Setelah melewati serangkaian pemeriksaan panjang, musisi sekaligus tokoh politik Ahmad Dhani akhirnya dijatuhi hukuman penjara selama 1 Tahun 6 Bulan. Dilansir dari tirto.id, pentolan grup musik Dewa 19 itu dinyatakan terbukti bersalah dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian.

Meski mendapatkan komentar pro dan kontra, toh sosok Ahmad Dhani terbilang sukses membetot perhatian publik. Baik saat menjadi seorang musikus, maupun ketika memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Setidaknya, sosok ayah dari Al, El, dan Dul itu memiliki beberapa sisi positif yang bisa kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan.

Musisi jenius yang sukses berkarir di banyak band papan atas tanah air

Bersama grup band T.R.I.A.D [sumber gambar]
Sebagai musisi yang menggawangi grup Dewa 19, sosok Ahmad Dhani dikenal sebagai motor penggerak bagi kesuksesan band asal Surabaya, Jawa Timur tersebut. Hal ini bisa dilihat dari serangkaian lagu-lagu populer ciptaannya yang dinyanyikan grup band Dewa 19 seperti Kangen, Laskar Cinta, Roman Picisan, Pupus hingga Cintakan Membawamu Kembali. Tercatat, Dhani juag sukses berkarir di banyak band-ban berbeda. Di antaranya adalah Downbeat, Ahmad Band, The Rock, T.R.I.A.D, Fire Shark, Muhammad Dhani & The Swinger, Abu Al Ghazali dan Mahadewa.

Bekerja keras ciptakan lagu-lagu populer

Bekerja keras ciptakan lagu berkualitas [sumber gambar]
Sebagai musisi yang banyak menelurkan karya, Dhani juga dikenal sebagai sosok jenius dalam menciptakan lagu. Mulai dari lirik, komposisi dan aransemen musik hingga penataan suara, selalu berhasil menghasilkan karya yang akhirnya meledak di tanah air. Hal ini pun diakui sendiri oleh mantan vokalis Dewa 19 yang kini bersolo karir, Ari Lasso. Seperti yang dikutip dari tabloidbintang.com, ia mengakui kejeniusan Ahmad Dhani sebagai produser dan musisi. Hal ini tercermin pada lagu Siti Nurbaya yang ia dendangkan saat keduanya masih tergabung dalam Dewa 19.

Mampu membimbing dan mencetak musisi profesional

Sukses menelurkan musisi-musisi handal [sumber gambar]
Tak melulu menciptakan lagu bagi band miliknya, Dhani termasuk piawai dalam menjaring bakat-bakat baru di dunia musik. Dari sini, ia mulai beralih dari posisi sebagai musisi, berbuah ke sisi manajerial yang memproduseri calon-calon artis asuhannya. Banyak dari para musisi baru tersebut mendulang sukses di pasaran musik tanah air. Seperti, The Virgin, Lucky Laki, The Moon, The Law, Kamusuka, Rafflesia, AirPlay, Zewex, sampai Tiramizu. Dewi Dewi yang sekarang menjadi Mahadewi, Mulan Jameela, Alexa Key dan Dewi Perssik lewat Republik Cinta Management (RCM). Dari sini kita bisa belajar, kemauan Dhani mencoba sesuatu yang baru seraya mengeksplorasi bakat terpendam pada dirinya, bisa menjadi contoh yang baik.

Dikenal blak-blakan dan bicara apa adanya

Dikenal sebagai sosok yang berani dan ceplas-ceplos [sumber gambar]
Salah satu hal yang memuat Dhani terlihat sebagai sosok yang ‘kontroversial’ adalah gaya bicaranya yang ceplas ceplos. Bisa dibilang, hal tersebut terkadang membuat pria tiga anak itu terlihat arogan. Namun itulah sosok Dhani sesungguhnya. Berbicara apa adanya tanpa harus ada yang ditutup-tutupi. Tentunya hanya pada masalah-masalah tertentu yang bukan menyangkut persoalan pribadinya.

Sosok religius yang mencintai dunia sufisme Islam

Ahmad Dhani dan seorang tokoh sufi [sumber gambar]
Jauh dari hingar bingar dunia musik yang ditekuninya, Dhani ternyata memiliki sisi religius yang selama ini juga kerap ia tuangkan dalam lagu-lagunya. Laman kumparan.com menuliskan, lirik-lirik Dhani yang bernafaskan spiritual dan religius, sedikit mencerminkan kesukaannya pada ilmu spiritual, tokoh-tokoh sufi dan cendikiawan muslim. Lihat juga tiga nama anaknya: Achmad Al Ghazali, Jalaludin El Rumi, dan Abdul Qadir Jaelani. Semua hal tersebut merefleksikan pikiran dan jiwanya yang memilih menghidupkan nafas-nafas sufisme dalam diri seorang Ahmad Dhani.

BACA JUGA: 5 Hal ini Buktikan Ahmad Dhani Lebih Pantas Jadi Musisi Ketimbang Politikus

Tak selamanya bagi mereka yang dijebloskan ke dalam terali besi mendapat stigma negatif secara terus menerus. Jika mau membuka mata dan hati kita, setidaknya ada sisi positif yang bisa diambil dari individu tersebut. Sama seperti figur Ahmad Dhani di atas, tentu ada beberapa hal menarik yang bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan. Terutama kerja kerasnya yang akhirnya menjadikan Ahmad Dhani sebagai public figure papan atas tanah air.