Categories: Unik Aneh

3 Tukang Gali Kubur Temukan Emas, Jumlahnya sampai Puluhan Gram Bikin Tajir Mendadak

Di Indonesia, profesi sebagai tukang gali kubur belum dianggap sebagai pekerjaan yang serius. Mereka yang berprofesi sebagai tukang gali kubur, biasanya hanya digaji setiap ada pekerjaan saja. Itu pun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, padahal mereka berperan penting dalam proses pemakaman. Bayangkan jika tidak ada mereka, bagaimana nasib jenazah yang mesti dikebumikan dengan layak?

Baca juga: Ini Peluang Usaha di 2021 yang Bisa Bikin Keuanganmu Hijau

Baru-baru ini, ada kabar mengejutkan dari tukang gali kubur di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Ketika sedang melakukan tugasnya, mereka menemukan setumpuk emas yang jumlahnya sangat fantastis. Wah, bagaimana bisa ya? Ini kisah selengkapnya.

Temukan benda keras ketika sedang bertugas gali makam

Adalah Ibrahim, Ramli, dan Robi Mas’ud yang sedang melakukan aktivitas gali kubur seperti hari-hari biasanya. Saat sedang menggali, salah seorang dari mereka terkejut karena cangkulnya terkena benda yang keras. Awalnya ia mengira benda itu adalah batu kemudian terus menggali dan terkejut dengan apa yang ditemukannya.

Ilustrasi menggali kuburan [sumber gambar]
Gumpalan benda berwarna keemasan terlihat olehnya. Ia pun terus mencangkul dan mendapati ternyata benda tersebut adalah setumpuk emas. Setelah selesai melakukan tugasnya, ketiga penggali kubur ini pun langsung membawa emas yang mereka temukan ke toko perhiasan untuk mengecek keasliannya.

Ternyata asli emas, satu perhiasan saja beratnya 25 gram

Ternyata asli emas, satu perhiasan saja beratnya 25 gram

Saat diperiksa ke toko perhiasan, benda yang ditemukan tersebut dikonfirmasi memang benar merupakan emas. Tak hanya cincin, di antaranya juga ditemukan perhiasan perak, gelang, dan anting emas. Yang mengejutkan adalah, berat dari cincin emas yang ditemukan ini disebut-sebut mencapai 25 gram.

Emas yang ditemukan di Bima [sumber gambar]
Karena ditemukan oleh tiga orang yang tengah bertugas menggali makam, mereka pun membaginya secara rata. Ibrahim mendapatkan dua cincin, sedang Ramli kebagian cincin dan anting. Selain itu, Mas’ud mendapatkan gelang dan anting.

Penemuan heboh, pemerintah setempat sampai turun tangan

Penemuan heboh, pemerintah setempat sampai turun tangan

Kabar ditemukannya emas di Kelurahan Jatibaru Timur, Kecamatan Asakota, Kota Bima ini, tentu langsung heboh dan dibicarakan di mana-mana. Apalagi berat emas yang kemungkinan bisa mencapai puluhan gram. Kabar ini membuat pemerintah Kota Bima turun ke lapangan untuk mencari tahu.

Salah satu cincin perak yang ditemukan [sumber gambar]
Ketua Seksi Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima, Munawar mengatakan bahwa penemuan ini cukup menghebohkan. Ia menyampaikan saran kepada Ibrahim, Ramli, dan Robi Mas’ud bahwa jika ingin menjual temuan tersebut, sebaiknya dijual ke pemerintah saja. Sebab yang mereka temukan diduga adalah benda purbakala. Pemerintah Kota Bima juga telah melaporkan temuan tersebut ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali agar ditindaklanjuti.

Ternyata bukan kejadian pertama kali

Ternyata bukan kejadian pertama kali

Di Kota Bima sendiri ternyata kejadian ditemukannya peninggalan kuno ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, pernah juga ditemukan benda purbakala seperti mata tombak, tusuk konde, dan lainnya. Meski yang baru-baru ditemukan ini sangat heboh karena beratnya yang sampai puluhan gram.

Temuan koin kuno di Sidoarjo [sumber gambar]
Selain itu, di Indonesia sendiri kejadian penemuan benda kuno atau peninggalan purbakala juga kerap terjadi. Salah satunya adalah yang terjadi di bulan Juni 2021 lalu. 4 tukang gali kubur di Sidoarjo menemukan ribuan uang koin kuno yang diduga berasal dari Dinasti Song di Dusun Sigit, Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. Kronologinya serupa dengan kejadian di Bima. Pun saat ditimbang, uang koin tersebut juga memiliki berat sekitar 25 kg.

BACA JUGA: 6 Orang Penggali Tanah Menemukan 27 Kg Emas di Klaten, Terbesar dalam Sejarah Indonesia

Hingga kini belum ada informasi terbaru apakah tiga penggali kubur penemu setumpuk emas di Bima ini akan menjual temuan mereka ke pemerintah. Bagaimanapun semoga temuan ini membawa kebaikan bagi ketiganya.

Share
Published by
Alenka

Recent Posts

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

14 hours ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

3 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

5 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

7 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago