in

Setara Mobil-mobil Mewah, 5 Barang Bekas Atlet Ini Dilelang dengan Harga Edan-edanan

Bukan menjadi rahasia lagi, jika banyak barang-barang bekas bintang lapangan mempunyai harga yang fantastis. Bahkan tidak jarang sampai menembus angka edan-edanan di acara lelang. Pada umumnya, ada dua alasan yang menjadikan benda bekas dari para olahragawa bisa melambung tinggi. Salah satunya adalah nilai sejarah benda tersebut yang bagi para kolektor merupakan nilai mewah bisa memacu mereka merogoh kocek dalam.

Lalu, kebintangan pesohor lapangan juga sangat bisa mempengaruhi angka jualnya. Contohnya adalah barang-barang bekas dari, Michael Jordan atau kendaraan bekas pembalap dunia, hampir bisa dipastikan mampu terjual dengan angka yang besar. Program amal juga bisa menjadi pemicu lain di luar dua alasan tadi yang menjadikan benda bekas pesohor lapangan mahal. Dan berikut beberapa barang bekas atlet yang sempat terjual di acara lelang dengan harga edan-edanan.

Sepatu bekas Michael Jordan sebelum gabung apparel Nike

Berbicara Michael Jordan tentu sangatlah identik dengan produk apparel Nike. Meski begitu, tapi tidak semua kariernya di dunia basket menggunakan brand tersebut. Kabarnya sebelum kerjasama dengan produsen olahraga asal Amerika Serikat tersebut, Jordan sebelum menggunakan Conrverse.

Jordan dengan sepatu mahalnya [Sumber Gambar]
Dan hebatnya, diam-diam sepatunya yang dengan produk tersebut sempat dilelang dengan harga ugal-ugal. Dari penelusuran penulis, sepatu yang juga digunakan final basket Olimpiade Los Angeles 1984 tersebut terjual seharga US$ 190.372 atau setara Rp 2,53 miliar. Menurut Rumah lelang SCP Auctions, benda tersebut mahal lantaran merupakan sepatu terakhir pria 56 tahun tersebut sebelum dipinang Nike.

Sepotong kostum legenda Argentina sampai angka ratusan juta

Seperti halnya Jordan tadi, barang-barang pernah dikenakan oleh Diego Maradona ternyata juga kerap memiliki nilai tinggi di rumah lelang. Mulai dari sepatu sampai kostum yang pernah dikenakannya. Seperti salah satu contohnya adalah, kostum tim yang pernah dikenakannya saat bermain di Italia bersama Napoli.

Maradona bermain di Napoli [Sumber Gambar]
Dilansir Boombastis dari laman Bolastylo, seragam biru Diego Maradona kala memenangkan gelar juara Liga Italia pada 1986-1987, terjual dengan harga 6.500 euro atau sekitar Rp 107 juta. Berkaca dari hal tersebut tentu hal ini sedikit bukti kalau memang sejarah sebuah benda dapat membuat sebuah barang melambung harganya.

Motor Stoner di MotoGP 2010 sampai miliaran

Selain dua benda tadi, motor seorang mantan pembalap MotoGP asal Australia yakni Casey Stoner juga sempat memiliki harga mahal saat di lelang. Seperti diungkapkan laman Visordown yang dikutip dari Detik.com, Ducati GP10 yang pernah jadi andalan Stoner pada musim 2010, kabarnya mampu terjual dengan nilai 138.098 poundsterling atau sekitar Rp 2,037 miliar.

Stoner dengan GP10 [Sumber Gambar]
Usut punya usut, motor pria 33 tahun tersebut dulunya pernah membuat tiga kemenangan dan membantu pria berperawakan kurus tersebut menduduki posisi empat klasemen ajang balap MotoGP. Ducati GP10 sendiri bisa dibilang merupakan kendaraan yang gahar. Hal ini lantaran dilengkapi mesin bertenaga 800 cc.

Harga mobil bekas Michael Scumacer setera lima Lamborgini Aventador

Setali tiga uang dengan tunggangan Stoner di lintasan balap tadi, mobil legenda Formula One (F1) diam-diam juga memiliki bandrol tinggi dirumah lelang. Bahkan harganya sampai menyentuh angka miliaran satu satu mobil. Menurut penuturan Bolasport, untuk memiliki mobil Schumacher yang digunakan pada GP Hungaria dan GP Monaco musim 2001, peminat harus mempersiapkan cuan sebesar 4 juta dolar Amerika atau lebih dari 54 miliar.

Mobil Bekas Michael Scumacer [Sumber Gambar]
Jumlah yang bisa dibilang setara dengan lima Lamborgini Aventador. Hal ini lantaran kendaraan mewah tersebut satuannya kerap dibandrol dengan angka 10 miliar. Namun, terlepas dari hal tersebut kendaraan Scumi tersebut bisa dibilang bersejarah, lantaran dalam riwayatnya sempat membantunya meraih gelar F1 di tahun 2001.

Kostum pencak silat atlet Asian Games laku sampai ratusan juta

Tidak berhenti di nama-nama tadi, rupanya pada tahun 2018 lalu beberapa benda bekas atlet Asian Games sempat terjual di acara lelang dengan harga mahal. Misalnya kaos seragam Jonatan Christie yang di acara lelang untuk korban gempa Lombok laku Rp 400 juta. Lalu masih di acara yang sama, seragam beberapa atlet bola voli dilelang dengan Rp 300 juta, dan untuk Marcus Gideon/Kevin Sanjaya seharga Rp 300 juta.

Hanifan meraih emas Asian Games [Sumber Gambar]
Tapi dari semua nama tersebut, pada acara untuk membantu korban gempa tersebut, seragam yang dikenakan atlet pecak silat menjadi yang paling mahal. Di mana kostum mereka mampu terjual dengan harga mencapai 900 juta.

BACA JUGA: Pelajaran Hidup dari ‘Barang Rongsokan’, Benda Sepele yang Mampu Mengubah Hidup Seseorang

Begitulah sobat Boombastis deretan benda-benda bekas para atlet yang punya harga mahal. Angka-angka tinggi tadi, juga menjadi bukti kalau barang memiliki sejarah memang kerap membuat kantong kolektor ingin memilikinya jebol. Kira-kira kalian pernah enggak nih membeli barang yang dilelang?

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Viral Pria Cuci Uang Pasca Banjir di Sentani, Begini Cara Benar Membersihkannya

Salmafina Sunan Tercyduk Sedang Joget di Kelab Malam, Netizen: Kok yang Disalahin Temennya sih?