Categories: Trending

5 Adegan Film Hollywood Yang Menunjukkan Image Buruk Indonesia

Indonesia adalah negara yang selalu kita banggakan dan bela. Orang Indonesia sangat mencintai negara ini, sehingga kehormatan bangsa berlambang garuda adalah sebuah harga mati. Menyinggung atau menjelek-jelekkan Indonesia dianggap sebagai perbuatan tabu.

Baca Juga 10 Film Termahal Sepanjang Masa, Favoritmu Yang Mana?

Bagi anda yang sangat fanatik terhadap kebanggaan menjadi bangsa Indonesia mungkin akan sedikit “panas” dengan hal yang kita bahas kali ini. Serangkaian film dan serial TV produksi “barat” ini menggambarkan betapa buruknya citra Indonesia di mata mereka. Berikut beberapa kutipan dari film dan serial tersebut yang dapat dirangkum Boombastis.

1. “Anak Sakit Parah Begini, Tinggalnya Pasti di Indonesia!”

Serial Doctor House telah ditayangkan di Amerika Serikat sejak November 2004. Serial ini sangat digemari karena tokoh utamanya yang bersikap sarkas dan kerap mengundang gelak tawa. Bintang utama Hugh Laurie adalah daya tarik paling besar dari serial yang sukses ini.

Serial TV House [imagesource]
Pada sebuah episode, Dr. House menangani pasien anak yang sakit parah. Kondisi anak itu sangat memprihatinkan, sehingga Dr. House menyeletuk, “Anak sakit parah begini, tinggalnya pasti di Indonesia.” Hal ini mewaliki stereotip bangsa Indonesia di mata para bangsa asing, bahwa Indonesia adalah negara miskin dengan fasilitas kesehatan yang sangat buruk.

2. “Kapal Bodoh Ini Buatan Orang Indonesia”

Film yang dirilis pada tahun 1998 ini merupakan film sukses akibat aksi keren Mel Gibson di dalamnya. Dalam sebuah adegan, Danny Glover, yang juga menjadi salah satu pemeran utama dalam film itu tengah memaki-maki sebuah kapal yang tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Lethal Weapon 4 [imagesource]
“Kapal bodoh ini buatan seseorang di Indonesia,” umpatnya. Indonesia digambarkan sebagai bangsa terbelakang, yang bahkan tidak becus dalam membuat kapal. Padahal pada kenyataannya, bangsa kita bahkan bisa membuat pesawat terbangnya sendiri.

3. “Tempat Ini Berantakan Banget, Seperti Indonesia”

Dalam sebuah film komedi-romantis dengan bintang utama Cameron Diaz, Indonesia kembali disindir. Film yang berjudul The Sweetest Thing ini dirilis tahun 2002, dan menggambarkan tentang kisah cinta yang dilakoni para gadis muda di Amerika.

The Sweetest Thing [imagesource]
Dalam sebuah adegan, ketika teman-teman Cameron Diaz membuat kericuhan, Diaz berkata, “Kalian ini bikin kacau saja, seperti Indonesia!” Demikian pula ketika adegan romantis di ranjang oleh salah satu pemeran, Diaz kembali berkomentar, “tempat ini berantakan banget, seperti Indonesia.”

4. Polisi Indonesia Gampang Dibayar

Film In God’s Hand bercerita tentang tiga oleh peselancar yang berkelana dari Madagaskar, Hawai lalu ke Bali. Mereka memburu tempat-tempat berselancar terbaik di dunia. Bali, Indonesia, adalah salah satu tujuan utama mereka.

In God’s Hand [imagesource]
Dalam sebuah adegan di film yang rilis tahun 1998 tersebut, ketiga peselancar ini mengalami masalah. Merekapun akhirnya harus berurusan dengan polisi. Namun urusan itu segera selesai ketika mereka memberikan “salam tempel” kepada petugas tersebut. Meski tampak seperti hinaan, tapi untuk urusan “salam tempel” rasanya memang sering terjadi di Indonesia.

5. “Jangan Bikin Orang Indonesia Tersinggung, Nanti Kepalamu Dipenggal”

Serial TV ini adalah serial yang cukup serius, dengan latar belakang cerita tentang politik di Gedung Putih. Di sini, politisi dibagi atas keberpihakannya terhadap Presiden Amerika Serikat. Serial ini cukup dikenal dan ditunggu kehadirannya oleh masyarakat negara Paman Sam.

The West Wing [imagesource]
Dalam sebuah adegan, Presiden AS dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Indonesia. Mendengar kabar itu, para staff presiden bercanda soal Indonesia. Dan salah satu staff mengatakan, “Hati-hati, jangan buat orang Indonesia tersinggung, nanti kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota.”

Dari kutipan-kutipan di atas, kita bisa menyimpulkan pendapat dunia Barat tentang Indonesia. Mereka beranggapan bahwa Indonesia adalah negara primitif yang sering melakukan kekerasan dan berbuat kekacauan. Indonesia juga dituding sebagai bangsa terbelakang, yang aparatnya mudah disogok.

Baca Juga: 10 Orang Ini Mati Tragis Karena Selfie

Kita boleh saja merasa ‘gerah’ dan marah atas sindiran-sindiran di atas. Namun, alangkah baiknya jika ini kita jadikan bahan instropeksi diri. Bukankah keburukan itu memang bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari? Lebih baik buktikan dengan tindakan, yakni menjadi orang Indonesia yang bisa menjaga nama baik tanah airnya sendiri.  (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago