Categories: Trending

Inilah Daerah di Indonesia yang Dipercaya Menyimpan Emas yang Nggak Kalah Banyak dari Papua

Kepingan surga nan kaya adalah julukan yang pantas banget disematkan kepada Indonesia. Memang, negara kita ini begitu indah luar biasa plus dipenuhi dengan kandungan kekayaan yang melimpah. Soal kekayaan mineral, apa sih yang kita nggak punya? Semuanya terhampar di perut pertiwi. Bahkan kalau kamu mencari uranium, Indonesia ternyata juga menyimpannya. Apalagi emas-emas yang begitu banyak di tanah kita.

Berbicara soal si logam mulia berwarna kuning itu, memang benar jika Indonesia adalah negara pemilik kandungan emas terbesar di dunia. Bukti kongkritnya adalah Papua alias Freeport yang jumlah emasnya jutaan ton, walaupun yang nyampe ke kita hanya segelintir saja. Masih soal emas, ternyata nggak hanya Papua saja lho yang memiliki kandungan emas melimpah. Diketahui beberapa daerah lain di Indonesia juga memiliki keunggulan serupa.

Setidaknya ada lima tempat yang ketahuan memiliki potensi kandungan emas dalam jumlah yang begitu besar. Lalu, kira-kira daerah mana saja sih yang dimaksud? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Emas di Bengkulu Katanya Lebih Banyak dari Freeport

Bengkulu belakangan mendapatkan banyak perhatian dari beberapa perusahaan eksplorasi raksasa. Alasannya nggak lain karena diduga di provinsi ini banyak tersimpan emas. Hal tersebut didasari dari penelitian seorang ahli dari Inggris yang mengatakan jika Bengkulu kemungkinan menyimpan satu juta ons emas.

Bengkulu menyimpan banyak emas [Image Source]
Tapi, perhitungan di atas masih kasar dan sampel areanya terbatas. Dipercaya, kandungan emas di Bengkulu ini meluas sampai berhektar-hektar. Perkiraannya sih isinya bakal lebih banyak daripada Freeport. Wih, kalau benar nih, orang-orang Bengkulu bisa kaya raya. Tapi, di mana-mana, pengelolaan emas selalu nggak pernah menyenangkan orang-orang sekitar.

Bali juga Menyimpang Emas dalam jumlah Besar

Siapa sangka jika kekayaan Bali ternyata nggak hanya tentang alamnya yang indah, tapi juga potensi emas-emas yang tersimpan di dalamnya. Soal temuan emas di Bali, hal tersebut diakui oleh seorang ahli geologi asal Indonesia bernama I Ketut Ariantana. Ia mengatakan jika Bali berpotensi menyimpan emas dalam jumlah yang besar.

Bali juga menyimpan emas luar biasa [Image Source]
Jumlahnya sendiri nggak diketahui, tapi perkiraannya lebih dari satu juta ons. Sayangnya, tentang emas ini nggak begitu ditanggapi dengan serius oleh pemerintah. Takutnya, anggapan emas di Bali ini hanya spekulatif. Sehingga dana penelitian yang digelontorkan nanti bakal sia-sia. Di samping itu, warga Bali sepertinya juga nggak mau tanahnya diobrak-abrik hanya karena emas yang belum pasti jumlahnya.

Tambang Pongkor yang Jumlah Emasnya Diperkirakan Sangat Banyak

Mungkin nggak banyak yang tahu ya kalau di Jawa ternyata ada tambang emas yang bisa dibilang sangat besar. Tambang ini terletak di daerah bernama Pongkor, Jawa Barat. Sampai saat ini tambang Pongkor tetap aktif dan per tahunnya selalu menghasilkan emas dengan jumlah yang cukup konsisten.

Tambang emas Pongkor [Image Source]
Kabarnya nih, tambang ini juga mengandung emas dalam jumlah yang banyak banget. Sayangnya, eksplorasi terhalang berbagai hal. Misalnya para penambang liar yang kerap kali konflik dengan pihak pengelola resmi tambang Pongkor. Hal yang disayangkan lagi adalah Pongkor nggak lama lagi bakal ditutup di tahun 2021. Entah karena sudah habis atau perusahaan yang mulai turun penghasilannya gara-gara para penambang liar.

Tambang Martabe dengan Potensi Emas yang Melimpah

Tambang Martabe yang ada di Sumatera Utara juga digadang menyimpan jumlah emas yang begitu banyak. Perkiraannya sih jutaan ons emas dan perak. Tambang ini sudah didirikan sejak tahun 90an lalu, tapi beroperasi penuhnya masih belum lama sekitar beberapa tahun lalu.

Tambang Martabe [Image Source]
Martabe ini bisa dibilang sangat perhatian kepada masyarakat setempat. Diketahui hampir 75 persen pekerjanya adalah orang-orang sekitar Martabe. Emas-emas masih digali terus di daerah itu. Harapannya nanti hasilnya bisa menyaingi tambang-tambang yang sudah punya nama macam Freeport atau New Mount.

Emas Halmahera juga Katanya Luar Biasa Banyak

Satu lagi tempat di Indonesia yang dikatakan memiliki kandungan emas yang potensial banget. Ya, Halmahera diperkirakan juga menyimpan si logam kuning dalam jumlah yang cukup banyak. Diketahui, saat ini memang sudah ada tambang di sana dengan hasil yang tidak terlalu banyak tapi progresif.

Tambang emas Halmahera [Image Source]
Di Halmahera setidaknya ada tiga tambang yang sudah dioperasikan. Masing-masing sudah menghasilkan emas dalam jumlah yang lumayan. Perkiraannya, di tahun-tahun mendatang tambang-tambang di sini bisa menghasilkan jutaan ons emas dan mengalahkan hasil produksi di tambang-tambang lainnya.

Wih, bisa dibayangkan ya seandainya semua emas di daerah-daerah di atas bisa dimanfaatkan dengan baik. Ya, kita tentu bakal hidup sejahtera nih. Tapi sebaliknya, hal tersebut bisa jadi bumerang kalau pemerintah malah memberikannya kepada asing seperti yang dilakukannya di Papua. Terlepas dari itu, ini jadi bukti valid kalau negara kita itu memang benar-benar sangat kaya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago