Tips

Dilarang Jemur Baju Dalam Ruangan, 4 Dampak Buruk Ini Bisa Serang Tubuhmu Tiba-tiba

Di musim penghujan biasanya banyak masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Pasti beberapa di antara kalian juga mengalaminya. Salah satunya adalah pada saat ingin menjemur pakaian. Rata-rata mereka yang ingin bajunya cepat kering, dengan terpaksa harus menjemur pakaiannya di dalam rumah.

Namun tahu enggak Saboom kalau sebenarnya mengeringkan baju di dalam ruangan itu sangat tidak baik. Ya selain aroma baju menjadi tidak sedap, ada hal lain yang lebih berbahaya. Untuk lebih jelasnya kita lihat ulasan berikut ini.

Bisa menjadi penyebab paru-paru basah

Menyebabkan paru-paru basah [Sumber Gambar]
Baju yang dijemur di dalam ruangan secara tidak langsung akan menyebabkan kelembaban pada tempat tersebut. Kalau baju tersebut dibiarkan berlama-lama menggantung, maka bisa memicu munculnya spora, jamur bahkan tungau debu. Lebih gawatnya lagi, bakteri tersebut akan terus berkembang walaupun baju sudah tidak dijemur lagi. Dengan adanya kuman-kuman tersebut, kemungkinan besar para pemilik rumah bisa terkena penyakit asma. Bahkan kabar buruknya juga bisa memunculkan penyakit paru-paru basah jika kelembaban pada ruangan sudah terlalu parah.

Memicu timbulnya alergi yang bermacam-macam

Memicu munculnya alergi [Sumber Gambar]
Mengeringkan baju di dalam ruangan bukan hanya berpengaruh pada kelembaban ruangan saja Saboom. Tapi juga ke masalah kesehatan misalnya adalah alergi. Masalah satu ini bisa muncul karena zat yang ada pada detergen masih menempel di baju. Sehingga para pemilik rumah secara tidak langsung menghirup zat tersebut sampai pakaian kering. Nah, dari senyawa yang terhirup itu bisa memicu alergi yang berujung dengan penyakit di bagian sistem pernafasan. Contohnya adalah bronkitis, sinusitis dan lain sebagainya. Bagi yang punya anak kecil di rumah, harus berhati-hati nih. Sebab, alergi seperti ini sangat cepat untuk menyerang anak-anak.

Kekebalan tubuh akan menurun

Kekebalan tubuh akan menurun

Sistem kekebalan tubuh menurun [Sumber Gambar]
Ada lagi pengaruh buruk dari mengeringkan pakaian di dalam ruangan yakni sistem kekebalan tubuh akan terganggu. Itu disebabkan oleh kita yang sudah menghirup zat detergen pada baju secara terus menerus. Jadi zat tersebut akan menekan kerja dari sel T pada tubuh kita. Jika yang belum tahu, sel T merupakan komponen paling penting di dalam sistem imun kita. Kalau sel tersebut terganggu, maka kekebalan tubuh kita akan terus menurun setiap harinya. Alhasil, badan kita pasti rentan terkena penyakit.

Menyebabkan penyakit kanker

Bisa sebabkan kanker [Sumber Gambar]
Kebanyakan orang memakai bahan pelembut setelah mencuci pakaian. Nah, cairan pelembut tersebut walaupun fungsinya sangat baik, tapi ternyata memiliki pengaruh buruk jika dihirup oleh indra penciuman manusia Saboom. Sebab, bahan kimia yang bernama acetaldehyde dapat memicu kanker jika masuk ke dalam tubuh manusia. Jadi, bisa dibayangkan kalau menjemur pakaian di dalam rumah dan itu pasti terhirup oleh kita berjam-jam lamanya. Penyakit mematikan tersebut bisa bersarang di dalam tubuh kita.

Jadi itulah bahaya yang ditimbulkan kalau menjemur baju di dalam rumah. Jika itu terpaksa, ada metode yang pas supaya pakaian cepat kering sehingga tidak berlama-lama di dalam ruangan. Caranya adalah dengan menggantung pakaian di sela-sela ventilasi dan jangan lupa memberikan jarak antar baju supaya keringnya bisa lebih cepat.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

7 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago