Categories: Tips

Seandainya Internet Jadi Seharga Sejuta Per Satu Giga, Berikut 10 Hal yang Bakal Terjadi

Masing-masing operator telekomunikasi di Indonesia menawarkan tarif dan layanan yang berbeda-beda terhadap pelanggannya. Ada yang menawarkan harga mahal, namun dengan kualitas yang sepadan, ada pula yang menawarkan harga murah dengan jangkauan jaringan yang mencla-mencle di wilayah tertentu. Para operator sepertinya sudah cukup berbaik hati dalam menawarkan layanannya. Tinggal kitanya saja sebagai pelanggan yang wajib bijak dalam memilihnya.

Setelah beberapa waktu lalu kita berandai-andai, “bagaimana seandainya jika tarif internet di Indonesia jadi murah banget, sampe hanya seharga seribu rupiah,” Kali ini kita akan membahas pengandaian sebaliknya. “Apa yang akan terjadi seandainya harga internet jadi sangat mahal? Misalkan, satu juta per satu giga bita.” Jika demikian adanya, kira-kira inilah yang bakal terjadi.

1. Susah stalking gebetan

Stalking someone. [Image Source].
Buat kamu yang suka nguntit gebetan (atau.. ehem, mantan), sepertinya kamu harus meninggalkan hobi kamu yang satu ini. Pasalnya, kepoin aktivitas mereka atau ngunduh foto-foto terbaru yang mereka unggah kini tak lagi murah. Kamu harus cari cara lain untuk tetap terhubung dengannya, tanpa ketahuan. Ya, misalkan, beli teropong atau pasang kamera tersembunyi di kamar rumahnya, kek.

2. Belanja online tak lagi populer

Belanja Online. [Image Source].
Belanja online udah jadi bagian hidup kaum milenial. Premisnya sederhana saja, buat apa harus repot-repot cape dan kepanasan belanja ke mol atau toko lainnya kalo kita bisa diem di rumah dan beli barang yang kita mau cukup dengan beberapa ketukan dan sapuan jari saja? Nah, jika internet di Indonesia jadi mahal, kebiasaan lama kita, terutama wanita, yang sering keliling mol atau tempat belanja akan kembali jadi diminati.

3. Penyakit kudet bakal mewabah banyak orang

Update informasi. [Image Source].
Yakin deh, banyak di antara kamu yang udah jarang mantengin TV. Apalagi kalau sekadar mencari tahu informasi terkini, kamu lebih sudi ngakses portal berita yang tampil di layar smartphone kamu. Seandainya harga internet jadi mahal, jangankan update berita, update status aja kamu pasti jadi jarang. Mungkin hanya mereka yang punya koran yang masih update mengenai informasi terkini. Jadi, jangan heran kalau banyak bermunculan penyakit kudet setelah harga internet jadi mahal.

4. Berkirim pesan via SMS kembali digandrungi

Ilustrasi SMS. [Image Source].
Jauh sebelum aplikasi pesan instan menyerang, hiduplah sebuah layanan komunikasi yang begitu digandrungi oleh berbagai kalangan, SMS. Tapi sayang, keberadaannya kian terusik lantaran aplikasi pesan instan tersebut didukung oleh paket internet murah. Nah, kalau paket internet jadi sangat mahal, niscaya kita semua akan kembali mesra dengan layanan yang satu ini.

5. Berita Hoaks jadi susah nyebar

Tangkal hoaks. [Image Source].
Berita hoaks emang gak ada matinya. Ada saja orang tak bertanggung jawab yang menyebarkan berita-berita bohong yang berpotensi memantik pro-kontra atau kebencian di tengah masyarakat. Media sosial dan aplikasi pesan instan jadi senjata utama mereka menyebar kebohongan. Kalau paket internet jadi mahal, boro-boro repot nyebarin hoaks, uang mereka mungkin udah abis dipake bayar cicilan rumah.

6. Rental PS jadi rame lagi karena game online yang mahal

Rental PS. [Image Source].
Jika internet jadi mahal, gak akan ada yang namanya warnet game online. Kalaupun emang ada, gamer juga mikir dua kali buat maen di sana, karena harganya yang dijamin bakal super mahal. Lalu, ke mana dong mereka menyalurkan hasrat bermain game? Ya, ke mana lagi kalau bukan ke rental PS? Selama main offline alias tidak menggunakan sambungan internet, rental PS pasti tetap membebankan tarif yang murah.

7. Rental DVD bakal berjamur

Rental DVD. [Image Source].
Buat kamu yang kelewat kere ampe-ampe gak punya duit buat nonton film favorit ke bioskop, pasti biasanya ngandelin streamingan gratis atau unduh ilegal yang cuma ngabisin kuota. Lah, kalo internet jadi mahal? Mungkin kamu bakal keliling kota buat nyari tempat rental DVD yang buka. Ya, itupun mungkin kamu harus nunggu berminggu-minggu atau hitungan bulan sampe film yang kamu suka dirilis media fisiknya.

8. Perpustakaan bakal penuh ampe meluber keluar pas musimnya skripsi

Perpustakaan. [Image Source].
Wikipedia dan Google adalah kombinasi mematikan bagi para mahasiswa tingkat akhir yang bergelut dengan skripsi. Jika petaka berjudul “internet mahal” melanda Indonesia, maka nyaris mustahil bagi mereka mengakses internet mengingat uang buat makan atau bayar kosan aja susah. Maka, jadilah perpustakaan sebagai tempat pelarian mereka untuk mencari sumber materi skripsi. Jadi jangan kaget kalo musim skripsi tiba, perpustakaan gak ubahnya tanah abang yang ramai rempong.

9. Café jadi tempat buat ngopi, bukan tempat internetan

Cafe gak ada wifi gak rame. [Image Source].
Zaman sekarang tuh café belum bisa disebut café kalau gak ada wi-fi di dalemnya. Kadang ada café yang kopinya standar abis, tapi wi-finya kenceng gila dan itu yang bikin orang tetep dateng ke tempat mereka. Nah, kalau internet di Indonesia jadi mahal, para pemilik café juga mungkin udah gak sudi nyediain wi-fi gratis buat pelanggannya. Maka, café akan kembali ke hakikatnya sebagai tempat yang mengandalkan seduhan kopi nikmat, bukan internet cepat.

10. Peretas semakin banyak bermunculan

Hacker. [Image Source].
Dengan harga internet yang ditawarkan oleh Telkomsel, sebagai operator seluler yang paling banyak digunakan, saat ini saja udah ada serangan peretas yang mengeluhkan mahalnya tarif layanan mereka. Terus, apa jadinya kalau harga internet mencapai satu juta rupiah per satu Giga? Bisa-bisa semua operator seluler gulung tikar lantaran tumbang diserang oleh banyak peretas dari semua wilayah yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Menyingkap Keberadaan ‘Surga Dunia’ di Hotel Alexis Lantai Tujuh

Itulah beberapa hal yang mungkin saja bakal terjadi seumpama harga internet jadi mahal ampe sejuta segiga. Tapi, tenang saja. Hal ini mungkin gak akan pernah terjadi. Para operator seluler juga pasti bakal terus bersaing menawarkan paket internet yang semurah mungkin. Apalagi usai insiden peretasan kemarin. Mereka juga pasti bergidik ngeri takut situs perusahaannya dibobol oleh para hacker sehingga gak akan berani lagi pasang tarif internet mahal.

Share
Published by
Faisal Bosnia Ahmad

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

12 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago