Di era “zaman now” ini, siapa sih yang masih enggak kenal Sheila on 7? Pendengar musik dari range umur remaja hingga mereka yang sudah punya anak tahu siapa itu Duta, Eros, Adam, dan Brian. Tak hanya itu, lagu-lagu yang sudah dirilis sejak awal tahun 2000an masih cocok untuk dinyanyikan hingga saat ini.

Meskipun begitu, tak sedikit jatuh bangun yang harus dialami Sheila on 7 untuk bisa tetap eksis setelah 22 tahun debut. 5 hal di bawah ini membuktikan bahwa grup band asal Yogyakarta ini pantas untuk disebut sebagai band legendaris Indonesia. Apa sajakah hal-hal tersebut? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Berkali-kali “diusir” dari panggung

Entah mengapa kejadian diusir dari panggung selalu menyambangi Sheila on 7. Mulai dari melebihi batas waktu hingga dianggap berisik. Sayangnya, kejadian pengusiran dari panggung oleh petugas kepolisian ini selalu terjadi di Yogyakarta, kampung halaman Sheila on 7. Baru-baru ini, beredar viral seorang polisi naik ke atas panggung

dan berniat membubarkan Duta dan kawan-kawan ketika sedang mendendangkan lagu Sephia. Sebelumnya, pada tahun 2014 dan 2015, kepolisian Yogyakarta juga sempat akan membubarkan Sheila on 7 ketika manggung. Meskipun begitu, tawaran manggung Sheila on 7 malah semakin banyak dengan adanya adegan pengusiran ini. Popularitas mereka enggak terpengaruh dengan insiden pengusiran oleh polisi.

Lagu Dan, Kita, Anugrah Terindah yang Pernah Kumiliki masuki umur 20 tahun di 2019

Pasti reaksi Sahabat Boombastis ketika membaca kalimat di atas bagai tak percaya. Namun, lagu-lagu Sheila on 7 di album pertama mereka: Sheila on 7 telah berumur 20 tahun di 2019. Duta dan kawan-kawan meluncurkan album tersebut pada tahun 1999 beserta video klipnya.

Kecuali untuk lagu Jadikanlah Aku Pacarmu dan Perhatikan, Rani yang video klipnya dirilis pada awal tahun 2000. Meski sudah berumur 20 tahun, lagu Dan serta Kita selalu menjadi andalan saat Sheila on 7 manggung di manapun. Bahkan, jika lagu Dan tak dibawakan, penonton selalu minta Sheila on 7 untuk menambah satu lagu lagi.

Duta ngeband sejak masih jomblo hingga diundang oleh anaknya sebagai bintang tamu di sekolah

Bagaimana perasaan Aishameglio menjadi anak sulung seorang Duta Sheila on 7? Pasti pertanyaan tersebut sempat terlintas di benak Sahabat Boombastis sekalian. Sudah menjadi idola banyak generasi, masih eksis hingga sekarang pula.

Eksistensi Sheila on 7 [sumber gambar]
Kocaknya, beberapa tahun lalu, ketika Aishameglio masih duduk di bangku SMP, Duta pernah mengunggah cerita di instagram bahwa ia diundang oleh pihak sekolah anaknya untuk menjadi bintang tamu pentas seninya. Bisa bayangin enggak, sih, melihat bapak sendiri manggung? Para penonton lainnya pasti tergila-gila dengan suara khas dan ketampanan Duta, tetapi bagi Aishameglio? Beda lagi ceritanya, kan.

Tetap humble ketika promosi lagu baru

“Sama seperti di film favoritku, semua cara akan kucobaaaa~” siapa yang membaca kalimat di atas sambil bernyanyi? Lagu baru Sheila on 7 yang berjudul Film Favorit memang nagih banget, ya! Sebelum rilis, Sheila on 7 melakukan perjuangan berat, loh, meski mereka sudah punya nama di panggung industri musik Indonesia.

Duta Sheila on 7 Promosi Lagu Baru [sumber gambar]
Dikutip dari postingan akun facebook Andi Muhammad Ikhlas, Duta Sheila on 7 sempat menghubungi dirinya secara pribadi, untuk meminta review atas lagu baru Sheila on 7. Meskipun begitu, Duta tak tampak memaksa agar lagunya bisa dipromosikan di sana. Hal ini pun mendapat sambutan positif dari netizen dan membuat Sheila on 7 semakin dicintai.

Karyanya sudah banyak dinyanyikan ulang oleh orang lain

Sudah pernah mendengar lagu Seberapa Pantas versi GAC? Atau Kisah Klasik versi Rendy Pandugo? Dua lagu hits Sheila on 7 tersebut memang sempat dinyanyikan ulang oleh musisi Indonesia—juniornya Sheila on 7. Tentu lagu re-package tersebut mendapat antusias yang tinggi dari para penikmat musik—meski tetap tak bisa mengungguli versi aslinya.

Hal ini juga membuktikan eksistensi karya Sheila on 7, tak hanya personelnya saja. Lagu-lagu tersebut bisa membawa nafas baru bagi musisi-musisi junior, yang karya-karyanya ingin didengar. Dengan membawa lagu Sheila on 7 di kancah musik Indonesia, mereka tentu lebih dikenal, dan otomatis bisa memperkenalkan karya-karya mereka sendiri.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Lagu Sheila On 7 Itu Ngangenin Banget!

Respect! Satu kata yang pantas diucapkan kepada Duta, Eross, Brian, dan Adam selaku Sheila on 7. Meski sudah berkarya 22 hampir 23 tahun, mereka tetap rendah hati dan tak pernah menyerah untuk menghasilkan karya-karya yang baik. Begini, nih, yang namanya musisi betulan, pantas, deh, kalau disebut band legendaris.