Categories: Tips

Lima Negara dengan Harga BBM Paling Murah

Kebutuhan hidup manusia yang semakin meningkat setiap harinya, membuat permintaan akan bahan bakar terus merangkak naik. Semahal apapun harga bahan bakar, manusia akan tetap membelinya karena bahan bakar dibutuhkan untuk melakukan hampir semua aktivitas. Perdebatan panjang soal harga BBM pun terus berlanjut baik di dunia nyata ataupun di dunia maya. BBM memang memegang peranan yang begitu penting dalam kehidupan kita.

Berikut ini kami rangkum daftar lima negara dengan harga BBM paling murah di dunia. Negara-negara ini bisa mencapai harga yang demikian murah karena kebijakan pemerintahan mereka yang memberi subsidi lebih terhadap harga bahan bakar. Namun, tidak sedikit negara yang sengaja memahalkan harga BBM agar rakyatnya tidak boros energi dan lebih sadar akan kelestarian lingkungan.

1. Arab Saudi, harga BBM Rp.1.119/liter

Bisa dikatakan bahwa negara ini memang wajar memiliki harga BBM yang sangat murah. Sebab, negara mereka adalah salah satu kilang minyak paling subur di dunia. Negara yang dipimpin oleh Raja Abdullah ini memang salah satu dari sedikit negara penghasil minyak paling banyak di dunia.

Arab Saudi (C)arabnews

Harga BBM di Arab Saudi malah pernah mencapai kurang dari seribu rupiah per liter, sebab cadangna minyak mereka selalu berlimpah. Tidak heran jika penguasa negara ini punya 1 pesawat pribadi dan kelima anaknya sering berkeliling dunia dengan pesawat pribadi yang dijatah satu pesawat per orang.

2. Iran, harga BBM Rp. 1.026/ liter

Negara ini juga sering “dikuntit” oleh Amerika Serikat akibat produksi minyak mereka yang melimpah. Embargo minyak Iran adalah salah satu fakto penting yang sering mempengaruhi naik turunnya harga minyak dunia. Namun, produksi minyak di negara ini diperkirakan akan habis dalam waktu 74 tahun. Well, belum ada penelitian saintifik yang bisa membuktikan itu.

Iran (c)nytimes

Meski dirundung konflik, negara ini adalah salah satu negara dengan harga minyak paling murah di dunia. Dengan produksi minyaknya yang kaya, Iran sering membuat “gerah” negara-negara adidaya dengan menghentikan pengiriman minyaknya ke luar negeri.

3. Nigeria, harga BBM Rp. 930/liter

Negara ini merupakan salah satu dari 10 penghasil minyak terbesar di dunia. Namun sayangnya, negara ini masih belum bisa hidup dalam damai akibat banyaknya konflik antar saudara di dalamnya. Pemerintah mereka juga dikabarkan sangat korup dan sering menjual minyak dengan harga tinggi ke luar negeri untuk kepentingan pribadi.

Nigeria (C)elitedaily

Meski harga BBM sangat murah, namun Nigeri masih harus berkutat dengan masalah-masalah krusial seperti kelaparan, kekerasan, perang dan persoalan politik yang sangat rumit. Jadi, meski harga BBM sangat murah, hal tersebut tidak menjamin bahwa rakyatnya akan hidup dengan sejahtera.

4. Turkmenistan, harga BBM Rp. 746/liter

Negara yang merupakan pecahan dari Uni Soviet ini menempati salah satu posisi dari negara-negara dengan harga BBM paling murah di dunia. Hal ini bukan dikarenakan melimpahnya minyak di negara pecahan Uni Soviet ini,namun karena cadangan gas alam mereka begitu melimpah.

Turkmenistan (C)kobikarp

Sistem transportasi di Turkmenistan juga menggunakan bahan bakar gas, sehingga penggunaan BBM tidak lagi populer. Karena permintaan akan BBM yang sedikit inilah yang akhirnya membuat harga BBM di Turkmenistan menjadi sangat murah.

5. Venezuella, harga BBMRp 466/liter

Harga BBM paling murha di Indonesia ada di tengan negara Venezuela. Negara yang terletak di Benuah Amerika Bagian tengah ini memiliki harga BBM yang kurang dari lima ratus rupiah. Padahal, negara ini tidak termasuk dari negara penghasil minyak yang besar.

Venezuella (C)CNN

Harga yang murah tersebut disebabkan oleh Hugo Chavez, sang pemimpin negara yang menganut paham sosialis. Di negara tersebut, perusahaan swasta diatur negara untuk membantu rakyat-rakyat tidak mampu agar bisa hidup lebih layak. Salah satunya dengan kebijakan harga BBM murah tadi.

Demikianlah daftar lima negara dengan harga BBM paling murah di dunia. Terbukti, meskipun beberapa dari negara tersebut tidak menghasilkan minyak, namun pemerintahannya berhasil membuat peraturan agar harga BBM dapat dijangkau oleh semua orang. Menurut anda, bagaimana harga BBM di Indonesia? Apakah masih terlalu mahal atau sudah sewajarnya? (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago