Masih ingat dengan kasus kematian Kim Jong Nam, saudara tiri dari Presiden Korea Utara ? Yap, peristiwa tersebut memang masih menancap di ingatan karena kejadiannya cukup tiba-tiba. Nah, beberapa sumber mengatakan jika Kim Jong Nam meninggal karena racun bernama risin yang disemprotkan langsung ke wajahnya.

Mungkin kita sebagai orang awam berpikir kalau risin tersebut terbuat dari bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya. Eits.. jangan salah, ternyata risin ini bisa kita dapatkan di lingkungan sekitar lho. Bahkan ada fakta menarik lainnya dari racun yang digadang-gadang sifatnya lebih mematikan dari sianida ini. Mau tahu apa saja faktanya? Simak terus ulasan berikut ini.

Berasal dari tanaman jarak

Risin yang masih terdengar asing di telinga kita, ternyata berasal dari tempat yang tak diduga. Dilansir dari warstek.com, jika racun satu ini berasal dari tanaman jarak. Mungkin Sahabat Boombastis agak heran karena tumbuhan jarak sering dimakan beberapa bagiannya dan tidak menimbulkan efek apapun pada si pengonsumsinya.

Berasal dri biji tanaman jarak [Sumber Gambar]
Namun ternyata, dikutip dari idntimes.com, jika biji dari tanaman jarak tersebut bisa menghasilkan risin yang cukup ampuh membunuh seorang manusia. Tapi perlu dicatat, biji jarak bisa mengandung risin jika permukaan kulitnya sudah sobek.Kalau masih tertutup rapat sih, racun tetap akan tidur nyenyak kok di dalam bijinya.

Penawar dari risin belum ditemukan hingga saat ini

Seperti yang kita tahu selama ini Sahabat Boombastis kalau setiap racun memiliki penawarnya masing-masing. Contohnya saja seperti keracunan makanan yang bisa diatasi dengan menggunakan air kelapa. Namun beda kasus nih dengan racun risin satu ini.

Belum ada penawarnya [Sumber Gambar]
Beberapa ahli menyebutkan jika risin masih belum ditemukan obat penawarnya. Hal ini juga disebutkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Ditegaskan dalam laman resminya, bahwa Pemerintah Inggris dan Amerika sudah mencoba beberapa formula untuk menetralisir racun risin. Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada hasil yang membuat lega seluruh warga di dunia.

Tidak ada gejala yang muncul ketika terpapar racun risin untuk pertama kali

Berbeda dengan kasus racun lainnya, risin ini memiliki keistimewaan tersendiri nih. Risin tidak menimbulkan reaksi apapun ketika pertama kali menyebar di tubuh seseorang. Seperti yang disebutkan pada tirto.id, risin akan mengeluarkan gejala pada tubuh dalam kurun waktu cukup lama.

Gejala awal terjadi dalam kurun waktu lama [Sumber Gambar]
Biasanya, reaksi yang akan ditimbulkan adalah sesak napas beberapa jam kemudian. Atau bahkan ada juga efeknya baru muncul beberapa hari setelah terpapar risin. Tanda-tanda terserang racun risin ini berbeda untuk setiap orangnya Sahabat Boombastis. Sebab, ini semua tergantung dari ketahanan tubuh masing-masing. Eh, tapi jangan coba-coba uji ketahanan tubuh dengan risin ini ya.

Daya racun yang paling berbahaya dibandingkan zat lainnya

Banyak orang menyebutkan jika bisa ular dan juga sianida adalah yang paling mengancam nyawa. Tapi ulasan ini tidak akan terbukti jika sudah mengetahui daya racun dari risin ini Sahabat Boombastis.

Lebih berbahaya dari bisa ular derik [Sumber Gambar]
Ilmuwan dari Jerman yaitu Peter Herrman Stilimark mengungkapkan kalau risin 6ribu kali lebih berbahaya daripada racun sianida. Sedangkan jika dibandingkan dengan bisa ular derik, risin lebih mematikan 12ribu kali. Ya, bisa dibayangkan lah bagaimana efeknya kalau kita terkena risin sedikit saja.

Sebelum sebabkan kematian, efek pada organ tubuh sangat membahayakan

Ketika risin masuk ke dalam tubuh, racun tersebut akan bekerja untuk merusak organ-organ dalam seseorang. Dilansir dari CNN Health, risin ini akan menghentikan sistem pernapasan jika masuk dengan cara terhirup.

Sebabkan pendarahan lambung [Sumber Gambar]
Beda lagi efeknya jika tertelan atau disuntikkan ke dalam tubuh. Risin akan membuat pendarahan di organ dalam terutama pada lambung dan juga usus. Tak berhenti di situ, dampak selanjutnya adalah kegagalan fungsi hati, limpa dan juga ginjal.

Tak disangka, risin yang berasal dari biji tumbuhan jarak bisa berbahaya bagi nyawa kita. Maka dari itu, bagi Sahabat Boombastis yang mempunyai tanaman jarak di rumah, lebih baik untuk berhati-hati jika ingin mengolahnya. Kalau tidak tahu menahu tentang cara mengolah yang benar, sebaiknya berikan saja kepada ahlinya. Ingat, risin ini sangatlah berbahaya. Jangan sampai kalian coba-coba untuk membuka kulit dari biji tanaman jarak tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau risin ini belum ditemukan penawarnya.