Trending

Bagikan Cara Pangkas Harga Tiket di Twitter, Begini Komentar Para Netizen

Kabar kenaikan tiket pesawat akhir-akhir ini memang sempat menjadi trending topic. Bagaimana tidak, harga yang awalnya terjangkau menjadi mahal dua kali lipat. Hal ini sempat membuat netizen membuat petisi meminta diturunkan harga ke sedia kala. Karena berbagai protes dan tuntutan, pihak berwenang akhirnya menurunkan semua tiket yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA)20-60 persen.

Namun, hal tersebut rupanya masih dirasa mahal jika dibanding harga tiket sebelum kenaikan. Tapi, bukan netizen Indonesia namanya jika tak bisa putar otak. Alhasil, melalui Twitter, seorang cowok bernama Andri Adi Nugroho membagikan cara cerdas memangkas harga tiket, sehingga jauh lebih murah.

Tips agar dapat tiket murah [Sumber gambar]
Melalui akun Twitternya @Andriadinugroho, ia memperlihatkan sebuah screenshoot status seseorang yang memesan penerbangan dengan rute berbeda tetapi tujuannya ke Jakarta. Gambar yang pertama, rute Jakarta ditempuh dengan penerbangan langsung yang biayanya 6 juta. Sedangkan rute kedua, tiket yang dibeli adalah perjalanan menuju Kuala Lumpur, Malaysia, yang transit terlebih dahulu di Jakarta. Nah, rute perjalanan kedua ini biayanya lebih murah hampir 2 juta rupiah. Andri juga mengatakan bahwa ketika di Jakarta langsung saja turun tanpa harus meneruskan perjalanan.

Tak hanya itu, ia juga membagikan penerbangan tujuan Jakarta-Pekanbaru yang ditempuh dengan transit di Malaysia. Penerbangan ini lebih murah 400 ribu jika dibandingkan dengan Jakarta-Pekanbaru langsung.

Perbedaan harganya kalau langsung dan transit [Sumber gambar]
Cuitannya ini ternyata banyak dikomentari oleh warganet. Ada yang berterimakasih karena telah diberikan tips hemat uang yang nominalnya lumayan besar, ada pula yang mengatakan bahwa cara ini merepotkan, terutama bagi mereka yang membawa bagasi 20 kg. Uniknya, netizen Twitter memang dipenuhi ide-ide segar dan luar biasa. Menanggapi ini, akun @okkiardiant menjawab bahwa bagasi juga bisa diakali. Hanya, penumpang memang harus melapor ke Transfer Deck sesaat setelah landing di Jakarta. Bisa mengutarakan alasan sehingga bagasi bisa di-offload, dengan begitu maskapai tak akan punya hak untuk tetap memaksa terbang.

Ternyata, cara ini memang sudah banyak diterapkan oleh para pemburu tiket murah. Terlihat dari beberapa komentar lain netizen yang punya pengalaman serupa. Tweet balasan dari @ayurmnda misalnya. Ia menceritakan bahwa temannya yang pulang Pontianak dengan mengambil jalur Bandung-Batam yang transit ke Pontianak lebih murah daripada Bandung-Pontianak langsung. Bagasi juga bisa diakali dengan cara yang sebelumnya, punya alasan untuk keperluan mendadak dan melapor ke Transfer Deck.

Solusi untuk bagasinya [Sumber gambar]
Tips lain agar bagasi tetap bisa diambil juga dibagikan oleh akun @MarcelinoRenAld. Ia mengatakan bahwa bisa request penurunan bagasi di terminal transit ketika proses check in. Jadi nantinya bagasi tidak terbawa ke tujuan akhir penerbangan.

BACA JUGA: Ini Dampak dari Naik Turunnya Harga Tiket Pesawat Terbang, Netizen Sampai Bikin Petisi

Lifehack ini sangat bermanfaat dan bisa nih diterapkan buat berhemat saat perjalanan jauh. Netizen yang ikut berkomentar juga sudah merasakan sendiri manjurnya trik ini. Jadi, apakah kamu berniat untuk mencoba?

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago