Warga Indonesia yang hobi sekali liburan meskipun harinya hanya sedikit, biasanya menyempatkan waktu untuk ke sana ke mari. Misalnya saja berlibur dengan menggunakan pesawat. Namun sayangnya, banyak juga nih orang yang tak tahu menahu tentang aturan di pesawat atau masuk ke bandara. Seperti barang yang tidak boleh dibawa misalnya.

Bahkan, barang-barang tersebut sering kali kita bawa lho Sahabat Boombastis. Ini dilakukan memang karena ada alasannya. Misalnya benda tersebut mengandung bahan peledak atau semacamnya. Jadi, kalau kalian penasaran dengan benda-bendanya, bisa tengok ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Benda-benda tumpul yang mungkin sering kalian bawa

Benda tumpul seperti pemukul baseball [Sumber Gambar]
Benda pertama yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat ialah barang bersifat tumpul. Tapi ini tidak berlaku untuk semua barang ya. Barang yang dimaksud seperti tongkat golf, pemukul baseball dan sejenisnya. Ini dikarenakan bisa megakibatkan cidera bagi penumpang pesawat yang lain atau bisa juga dijadikan alat untuk kejahatan. Jadi, kalau kalian membawa satu di antaranya, hanya dapat disimpan di bagasi check in saja.

Semua barang yang asalnya dari binatang

Produk dari hewan seperti keju [Sumber Gambar]
Mungkin banyak dari kalian yang bingung dengan peraturan satu ini. Yap, karena hampir semua barang yang kita miliki berasal dari binatang. Contohnya jaket, dompet atau bahkan baju. Namun ternyata, bukan itu yang dimaksud lho Sahabat Boombastis. Barang yang tidak boleh masuk ke kabin pesawat terbang adalah keju, daging atau susu. Alasannya karena produk-produk makanan yang berasal dari hewan pada umumnya mengandung bakteri patogen. Nah, bakteri tersebut sangat rawan untuk menginfeksi orang-orang yang berada di sekitarnya.

Cairan yang volumenya lebih dari 100 ml

Cairan yang berukuran lebih dari 100 ml [Sumber Gambar]
Zat cair yang lebih dari 100 ml memang haram hukumnya untuk dibawa ke kabin pesawat. Sebab, tekanan tinggi yang dihasilkan oleh pesawat bisa membuat tabung-tabung berisi cairan-cairan tersebut jadi meledak. Nah, cairan-cairan yang dimaksud di sini bukan hanya air mineral saja. Tapi bahan lain seperti parfum, shampo ataupun body lotion. Kalau dilihat-lihat sih memang semua kebutuhan untuk para ladies. Sehingga bagi kalian yang ingin bepergian dengan pesawat terbang, sebaiknya letakkan cairan tersebut di wadah kurang dari 100 ml.

Benda yang mengandung gas juga dilarang masuk kabin pesawat

Benda yang mengandung gas [Sumber Gambar]
Selain di atas, benda lainnya yang tidak diperbolehkan masuk ke pesawat yakni barang dengan kandungan gas tinggi. Alasannya sama seperti benda cair yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Tak lain dan bukan adalah karena bisa meledak jika tekanan pada pesawat sedang tinggi-tingginya. Oleh karena itu, bagi kalian yang suka membawa deodorant semprot atau tabung aerosol saat bepergian menggunakan pesawat, lebih baik ditinggal saja Sahabat Boombastis.

Benda tajam yang sering kalian gunakan sehari-hari

Benda tajam seperti silet [Sumber Gambar]
Terakhir, adalah benda yang bersifat tajam. Aturan ini diberlakukan untuk menghindari hal-hal yang bisa mengancam keselamatan penumpang dan awak pesawat lainnya. Ini berlaku untuk semua benda tajam ya Sahabat Boombastis. Meski ukurannya kecil, tapi tetap saja tidak diperbolehkan. Contohnya seperti gunting kecil untuk kuku ataupun silet. Jadi supaya kalian aman, mending hindari deh membawa benda tajam dalam bentuk dan ukuran apapun.

Daftar barang-barang di atas sebaiknya kalian perhatikan jika ingin bepergian menggunakan pesawat. Kalau misalnya salah satu di antaranya ada yang kalian butuhkan, coba deh cari alternatif lainnya. Lalu, jangan coba-coba untuk melanggarnya lantaran benda itu akan disita dan tidak dikembalikan lagi. Yuk deh daripada barang disita, lebih baik patuhi aturan-aturan di atas ya. Selamat liburan..