Pentolan girl band Blackpink, Jennie, baru saja dikonfirmasi akan melakukan debut solo. Perempuan yang tinggal dan tumbuh besar di New Zealand ini seringkali menarik perhatian banyak orang. Tak hanya karena kecantikan dan skill ngerap serta menyanyinya saja, tetapi juga sifat aslinya yang terkuak lewat beberapa acara ragam di Korea Selatan. Terkait debut solo Jennie, banyak netizen yang pro-kontra terhadap hal tersebut.

Sebab, Blackpink yang baru berusia 2 tahun dan belum memiliki full album ini dirasa netizen lebih perlu banyak kegiatan grup, bukannya solo. Maka dari itu, muncullah istilah Jennie sebagai anak kesayangan YG Entertainment, golden girl, dan juga kartu As. Rupanya 5 hal ini lho yang bikin ia jadi harta karun agensinya, YG Entertainment.

Menjadi trainee terlama di antara anggota Blackpink lainnya

Sebelum menjadi idol yang digilai dunia seperti sekarang, Jennie dan semua anggota Blackpink merelakan masa mudanya untuk latihan. Rapper bernama asli Jennie Kim ini audisi dan masuk YG Entertainment sejak 2010 dan baru debut pada tahun 2016. Sehingga ia otomatis menjadi trainee terlama di antara anggota Blackpink lainnya.

Blackpink Jennie trainee days [sumber gambar]
Diikuti oleh Lisa selama 5 tahun, dan Jisoo serta Rosé selama 4 tahun. Menjadi trainee terlama otomatis skill yang dimiliki Jennie berbeda dari 3 anggota lainnya. Selain itu, hubungannya dengan Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment) pun lebih dekat, sehingga ia secara tidak langsung menjadi anak emas salah satu agensi terbesar di Korea Selatan ini.

Orang Korea pertama yang bekerja sama dengan brand perhiasan ternama Boucheron

Bukan hal yang baru jika para idol YG Entertainment terkenal dengan barang-barang yang dikenakan. G-Dragon dengan kalung Chanel Rp20 juta misalnya, atau Sandara Park dengan tas kresek Celine Rp8 jutanya. Jennie pun begitu, ketika debut sebagai anggota Blackpink, ia lansung mendapat tawaran kerja sama dengan brand perhiasan asal Paris bernama Boucheron.

Blackpink Jennie for Boucheron Paris [sumber gambar]
Jennie juga orang Korea pertama yang berkolaborasi dengan brand ini. Diikuti dengan merek-merek lain seperti Chanel, Gucci, serta Yves Saint Laurent. Apa hubungannya menjadi orang pertama yang di-endorse produk perhiasan dengan anak kesayangan YG Entertainment? Jelas uang, dong. Dikenal oleh banyak produk dunia, otomatis Jennie bakal mendatangkan banyak uang untuk perusahaan.

Berkolaborasi dengan G-Dragon dan Seungri ketika masih menjadi trainee

Boy band Bigbang merupakan sumber kekayaan YG Entertainment yang utama. Dalam masa trainee-nya, dua anggota Blackpink, Jennie dan Rosé berkesempatan untuk duet dengan G-Dragon dan Seungri, dua pentolan boy band Bigbang. Dalam forum allkpop.com, dinyatakan bahwa seorang trainee hidup tanpa dibayar oleh agensi.

G-Dragon and Seungri feat Blackpink Jennie [sumber gambar]
Sehingga, pendapatan Jennie ketika berduet dengan sunbaenim-nya otomatis masuk ke perusahaan. Selain itu, Seungri juga menyebut Jennie sebagai YG’s Ace—kartu As agensi, dan YG’s secret weapon—senjata rahasia YG karena kemampuannya. Cukup jelas mengapa Jennie dijadikan anak emas.

Menguasai 3 bahasa dan cakap setiap kali diwawancara

Sebetulnya, tak hanya Jennie yang menguasai berbagai bahasa di dunia, tetapi juga 3 anggota lain Blackpink. Jennie dan Rosé yang tinggal dan besar di New Zealand tentu telah fasih berbahasa Inggris. Lisa yang juga memiliki seorang ayah tiri asal Swiss yang membuatnya lancar berbahasa Inggris.

Namun, melihat beberapa video ketika Blackpink diwawancara menggunakan bahasa Inggris, Jennie memiliki porsi lebih banyak untuk bicara. Hal ini pun membuka jalan agensi YG Entertainment untuk “menjual” Jennie ke seluruh penjuru dunia. Apalagi, baru-baru ini Blackpink telah resmi menandatangani kontrak di label Maroon 5 dan Lady Gaga.

Penampilannya di acara ragam selalu membawa rating yang tinggi

Dewasa ini, Jennie banyak sekali mendapat kegiatan di luar grup, salah satunya menjadi bintang variety show. Hal ini disebabkan oleh munculnya ia di acara Running Man hingga dua episode berturut-turut. Performanya ketika berpasangan dengan Lee Kwang Soo dalam couple race mencapai rating 8,3.

Blackpink Jennie in Running Man [sumber gambar]
Dari sana, Jennie pun membintangi satu episode Running Man lagi tanpa anggota lainnya. Acara ragam terbarunya bersama Yoo Jaesuk juga akan tayang pada awal November nanti. Semakin lebar, lah, sayap Jennie di dunia hiburan Korea Selatan. Tak hanya menyanyi di panggung saja, tetapi juga menghadiri acara fashion show di luar negeri dan membintangi acara ragam.

Melihat perjuangan Jennie Kim selama ini membuat banyak fans merasa ia pantas mendapat debut solonya secepat ini. Semoga saja tujuan YG Entertainment memberikan debut solo untuk Jennie bukan untuk memerasnya dan menghentikan aktivitas grup. Kalau mengikuti jejak 2NE1 yang harus bubar di tengah jalan kan kasihan Blink 🙁