Categories: Tips

4 Kepercayaan Masyarakat Melayu Natuna Ini Pantang Dilanggar Bila Tak Ingin Ketiban Sial

Masyarakat Indonesia sepertinya bisa dikategorikan sebagai orang yang taat. Bukan cuma urusan agama, melainkan tapi juga kepercayaan yang dianut oleh kelompok masyarakat di daerah tertentu. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kepercayaan asli daerah. Hebatnya di era modern ini kepercayaan tersebut tetap dipegang teguh oleh masyarakat setempat tersebut.

Ada juga yang mengatakan bila kepercayaan tersebut dilanggar maka akan ada hal buruk yang menimpa kita. Percaya atau tidak itulah yang dirasakan bagi para penganutnya. Salah satunya adalah masyarakat dari salah satu daerah di Indonesia, Kepulauan Natuna. Selain dikenal karena konfliknya dengan negara-negara tetangga, masyarakat Natuna masih termasuk pemegang kepercayaan daerah yang teguh. Berikut adalah contoh kepercayaan yang berkembang di daerah Natuna yang masih diyakini sampai sekarang.

Makanlah apapun yang disuguhkan

Melihat poin di atas mungkin kita menganggap itu hal biasa ya, saat berada di Natuna dan kita berkunjung di rumah warga, kita akan disuguhi makanan yang pantang untuk ditolak. Suka atau tidak suka kita dengan makanan tersebut. Meski perut kita sudah tidak dapat menampung makanan, kita tetap harus memakannya. Bila tak sanggup memakannya, alternatif lain adalah mencolek makanan atau minuman yang disuguhkan dengan jari kita kemudian kita kecap jari tersebut.

makan suguhan [image source]
Kalau kita menolak atau bahkan tak menyentuh makanannya, waspadalah yang namanya sepunan atau celaka. Bentuk dari celaka ini bisa bermacam-macam, mulai dari tertimpa buah kelapa sampai luka terkena parang. Percaya atau tidak tapi kepercayaan ini sudah memakan korban. Bayangkan di sana siapa saja bisa celaka hanya karena tidak mencicipi makanan atau minuman yang sudah ditawarkan.

Jangan menyebutkan makanan sembarangan

Cerita tentang sepunan atau celaka tidak berhenti di situ saja. Kita bisa sepunan atau celaka bukan hanya karena tidak menyantap makanan yang dihidangkan, bahkan saat sedang memikirkan atau membicarakan makanan yang tidak bisa dimakan saat itu juga. Jadi hindarilah sembarang menyebutkan keinginan kita memakan sesuatu bila tidak ingin celaka.

makanan natuna [image source]
Misalnya saja saat di sana kita terlanjur menyebutkan dan bercerita bahwa kita menginginkan pizza (makanan yang tidak dapat ditemukan di sana), untuk menghindari celaka kita harus segera meludah satu kali ke samping kanan dan satu kali ke samping kiri kita.

Jangan keluar rumah saat hujan panas

Kepercayaan ini sering ditekankan pada anak-anak kecil di Natuna. Saat hari sedang panas namun turun hujan, biasanya orangtua sibuk membawa anak-anak mereka masuk ke rumah. Mengapa? Karena menurut kepercayaan orang tua jaman dahulu, anak-anak yang bermain di luar rumah saat sedang hujan panas akan terkena cacok alias ditegur hantu.

hujan panas [image source]
Kalau sudah kena cacok, anak jadi menderita demam. Demam karena cacok ini cenderung tak wajar dan biasanya tidak mempan diobati dengan menggunakan perlakuan perawat atau dokter. Jadi para orangtua akan meminta air tawar atau air yang sudah diberi doa pada sesepuh tempat tersebut.

Pasca melahirkan, ibu harus makan ikan ‘sandal jepit’

Lagi-lagi tentang makanan. Ibu yang baru saja melahirkan di Natuna dilarang makan makanan yang macam-macam, khususnya makanan dengan tekstur basah atau berkuah termasuk sayur. Ibu-ibu di sana hanya boleh makan ikan ‘sandal jepit’ atau ikan yang dibakar sampai kering.

ikan salai [image source]
Sebenarnya hal itu hanya bertujuan agar lemak tidak menggumpal di perut sang ibu. Tapi hal ini biasanya membuat sang ibu mengalami kesulitan saat menyusui karena tidak dapat memproduksi ASI secara normal. Meskipun kepercayaan ini juga terdengar sepele, tapi hampir semua ibu melakukannya pasca melahirkan. Mau tidak mau walaupun terkadang mereka merasa bosan dengan menu makanannya.

Itulah empat kepercayaan masyarakat Natuna yang masih diyakini sampai sekarang. Warga Natuna masih banyak yang mempercayai hal-hal mistis meskipun mereka sudah tersentuh dengan berbagai jenis teknologi. Orang-orang Natuna juga sangat ‘disiplin’ dalam mematuhi kepercayaan tersebut. Jadi bila berencana mengunjungi Natuna, kenali dulu budayanya sehingga terhindar dari hal-hal di atas.

Share
Published by
Faradina

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

11 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago