Banjir bandang yang menerjang Sentani, Papua sudah menenggelamkan semuanya. Mulai rumah, kendaraan, tempat ibadah dan lain sebagainya. Bahkan, uang milik gereja pun juga ikut hanyut ke dalam arus banjir bandang tersebut. Untungnya uang-uang itu ditemukan oleh tiga anggota TNI yaitu Kopda Boni, Praka Obeth dan Pratu Kreku.

Melihat uang yang terbawa banjir tadi terkena lumpur, mereka pun mencucinya dengan air bersih. Dan kemudian mereka mengeringkannya dengan cara seadanya. Tapi, apa benar cara mencuci uang seperti itu?

Pertama-tama, lakukan ini dulu

Campurkan air hangat dan deterjen [Sumber Gambar]
Sebetulnya, uang kertas tidak boleh dicuci karena alasan apapun. Sebab, itu bisa menurunkan kualitasnya. Namun kalau uang sudah terlanjur kotor, kalian bisa lakukan hal ini terlebih dulu. Adalah menyediakan air hangat yang tidak terlalu banyak, sabun cair atau deterjen dengan bahan pelembut. Jika sudah, campurkan sabun atau deterjen ke air hangat yang sudah disediakan tadi.

Siapkan uang kertas yang ingin dicuci

Siapkan uang kertas kotor di tempat rata [Sumber Gambar]
Mau langsung cuci uangnya? Eits tunggu dulu. Kalian harus tahu kalau si uang ini haram hukumnya untuk dimasukan ke dalam air. Jadi kalian hanya cukup meletakan uang kertas di permukaan yang rata, kering dan juga bersih. Misalnya di meja atau di lantai. Tapi pastikan tempat tersebut bersih dari debu ya. Supaya tidak ikut menempel pada uang yang akan kita bersihkan.

Menyiapkan kain untuk membersihkan uang

Siapkan kain lembut untuk bersihkan uang [Sumber Gambar]
Lalu, bagaimana kita membersihkan uangnya kalau tidak dicelupkan secara langsung? Nah, caranya adalah siapkan dulu kain yang berbahan lembut. Kalau bisa sih yang bahannya mirip dengan lap kacamata. Kalau sudah, celupkan ujung kain ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun atau deterjen tadi. Kemudian peras agar kain tidak terlalu basah.

Ini cara inti untuk membersihkannya

Celupkan kain ke air dan deterjen kemudian bersihkan ke uang [Sumber Gambar]
Kain yang sudah diperas tadi, bisa langsung kalian bersihkan ke permukaan uang kertas. Caranya dengan gerakan melingkar dan dimulai dari bagian tengah uang. Tapi perlu diingat, lakukan pembersihan ini dengan hati-hati ya, agar kertas tidak mudah rusak. Dan catatan selanjutnya adalah lakukan dengan sabar. Pasalnya pada proses ini akan membutuhkan waktu yang agak lama.

Jika sudah, keringkan dengan cara ini

Keringkan dengan kain dan jangan disetrika [Sumber Gambar]
Sudah selesai membersihkannya? Berarti Sahabat Boombastis hanya perlu mengeringkannya. Tapi jangan sekali-kali menggunakan setrika ya. Sebab setrika malah membuat uang menjadi lebih kaku dan terlebih lagi rusak karena terlalu panas. Sehingga kalian mengeringkannya dengan cara mengambil kain lembut yang kering dan kemudian tekan uang kertas secara perlahan. Lakukan langkah ini sampai uang benar-benar kering.

BACA JUGA : 10 Tulisan Kreatif Orang Indonesia di Uang Kertas yang Bakal Bikin Perutmu Mulas

Begitulah cara mencuci uang yang baik dan benar supaya tidak menurunkan kualitasnya. Memang sih cara ini kalau dilihat-lihat relatif lebih lama, apalagi jika uangnya berjumlah jutaan. Tapi, tidak ada salahnya tetap dilakukan untuk tetap menjaga nilai dari mata uang negara kita. Jadi, ada yang berminat untuk cuci uangnya?