Categories: Tips

Inilah 5 Fakta Menarik dari Gulabi, Geng Wanita Terganas di India yang Bikin Pria Kencing di Celana

Geng adalah kelompok yang selalu diidentikkan dengan kekerasan. Misal geng narkoba yang banyak terdapat di Meksiko atau geng motor yang kerap melakukan perampokan. Itulah mengapa mayoritas geng tersebut diisi oleh pria. Peran wanita dalam geng tak banyak kelihatan meski di beberapa negara seperti India tumbuh geng wanita yang sangat ditakuti oleh banyak pria.

BACA JUGA:  Gahar! 5 Pasukan Khusus Wanita ini Jadi Ujung Tombak Pertempuran

Nama geng wanita di India itu adalah Gulabi. Mereka adalah kumpulan wanita dengan sari berwarna pink dan selalu membawa tongkat bambu. Berikut fakta menari dari Gulabi yang layak kita ketahui bersama-sama.

1. Bukan Sebuah Geng Kriminal

Geng Gulabi bukanlah geng kriminal yang banyak ditemukan di dunia ini. Mereka adalah sekelompok wanita yang berjuang untuk mendapatkan keadilan. Para wanita yang mayoritas berasal dari kaum tidak mampu ini tidak menyukai adanya kekerasan pada wanita terjadi di daerahnya. Mereka ingin semua wanita diperlakukan dengan baik.

bukan geng kriminal [image source]
Misi yang sangat mulia ini membuat banyak orang wanita ikut bergabung meski tidak dibayar. Mereka akan berbondong-bondong menuju rumah wanita yang dianiaya dan menyelamatkannya. Melihat banyaknya wanita yang membawa tongkat bambu tentu akan membuat nyali pria menjadi ciut. Bahkan bisa ketakutan setengah mati.

2. Kerap Menghajar Pria Kurang Ajar

Geng Gulabi yang dipimpin oleh Sampat Pal Devi ini kerap melakukan aksi kekerasan kepada pria. Jika pria yang dinasihati dengan baik tidak mau berubah dan tetap melakukan kekerasan kepada istrinya. Para anggota geng akan kembali datang untuk melakukan aksi penghajaran. Biasanya aksi menghajar pria kejam ini dilakukan di tempat umum dan dilihat banyak sekali orang.

kerap menghajar pria [image source]
Kebanyakan pria di India meremehkan kekuatan Geng Gulabi yang mayoritas hanya wanita tua. Namun, dengan anggota yang mencapai 20.000 orang. Menghajar pria yang jumlahnya puluhan bukanlah perkara yang sangat sulit. Dengan bambu-bambu yang dibawa, Geng Gulabi siap mendatangi pria mana saja yang melakukan kekerasan kepada wanita dan anak-anak.

3. Tidak Ada Diskriminasi Gender

Dalam Bahasa Hindi, gulabi memiliki arti pink atau merah muda. Itulah mengapa sari berwarna pink menjadi identitas para wanita. Dan lagi, pink bukanlah warna yang dikaitkan dengan kelemahan, warna ini adalah simbol kekuatan wanita yang tak bisa dikalahkan oleh siapa saja. Filosofi yang terus dipegang oleh para wanita ini membuat Geng Gulabi semakin gencar menuntut perlakukan baik terhadap wanita.

Tidak mendiskriminasi [image source]
Oh ya, meski yang menjadi sasaran mereka adalah hak wanita, kelompok ini tidak melakukan diskriminasi. Mereka tetap memiliki suami yang harus dilayani dengan baik. Pun jika ada pria yang mendapatkan perlakukan tidak baik, mereka juga bisa membela dengan sekuat tenaga. Asal tidak sesuai dengan kaidah kebenaran, Geng Gulabi akan memburunya.

4. Memiliki Misi yang Sangat Banyak

Geng Gulabi emang dikenal menakutkan jika sudah menyangkut hak wanita dan anak-anak. Mereka bisa melakukan aksi pengeroyokan yang berakibat fatal. Namun, di balik itu semua, geng ini melakukan banyak kebaikan tak hanya kepada wanita. Penduduk di kawasan Uttar Pradesh pun merasakan peran wanita ini untuk kesejahteraan hidup mereka secara menyeluruh.

misi geng gulabi mulia [image source]
Geng wanita dengan sari berwarna pink ini berasosiasi dengan beberapa organisasi pembela masyarakat. Dengan bergabung dengan banyak organisasi bermisi sama, kelompok ini mendapatkan sokongan dana yang lumayan banyak. Selanjutnya dana ini akan digunakan untuk membantu wanita yang mendapatkan perlakuan tidak baik dari pria.

5. Sangat Menginspirasi Hingga Dibuatkan Film

Apa yang dilakukan oleh Geng Gulabi benar-benar memberikan perubahan baik yang cukup besar. Mereka tak segan-segan melawan pemerintah yang berlaku tidak adil kepada masyarakat. Terlepas dari aksi kekerasan yang kadang dilakukan, kelompok ini sangat dikagumi hingga beberapa sutradara dari India membuatkan film untuk mereka.

menginspirasi film [image source]
Film pertama yang dibuat pada tahun 2010 memiliki judul Pink Saris. Film dokumenter ini dibuat oleh Kim Longinotto. Film selanjutnya berjudul Gulabi Gang yang dibuat oleh Nishtha Jain. Dua film yang dibuat ini sudah menunjukkan jika pengaruh Geng Gulabi sangat besar di India dalam menumpas ketertindasan.

BACA JUGA:  Jejak Pertumpahan Darah 5 Raja Kerajaan Nusantara Paling Kejam yang Tercatat dalam Sejarah

Inilah lima fakta menarik dari Geng Gulabi. Semoga apa yang dilakukan oleh geng wanita ini bisa menginspirasi kita semua agar memperlakukan wanita dengan baik. Karena jika wanita sudah marah, hal-hal mengerikan bisa terjadi.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

1 month ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago