Categories: Trending

10 Bencana yang Bisa Membuat Manusia Punah Sebelum Kiamat Datang

Kita percaya jika suatu saat nanti bumi dan segala hal di semesta tak terbatas ini akan memiliki akhir. Kita menyebutnya dengan kiamat. Atau kehancuran yang akan memusnahkan segalanya tanpa bersisa. Namun ada bencana yang lebih kecil dari kiamat namun mampu membumihanguskan semua manusia di bumi.

Bencana yang membuat manusia punah [Image Source]

Baca Juga : 10 Penemu yang Tewas Karena Temuannya Sendiri

Sebagian besar bencana-bencana ini datang karena ulah manusia. Karena keserakahan manusia yang menginginkan segala hal jadi miliknya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. (Kemungkinan Besar) Munculnya Perang Dunia Ke-3

Bumi yang malang telah mengalami 2 perang besar sepanjang sejarah: perang dunia pertama dan kedua. Selain itu hingga sekarang, perang terus terjadi di berbagai daerah seperti Timur Tengah dan Afrika. Perang hanya membawa bencana, perang hanya membawa kematian jutaan manusia dengan cara yang sangat instan.

Perang Dunia III [image source]
Bumi ini akan kehabisan manusia jika saja perang berkecamuk di seluruh bagian benua. Kemungkinan munculnya perang dunia ketiga akan memperburuk keadaan bumi. Terlebih kemajuan teknologi militer semakin mengerikan. Negara maju akan menghancurkan negara kecil, hingga akan banyak manusia tak berdosa akan mati percuma. Jika hal ini terus dibiarkan bukanlah mustahil jika bumi tak berpenghuni bahkan jauh sebelum kiamat besar datang.

2. Pandemi Penyakit Yang Belum Ditemukan Obat Penyembuhnya

Beberapa penyakit mengerikan seperti Ebola, MERS, Flu Burung, dan penyakit lain masih belum memiliki obat penyembuh. Coba bayangkan jika penyakit yang menyebar dengan sangat cepat ini menjadi sebuah pandemi dunia. Menyebar ke setiap penjuru negara tanpa bisa dicegah dan ditanggulangi.

Pandemi Penyakit [image source]
Kelangsungan hidup manusia akan perlahan tamat. Satu persatu akan terinfeksi lalu menyebar ke orang lain di sekitarnya. Begitu seterusnya hingga siklus akan berhenti jika semua manusia akan mati. Sebelum kiamat, bumi bakalan kosong melompong.

3. Global Warming Yang Tidak Bisa Ditanggulangi Lagi

Global Warming atau pemanasan global adalah bencana dunia yang saat ini telah kita rasakan. Bencana akibat bolong-bolognya lapisan ozon di atmosfer kita ini diakibatkan oleh tangan-tangan jahil manusia yang hidup di permukaan bumi (kita). Makin hari, pemanasan global kian mengerikan bahkan sudah memberikan efek nyata bagi kehidupan manusia.

Global Warming [image source]
Global Warming akan memberikan efek yang besar, salah satunya adalah cuaca ekstrem yang terjadi di seluruh dunia. Suhu dunia meningkat, es di kutub banyak yang mencair, permukaan air laut naik, penurunan jumlah oksigen di udara maupun di air. Selain itu pemanasan global juga sangat berbahaya bagi kesehatan, sinar UV tidak tersaring dan menyebabkan kita rentan terkena kanker. Akibat-akibat ini akan terus ada hingga manusia benar-benar habis dan menyesali tindakannya.

4. Zaman Stalin, Hitler, dan Mao Zedong Kembali Lagi

Stalin dikenal sangat kejam hingga memperbudak jutaan rakyat hingga semua mati perlahan-lahan karena kelaparan. Mao Zedong membantai semua orang yang dianggap pandai dan membiarkan jutaan lainnya kelaparan juga. Hitler menginginkan suatu ras unggul dan menghancurkan ras lainnya yang dianggap mengganggu.

Zaman Stalin dkk [image source]
Bayangkan bagaimana jika orang-orang seperti mereka muncul lagi di dunia ini. Dengan ambisi serupa bahkan lebih mengerikan lagi. Coba saja lirik pemimpin dunia yang kontroversial macam Vladimir Putin dan Kim Jong Un. Semoga saja sejarah buruk itu tidak akan terulang kembali.

5. Malthusian Catastrope, Populasi Manusia Tidak Bisa Dibendung Lagi

Populasi manusia diperkirakan akan terus bertambah hingga sulit dikendalikan. Tahun 2050 diperkirakan akan banyak sekali masalah akibat pertumbuhan manusia yang berbanding terbalik dengan ketersediaan pangan yang kian menipis. Selain itu ruang untuk tinggal juga akan semakin susah didapatkan.

Overpopulation [image source]
Masalah sosial akan muncul jika populasi penduduk tak bisa dikendalikan. Mulai dari kelaparan, kejahatan yang terjadi di jalanan hingga perang yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Masalahnya satu, keinginan mendapatkan sumber daya yang bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk hidup, tanpa pandang lagi kawan dan lawan.

6. Overexploitation, Menyerap Semua Hal Tanpa Berpikir Terlebih Dahulu

Eksploitasi yang berlebihan terhadap semua sumber daya alam juga akan membuat manusia perlahan-lahan punah. Bahan tambang, kekayaan hutan, kekayaan laut dan lainnya akan musnah suatu saat nanti. Dan jika hal ini musnah manusia bisa melakukan apa?

Overexploitation [image source]
Agar hal ini tidak terjadi, manusia perlu melakukan melakukan adanya pembatasan-pembatasan. Perlu ada regulasi yang mengatur pengelolaan sumber daya agar tidak sampai terjadi eksploitasi berlebihan. Karena sesuatu yang hilang dari alam tidak akan bisa dikembalikan lagi.

7. Nuklir Apocalypse, Bencana Senjata Nuklir Pemusnah Manusia

Nuklir adalah penemuan manusia yang sangat berharga, namun di balik itu semua terdapat kengerian yang tidak bisa ditutupi. Nuklir digunakan sebagai pembangkit listrik karena memiliki tenaga yang sangat besar. Selain itu nuklir juga digunakan sebagai salah satu senjata paling mengerikan di dunia.

Nuklir Apocalypse [image source]
Seperti yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. Lalu kasus yang sama juga terjadi di Chernobyl meski bukan senjata. Dampak nuklir mengerikan dan akan bertahan selama puluhan tahun karena radiasinya tidak hilang begitu saja. Jika senjata semacam ini dihantamkan hampir di semua permukaan bumi, maka manusia akan binasa saat itu juga. Semuanya!

8. Mutual Assured Destruction, Kehancuran Bersamaan Tanpa Belas Kasihan

Secara prinsip Mutual Assured Destruction (MAD) memiliki prinsip yang hampir mirip dengan Nuklir Apocalypse. Namun senjata ini diledakkan hampir secara bersamaan di hampir semua lapisan bumi dalam sekali waktu. Seperti yang terjadi saat perang dingin, meski skalanya lebih kecil.

MAD [image source]
Hal semacam ini bisa menghabiskan seluruh manusia dalam sekali ledak. Pemusnahan massal adalah hal yang sangat mengerikan. Bahkan ditakuti seluruh umat manusia tak terkecuali negara adidaya seperti Amerika dan China.

9. Kecerdasan Buatan Yang Menyengsarakan Manusia Sendiri

Hollywood telah mengangkat tema invasi robot kepada manusia. Robot menjadikan manusia sebagai budak atau bahkan membunuhnya. Tahukah anda, jika hal semacam ini punya kemungkinan akan terjadi di dunia nyata, bahkan memberikan kehancuran bagi manusia.

Kecerdasan Buatan [image source]
Kecerdasan buatan yang dibuat manusia bisa jadi akan menjadi senjata makan tuan. Bukan memberikan kemudahan tapi malah menyengsarakan manusia. Meski kemungkinannya kecil terjadi di bandingkan poin lain dalam artikel ini. Tapi hal semacam ini patut kita waspadai, karena sudah banyak ilmuwan yang pada akhirnya menyesali penemuannya sendiri.

10. Invasi Makhluk Asing Untuk Memperbudak Umat Manusia

Ada atau tidaknya makhluk luar angkasa atau alien memang masih diperdebatkan. Sampai saat ini masih belum ada bukti yang jelas akan adanya alien dari negeri jauh di luar angkasa. Namun hal semacam ini bisa saja terjadi dan menyebabkan kehancuran manusia.

Invasi Alien [image source]
Seperti yang terjadi pada film-film layar lebar. Alien akan menginvasi manusia dengan caranya yang mengerikan. Lalu menguasai bumi dan isinya. Teori musnahnya manusia karena alien memang masih menjadi kontroversi. Namun jika memang terjadi, maka nasib manusia akan tamat.

Baca Juga : Kalkulator Ini Bisa Prediksi Umur Manusia Hingga Kematian Tiba

Kiamat suatu saat akan datang. Entah cepat atau lambat. Kita sebagai manusia hendaknya lebih mawas diri. Tidak melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri atau pun orang lain. Sesuatu yang besar biasanya berasal dari sesuatu yang kecil. Jaga alam dan lingkungan kita, serta tetap rendah hati dan menjaga nurani, semoga bisa menjauhkan dari kebinasaan yang sia-sia.

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago