Salmafina Sunan lagi-lagi menjadi viral. Setelah pernikahannya gagal dengan Taqy Malik, beberapa bulan kemudian, ia memutuskan untuk melepas hijab dan mengaku menjadi dirinya sendiri. Ia mulai mengunggah foto-fotonya tanpa hijab di akun instagram pribadinya, beserta kegiatannya sehari-hari, mulai dari olahraga hingga hang out bersama teman-temannya.

Beberapa hari lalu, video dirinya tengah berada di kelab malam tersebar viral di media sosial. Tampak Salmafina yang mengenakan dress merah duduk terjerembab sambil menutupi telinga dan lalu asyik bergoyang. Hal tersebut pun menuai kecaman dari netizen hingga akhirnya, sang ayah, pengacara kondang, Sunan Kalijaga ikut buka suara.

Bagaimana video Salmafina Sunan tersebar di media sosial

Video berdurasi 15 detik itu berasal dari instagram story seorang teman dari Salmafina Sunan. Mereka datang bersama-sama ke sebuah kelab malam untuk menghabiskan waktu bersama. Hingga akhirnya, Salmafina memilih untuk duduk sambil tetap mengikuti irama musik.

Ketika itulah sang teman mulai merekam kegiatan mereka, layaknya ABG lainnya, lah. Salmafina pun tampak menghadap ke kamera sambil tersenyum. Netizen Indonesia yang secepat intel lalu mengirimkan video tersebut ke akun gosip hingga akhirnya viral.

Klarifikasi Salmafina Sunan tentang video dirinya

Netizen mengecam aksi Salmafina Sunan yang mengenakan dress dan mengekspose bagian tubuh dirinya. Banyak yang mengira bahwa Salmafina tak sengaja memperlihatkan celana dalamnya sehingga netizen pun mulai mengkritik. Dalam klarifikasi yang ia tuliskan di instagram story, Salmafina menyatakan:

Klarifikasi Salmafina Sunan [sumber gambar]
“Aku ingin mengklarifikasi beberapa hal: Jumat malam aku pergi ke suatu tempat untuk menikmati penampilan DJ, joget dan menyanyi mengikuti alunan musik, dan aku tidak mabuk, tapi aku ceroboh. Aku membiarkan teman untuk merekamku dan memperlihatkan bagian tubuh yang kalian kira itu celana dalam, tapi itu boyshort dan aku duduk seperti itu karena capek pakai heels.”

Sunan Kalijaga ikut andil untuk menyelamatkan image anaknya

Melihat video anaknya sedang berada di kelab malam, Sunan Kalijaga pun berang. Ia berusaha menjaga image baik sang anak dengan mencari siapa pelaku yang menyebarkan video Salmafina di kelab malam. Sampai akhirnya, pengacara yang sempat terjerat kasus bersama Jennifer Dunn tersebut membagikan perkembangan soal video anaknya.

Sunan Kalijaga ikut campur urusan anaknya [sumber gambar]
Ia mengunggah postingan di instagram dengan caption “Alhamdulillah seperti yang saya pernah bilang “untuk menangkap dan memasukkan kalian ke penjara adalah suatu hal yang mudah buat saya” jadi tolong jaga jari kalian di sosial media jangan sampai merugikan orang.” Ia pun membuat teman Salmafina memberikan klarifikasi tentang aksinya.

Teman Salmafina membuat video permintaan maaf

Bernama Maulida, teman Salmafina Sunan membuat video klarifikasi yang berlatar belakang di rumah Sunan Kalijaga. Ia menyatakan meminta maaf atas perbuatannya, yaitu merekam dan menyebarkan video Salmafina sedang joget di kelab malam. Netizen pun menemui kejanggalan, Salmafina saja sadar kamera, mengapa yang salah hanya yang merekam kegiatan mereka?

Provokasi netizen rupanya membuat Sunan Kalijaga semakin geram. Ia, yang awalnya hanya ingin menempuh jalur damai dengan siapa yang menyebarkan video anaknya, malah tergerak untuk melapor ke Polda Metro Jaya dengan pengaduan pencemaran nama baik. Entah bagaimana, seseorang yang mengunggah video keseharian ke instagram story-nya bisa masuk dalam pencemaran nama baik, terlebih objek dalam video sadar, pikir netizen.

Pernyataan sikap dari teman Salmafina ketika dilaporkan

Sebelumnya, Sultan Kalijaga mengunggah video mobil polisi dan suasana di ruang tamunya, dengan caption “Alhamdulillah, dalam hitungan jam, pelaku sudah dapat dihadirkan di kediaman saya.” Maulida pun memberikan klarifikasi dalam postingan tersebut, menyebut ia dan 3 orang temannya, bersama Salmafina juga, mengendarai taksi online 2 jam sebelum polisi datang.

Pertemanan Salmafina dan Maulida [sumber gambar]
Setelahnya, Sultan Kalijaga malah mengunggah video sedang berada dalam Polda Metro Jaya, bersama anaknya yang kembali berhijab. Bukankah seharusnya, sebagai orang tua yang merasa nama baiknya tercoreng akan ulah sang anak—yang tak sengaja terunggah ke media sosial ketika sedang pergi ke kelab malam, harus menambah edukasi kepada buah hati tercinta?

BACA JUGA: Bukan Artis, Gaya Hidup Super Mewah 5 Anak Pengusaha Kaya Ini Sanggup Bikin Meringis

Sangat disayangkan, bagaimana masalah keluarga yang bisa diselesaikan dengan bicara dari hati ke hati, harus melibatkan banyak pihak, termasuk netizen yang budiman. Bukan cepat selesai, kasus ini nantinya malah akan semakin melebar ke mana-mana. Yang sabar, ya, dek Alma~