Categories: Trending

10 Benda Jaman SD Yang Pernah Berjasa Untuk Anda

Bicara jaman sekolah, tentunya ada banyak cerita. Dulu, tidak banyak gadget seperti tab atau smartphone. Bahkan komputer hanya digunakan di kalangan tertentu. Yang disebut ‘gadget’ itu adalah benda-benda sederhana yang memudahkan kita melakukan apapun. Dan di masa kecil, banyak hal masih dilakukan secara manual.

Baca Juga : 6 Jajanan Jaman SD Ini Bikin Kamu Ingat Masa Kecil

Mari sejenak bernostalgia. Ada banyak benda jaman SD yang berjasa bagi kita dan mungkin menyimpan kenangan tersendiri. Apa saja? Kami rangkum dalam 10 benda kenangan jaman SD yang ngangenin ini.

1. Rautan Pensil Bundar

Rautan pensil paling ekonomis dan handy di jaman sekolah. Siapa yang pernah punya? Benda ini punya cermin kecil di belakangnya, lumayan untuk ngaca-ngaca.

Rautan pensil jadul via Facebook

Punya rautan macam begini juga untung-untungan. Kadang ada yang bisa meraut dengan baik dan tajam, ada juga yang tumpul. Konon, jangan ditiup rautannya, nanti tidak setajam pertama kali dipakai.

2. Pensil Isi Ulang

Ini adalah benda jaman SD yang fancy banget. Tapi dulu, banyak yang punya. Kalau pensil batangan HB atau 2B harus diraut, pensil ini pakai sistem isi ulang. Kalau kurang satu saja isinya, walhasil nggak bisa dipakai lagi.

Pensil Mekanik via Facebook

Problematika pensil ini di jaman dulu adalah ketika ujungnya pecah. Akhirnya kita menulis dengan trik khusus supaya isi pensil tidak bengkok keluar. Ah, penuh perjuangan ya..

3. Legenda ‘Setip’ Jaman SD

Anak-anak SD pasti ngerti banget bagaimana hidup berdampingan dengan penghapus atau setip ini. Ada penghapus putih hijau yang konon bagian hijaunya jangan dipakai menghapus, nanti malah kotor. Ada pensil HB berujung penghapus pink, ini juga seringnya menghapus dengan tidak bersih.

Ada juga penghapus bolpoin. Warnanya orange bata dan biru atau biru semua. Penghapus ini ampuh, tapi juga bisa melubangi kertas. Alamaak deh kalau kejadian waktu ujian. Jaman dulu EHB (evaluasi hasil belajar) masih pakai kertas yang mudah terkikis.

Penghapus jaman SD via Facebook

Jangan lupa, supaya tidak hilang, kalau punya penghapus, bagian putihnya dinamai dengan bolpoin. Kalau beli penghapus besar, kadang dipotong jadi beberapa bagian, buat serepan katanya. Hayo, siapa yang dulu seperti itu? Atau, ada juga yang pakai karet gelang sebagai penghapus?

4. Uang Koin

Uang koin Via ID 666

Jaman dulu, uang koin Rp 100 sudah sangat mewah untuk anak SD. Beli permen bisa dapat 4, beli jajan sejenis Krip-Krip bisa dapat 2-4 bungkus. Beli bakso atau pentol bisa dapat 1-4 buah. Ah, alangkah makmurnya jajanan masa SD dulu.

Kertas yang digosok dengan koin bisa muncul gambar via Maxkul

Selain untuk jajan, uang ini bisa untuk main. Uangnya diletakkan di bawah kertas, kemudian diarsir pakai pensil. Supaya muncul motifnya di kertas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan uang logam untyuk buku kecil ini.
Uang koin digesek di atas buku sehingga muncul gambarnya. Pernah melakukan ini?

5. Tas Koper

Masih ingat tidak tren tas koper jaman SD? Dulu tas ini adalah sempat ngehits di kalangan anak SD. Anti hujan, rapi seperti orang kantoran dan yah.. kelihatan keren aja kalau sekolah pakai tas koper.

Tas Koper dulu hits banget via Facebook

Padahal kalau dipikir, berat juga harus jinjing tas koper ke mana-mana. Tapi image rajin dan fungsi sampingan sebagai tempat duduk, bikin tas koper jadi keren banget jaman dulu.

Baca Juga : 10 Iklan Super Jadul ala Indonesia yang Sudah Langka

6. Buku Pintar dan RPAL

Yah, sudah kelihatan jelas kan captionnya? Karena jaman dulu kita nggak bisa tanya ‘Mbah Google’ maka ada buku-buku pengetahuan umum seperti ini. Jaman dulu pelajaran masih lebih mudah menemukan jawabannya.

RPAL dan buku pintar via 1cak

Selama kita bisa hafal beberapa hal yang ada di buku ini, kemungkinan ujian sekolah bisa dijalani dengan mulus. Mulai dari rumus matematika, daftar ibukota negara, kumpulan peribahasa dan sebagainya.

7. Kotak Pensil

Kotak pensil jaman SD adalah salah satu benda jadul yang sangat berjasa. Ada yang terbuat dari seng sehingga kalau jatuh, bunyinya bikin geger seisi kelas.

Kotak pensil jadul via Nyunyu

Ada juga yang terbuat dari plastik dengan tutup magnet. Aneka kotak pensil ini walaupun sederhana dan seperti figuran dalam kehidupan masa sekolah, tapi adalah salah satu benda kenangan yang menemani kita selama sekolah.

8. Bolpoin Lampu dan Bolpoin Wangi

Ternyata, sejak jaman SD, kita sudah banyak diincar oleh produsen alat tulis. Tidak hanay menjual bolpon biasa, dulu juga ada 2 jenis bolpoin ini.

Bolpoin wangu dan bisa menyala via Kaskus dan Blogspot

 

Bolpoin lampu banyak memikat anak kecil, karena bisa menyala saat digunakan. Sedangkan bolpoin wangi banyak disukai anak perempuan. Sayangnya bolpoin ini ditarik dari peredaran karena konon mengandung zat berbahaya.

9. Sepatu Yang Bisa Menyala

Selain tas koper, sepatu yang bisa menyala saat diinjakkan ke bumi adalah salah satu tren yang jadi penyemangat anak-anak bangsa bersekolah. Karena itulah sepatu ini boleh dibilang banyak berjasa bagi kita.

Sepatu kelap kelip via Kaskus

Mungkin ada di antara kita yang mati-matian ngejar nilai rapot atau merayu orang tua demi bisa beli sepatu ini. Apakah Anda juga pernah punya sepatu ini?

10. Bangku Sekolah

Yang terakhir adalah bangku sekolah. Disadari atau tidak, benda ini banyak berjasa selama kita sekolah. Dia jadi saksi bisu persahabatan atau kemelut kita dengan teman sebangku. Saksi bisu upil-upil dan permen karet yang sengaja disembunyikan di bawah bangku dan menemani kita selama sekolah.

l Bangku sekolah jaman SD via Tumblr

Dan, mungkin ada juga di antara Anda yang pernah menulis pesan iseng dengan bolpoin atau tipe x. Atau bahkan menuliskan nama cinta monyet Anda di masa kecil.

Baca Juga : 7 Games Nintendo Terbaik di Jaman Kita Kecil Dulu

Itulah beberapa benda di jaman SD yang banyak mengisi hari-hari sekolah kita. Masih banyak lagi benda kenangan yang pernah berjaya di masa SD dan sudah jarang kita temukan ada di kalangan anak SD jaman sekarang. Kalau Anda, apakah punya benda seru lainnya saat masih sekolah?

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago