu Muslim Terkaya yang Hartanya Kalahkan Crazy Rich Zaman Now

Seringkali kita melihat orang-orang yang bergelimang harta tampil mentereng, menunjukkan kekayaannya. Meski ada juga orang-orang dengan gaya hidup sederhana seperti 5 tokoh di atas, yang meskipun punya uang tak berseri tapi tetap hidup sederhana. Mungkin mereka adalah penganut kalimat ini, “tujuannya adalah menjadi kaya, bukan terlihat kaya.”

Share
Published by
Alenka

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago