Categories: Trending

Kisah dan Mitos di Balik 5 Keris Legendaris Indonesia

Bentuknya seperti pisau, ada pula yang seperti pedang, terkadang memiliki mata yang berkelok-kelok dan ada pula yang tidak berkelok. Iya, senjata ini bernama keris. Keris adalah salah satu barang yang menjadi bagian kebudayaan Indonesia, bahkan menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Baca Juga :5 Lukisan Menyeramkan ini Punya Cerita Ngeri yang Bakal Membuatmu Bermimpi Buruk

Keris sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak jauh sebelum zaman kerajaan Hindu Budha ada. Saking tuanya keberadaan keris, di Indonesia ada keris yang menjadi legendaris hingga sekarang. Berikut ini daftar keris yang legendaris itu.

1. Keris Empu Gandring

Keris yang berada di urutan pertama ini adalah keris yang terkenal dengan cerita Ken Arok dan Ken Dedes-nya. Yups, keris ini lahir dari tangan seorang empu bernama Empu Gandring atas pesanan Ken Arok.

Keris Mpu Gandring [Image Source]
Menurut cerita, Ken Arok memesan keris ini dan memberi waktu pada Empu Gandring untuk menyelesaikan pembuatannya dalam waktu sehari semalam. Namun setelah sehari semalam ternyata keris ini belum jadi sepenuhnya. Ken Arok marah dan membunuh sang Empu. Kutukan pun terucap dari mulut Empu Gandring sebelum ia wafat. Kutukan itu akhirnya terjadi dengan terbunuhnya para raja-raja Singasari sampai tujuh turunan.

2. Keris Pusaka Setan Kober

Keris ini dibuat oleh Empu Supo Mandagri, putra seorang empu dari Tuban, Jawa Timur. Empu Supo akhirnya memeluk Islam dengan tetap membuat beberapa keris. Keris Pusaka Setan Kober ini adalah keris yang punya kisah paling berkesan, karena pernah dipakai oleh Arya Penangsang (murid kesayangan Sunan Kudus) untuk melawan Sutawijaya.

Ilustrasi Keris Pusaka Setan Kober [Image Source]
Dikisahkan jika usus Arya Penangsang terburai karena terkena sabetan tombak Kyai Pleret milik Sutawijaya. Meski dalam keadaan usus terburai, Arya Penangsang tetap melanjutkan pertarungan dengan menyangkutkan ususnya pada sarung kerisnya. Ketika Sutawijaya terpojok, Arya Penangsang ingin segera menyelesaikan pertarungannya hingga lupa jika ususnya tersangkut di keris. Usus Arya Penangsang pun putus dan ia pun tewas seketika.

3. Keris Kyai Sengkelat

Berbeda dengan kisah keris Empu Gandring yang melegenda hingga terkenal lewat buku-buku sejarah, keris Kyai Sengkelat tak punya cerita yang bisa diruntut. Cerita yang paling terkenal dari keris ini justru sang pembuatnya yaitu Empu Supa.

Ilustrasi Keris Kyai Sengkelat [Image Source]
Tak hanya sebagai pembuat, Empu Supa juga terkenal karena berhasil mendapatkan kembali keris yang sempat dicuri dari tangan Prabu Kertabumi atau Brawijara-V.

4. Keris Nagasasra dan Sabuk Inten

Dua benda ini terkenal berkat cerita silat karya S.H Mintaraja. Diceritakan bahwa Mahesa Jenar, salah satu murid Syeh Siti Jenar, mencari kedua benda pusaka yang bernama Nagasasra dan Sabuk Inten.

Ilustrasi Keris Nagasasra [Image Source]
Konon, pusaka ini tak hanya sakti mandraguna tapi juga mengandung khasiat yang besar. Dikatakan barang siapa yang berhasil kedua benda pusaka ini, maka ia akan menjadi pewaris sah tahta kerajaan Demak Bintoro.

5. Keris Kanjeng Kyai Condong Campur

Di antara empat keris legendaris lainnya, keris Kanjeng Kyai Condong Campur adalah yang paling sering diceritakan dalam legenda maupun folklore. Selain itu, konon keris ini sangat ampuh karena dibuat oleh sekitar 100 orang Empu, tapi keris ini juga memiliki watak jahat.

Ilustrasi Keris Kanjeng Kyai Condong Campur [Image Source]
Konon, sabuk inten merasa terancam dengan eksistensi dan keampuhan keris Kanjeng Kyai Condong Campur. Keduanya kemudian bertarung dan keris Kanjeng Kyai Condong Campur memenangkan pertarungan. Tak hanya Sabuk Inten, Kyai Sengkelat juga merasa terancam dengan keberadaan keris Kanjeng Kyai Condong Campur. Kemudian keduanya juga terlibat pertarungan yang ternyata dimenangkan oleh Kyai Sengkelat dan keris Kanjeng Kyai Condong Campur melesat ke ke angkasa menjadi lintang Kemukus.

Baca Juga :Ngeri, Konon 5 Manusia Hybrid ini Keturunan dari Alien, Kok Bisa?

Begitulah kisah-kisah tentang keris yang sudah melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Karena keris sudah menjadi bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia, maka sudah semestinya kita menjaga dan melestarikan keris-keris yang ada di Negeri tercinta ini.

Share
Published by
VeBee

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago