Categories: Tips

4 Kekuatan Militer Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia

Indonesia mungkin bukan negara super power. Meskipun demikian, ada begitu banyak hal yang bisa diandalkan dari negeri ini, salah satunya adalah militer. Sudah bukan rahasia umum kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan basis militer terbesar. Negara ini punya kemampuan, apalagi ketika sudah membicarakan tentara elit, Indonesia sangat keren.

Baca Juga :5 Fakta Kehebatan TNI ini Bisa Membuatmu Semakin Bangga dengan Indonesia

Jika Indonesia begitu jumawa, lalu bagaimana dengan tetangga sebelah kita, Malaysia? Jauh dari hingar bingar, siapa sangka saudara serumpun ini ternyata tak kalah edannya. Meskipun terpaut peringkat dari Indonesia, tapi Malaysia punya taring yang tidak boleh dianggap remeh oleh siapa pun.

Nah, berikut adalah deretan kekuatan militer si negara berlambang macan itu. Indonesia harus waspada nih agar bisa mencegah kemungkinan terburuk.

1. Jumlah Personel Militer

Malaysia ada di peringkat 35 dari 126 negara dalam hal militer. Sebuah prestasi yang cukup bagus dan tak bisa diremehkan. Alasan kenapa negara ini ada di peringkat yang lumayan menjanjikan tersebut adalah lantaran jumlah personel militernya yang boleh dibilang lumayan meskipun tidak terlalu banyak.

Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, banyak unit elit di dalam tubuh tentara Malaysia [Image Source]
Malaysia punya tentara aktif sebanyak 110 ribu orang dan disokong oleh sekitar 295 ribuan prajurit cadangan. Jumlahnya mungkin tidak besar, tapi perlu diingat kalau di dalam kuantitas tersebut ada deretan pasukan elit yang siap menggigit siapa pun.  Misalnya Pasukan Gerak Khas dan juga Pasukan Khas Laut yang secara kualitas cukup mumpuni.

2. Alutsista Perang Darat

Angkatan darat Malaysia mungkin adalah salah satu yang paling jumawa di Asia Tenggara. Hal ini lantaran negara tersebut memiliki alutsista yang lengkap dan mematikan. Jika dibandingkan dengan Indonesia, mereka menang jumlah dalam beberapa jenis perlengkapan.

Mobil rudal ini siap turunkan kapan pun kalau perlu [Image Source]
Tercatat Malaysia punya 74 tank siap tempur, 1.318 kendaraan taktis perang, dan juga kendaraan peluncur roket multiple sebanyak 54 buah. Indonesia kalah dalam jumlah kendaraan taktis perang dengan hanya memiliki 1.089 buah saja.

3. Alutsista Udara

Malaysia mungkin tidak memiliki sebanyak Indonesia dalam jumlah personel. Namun, soal alutsista udara, mereka hampir imbang dengan kita. Tercatat, mereka punya setidaknya 42 pesawat tempur, 95 pesawat pengangkut, dan juga 59 helikopter.

Malaysia punya pesawat tempur lebih banyak dari Indonesia [Image Source]
Indonesia memang unggul dalam beberapa hal, misalnya jumlah helikopter dan pesawat pengangkut. Namun, kita tidak punya pesawat tempur sebanyak mereka. Indonesia memiliki sekitar 30an pesawat tempur saja. Meskipun demikian, kita bisa imbang dengan mereka karena Indonesia punya 5 buah helikopter serang sedangkan mereka tidak.

4. Alutsista Maritim

Sayangnya, untuk ranah kelautan Malaysia tidak begitu jumawa meskipun tetap menggigit. Mereka hanya memiliki sedikit sekali alutsista kelautan yang siap tempur. Malaysia hanya memiliki 2 kapal frigates, 6 kapal corvette serta 2 kapal selam saja. Meskipun begitu, mereka punya pertahanan coastal yang bagus.

Meskipun alutsista lautnya sedikit, tapi jangan dianggap remeh kekuatannya [Image Source]
Indonesia juga tidak bisa dibilang menang telak dari Malaysia. Kita hanya memiliki 6 buah kapal frigate, 26 corvette dan dua kapal selam sama. Bagi malaysia memiliki sedikit alutsista laut tidak begitu masalah lantaran kondisi geografis mereka yang seperti itu. Namun, bagi Indonesia yang maritim, jumlah tersebut boleh dibilang terlalu sedikit.

Baca Juga :5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Tentu saja kita tak berharap bakal terjadi perang antara Indonesia dan Malaysia. Namun, seumpama ini terjadi (semoga tidak), maka bisa dibilang kita menang, meskipun dengan selisih yang tak banyak. Namun harus diingat siapa yang mem-back-up Malaysia. Ya, ia adalah Inggris. Mungkin kita bisa menang lawan Malaysia, namun melawan Inggris tentu jadi hal yang sama sekali tidak mudah.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

1 month ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago