Categories: Tips

5 Kehebatan Abraham Lincoln yang Berhasil Membuat Amerika Menjadi Negara Adidaya

Mungkin bagi kita tidak ada yang benar-benar spesial dari seorang Abraham Lincoln. Namun, untuk rakyat Amerika sosok satu ini adalah seorang pahlawan besar. Jasa-jasanya begitu banyak bagi negara ini dan hampir semuanya adalah hal yang fundamental. Namun, sayangnya, pada akhirnya Lincoln mati dengan cara yang tidak menyenangkan. Ia dibunuh ketika tengah menyaksikan sebuah teater.

Baca Juga :7 Transfer Pemain Sepakbola Paling Aneh di Dunia

Lincoln hanya menjabat sekitar empat tahun saja sebelum ia dibunuh. Meskipun demikian torehan prestasinya bisa dibilang sangat mentereng. Sejumlah keputusan penting dibuat pada masa kepemimpinannya. Bahkan gara-gara ini, wajah Amerika yang sebelumnya sangat suram berubah menjadi sebuah bangsa yang bermartabat dan hebat.

Lalu, pencapaian prestisius apa yang sudah ditorehkan Lincoln untuk Indonesia? Berikut ulasannya Boombastis sajikan untukmu.

1. Lincoln Membuat Amerika Bersatu

Sebelum menjadi negara kuat seperti sekarang, Amerika adalah sebuah bangsa yang terpecah menjadi bagian-bagian. Menyatukan banyak daerah seperti ini tentu susah, meskipun sebagian sudah tergabung dalam koloni atau union. Pun ketika Lincoln menjabat sebagai presiden, Amerika masih dalam kondisi perpecahan seperti itu.

Abraham Lincoln [Image Source]
Amerika terbagi menjadi utara dan selatan yang masing-masing kemudian berkonfrontasi dan menjadi tragedi besar bernama Civil War yang terkenal itu. Perang ini juga jadi bagian sejarah terkelam Amerika. Jasa Lincoln saat itu adalah berhasil mempersatukan dua kubu yang bertikai ini. Tentunya lewat berbagai macam usaha termasuk mengangkat wacana emansipasi dan juga penghapusan perbudakan.

2. Emansipasi Warga Amerika

Masalah rasial adalah hal yang sensitif dan Amerika sudah bergelut dengan ini sejak lama sekali. Dulu, memang orang-orang berkulit gelap memiliki strata yang rendah di masyarakat. Apalagi dulu maraknya sistem perbudakan menjadikan orang-orang berkulit putih menjadi semakin jumawa.

Lincoln menandatangani wacana emansipasi [Image Source]
Namun, pada akhirnya kesetaraan pun tercapai setelah Lincoln menempati posisi kepemimpinan tertinggi di AS. Negara tengah berupaya keras menghapuskan total perbudakan, di samping Lincoln juga menggulirkan aturan soal kesamaan hak tiap orang tak peduli apa warna kulitnya. Di masa itu, orang-orang berkulit hitam pun sangat berbahagia. Eksistensi mereka akhirnya seimbang. Hal ini juga direalisasikan dengan masuknya orang-orang non kulit putih ke dalam satuan-satuan militer yang sebelumnya seakan hanya untuk orang kulit putih saja.

3. Penghapusan Perbudakan

Emansipasi berlaku namun perbudakan tidak serta merta hilang. Melihat hal ini kemudian Lincoln pun makin gencar menggemborkan wacana tentang penghapusan budak. Sama sekali tidak mudah tentu saja. Baru ketika negara-negara bagian bersatu, Lincoln mampu melihat titik cerah dari apa yang diperjuangkannya.

Perbudakan zaman Lincoln [Image Source]
Hingga pada akhirnya, berkat dukungan Lincoln, Amerika sepenuhnya menghapus perbudakan. Hal ini menjadi kemajuan yang sangat berarti bagi negara tersebut, dan gara-gara ini pula persatuan mereka akhirnya kuat lalu mengubah Amerika menjadi negara paling jumawa di dunia.

4. Memberlakukan Aturan Homestead Acts

Amerika benar-benar kacau kalau itu, apalagi strata ekonomi masyarakatnya yang tidak merata. Banyak orang miskin yang tidak mampu membiayai hidup, meskipun ada banyak orang yang berjubel dengan harta. Untuk mengatasi ketimpangan ini, Lincoln pun membuat sebuat aturan yang membuat semua warga miskin bahagia. Aturan ini bernama Homestead Acts.

Homestead Acts [Image Source]
Jadi, aturan ini dibuat agar orang-orang miskin mampu memiliki sepetak tanah dengan harga yang sangat-sangat murah, bahkan bisa gratis jika syarat dan ketentuannya terpenuhi. Aturan ini pun akhirnya membawa dampak yang bagus sekali bagi pertumbuhan Amerika. Hingga akhirnya mereka menjadi bangsa besar yang disegani dunia.

5. Lincoln Punya Patennya Sendiri

Terlepas dari kiprahnya yang besar bagi Amerika, Lincoln ternyata juga punya prestasi pribadinya sendiri. Salah satunya lewat sebuah paten yang tertulis atas namanya. Penemuan yang dipatenkan oleh Lincoln adalah alat yang mampu mengangkat kapal ketika akan melewati sebuah penghalang. Penghalang memang biasanya dipasang di kanal atau sungai-sungai dengan tujuan tertentu.

Paten milik Lincoln [Image Source]
Ini tentu saja prestasi yang keren, mengingat Lincoln adalah seorang yang super sibuk dan sudah dipusingkan dengan banyak hal. Prestasi ini sampai sekarang belum bisa diungguli oleh presiden Amerika lainnya.

Baca Juga : 10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Cita-cita Lincoln ingin membuat Amerika lebih hebat lagi. Sayangnya, ia sepertinya ditakdirkan untuk tidak mampu melakukan hal itu dengan kematian tiba-tiba yang menghampirinya. Hal yang menjadi pertanyaan besar adalah kenapa sampai ada yang begitu tega membunuh salah satu presiden terbaik AS ini? Padahal, jika Lincoln tidak meninggal seketika, tentulah akan makin banyak lagi kebaikan yang datang kepada Amerika.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

3 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

1 month ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago