Persaingan di dunia YouTube Indonesia semakin ketat. Terlebih, setelah banyak artis-artis mencoba peruntungannya di situs web berbagi video tersebut, salah satunya Baim Wong. Meski baru saja memulai kariernya sebagai YouTuber, Baim Wong telah berhasil menggaet 2 juta subscribers.

Selain itu, ia memiliki sebuah konten yang unik dan sesuai dengan spesialisasinya; ngerjain orang. Beberapa waktu lalu, Baim Wong bertransformasi menjadi “gembel budiman,” untuk merayakan pencapaian 1 juta subscribers-nya. Ia menjadi viral dan banyak dihormati orang.

Vide prank Atta Halilintar jadi gembel [sumber gambar]
Rupanya, konten tersebut menarik perhatian banyak YouTuber lain. Salah satunya Atta Halilintar. Baru satu hari yang lalu, ia mengunggah 3 video prank menjadi gembel sekaligus. Menyamar sebagai gembel masuk ke restoran mewah, bungkus mobil Lamborghini, hingga masuk pesawat kelas bisnis. Namun sayang, ia malah banjir hujatan netizen. Mulai dari disebut menjiplak konten Baim Wong hingga disebut settingan. Alhasil, kolom komentar di kanal YouTube Atta Halilintar dinonaktifkan.

Atta Halilintar vs Baim Wong jadi gembel [sumber gambar]
Netizen menyoroti make up yang digunakan Atta Halilintar untuk menjadi gembel. Menurut mereka, Atta malah terkesan mendiskreditkan atau mengolok-olok gembel. “Gembel juga ga gini2 amat keless. Ini mah abis ganti sumbu komporr,” tulis pengguna twitter @tanganbelang_id. “Atta kesamber Halilintar,” tulis @RingSatoe. “Cinderella tidur di pinggir tungku aja masih kelihatan cantik. Lah ini?” celoteh @diochaa1223. Meskipun begitu, netizen hanya menyudutkan Atta, bukan make up artist-nya.

Ikut-ikut konten Youtube Atta dan Baim [sumber gambar]
Berbeda dengan Baim Wong yang penampilannya benar-benar “dekat” dengan gembel. Terlebih lagi, di akhir video, ia membagi-bagikan sebagian rezekinya dari YouTube. Sedangkan Atta Halilintar sendiri mengakui prank-nya gagal, sebab ada yang mengenalinya. “Penistaan terhadap gembel ini,” komentar @miswarihulk. “Nyamar kok jadi gembel, dilaknat jadi gembel beneran merengue lu,” tulis @rajaneber. “Gembel aja skrg rambutnya pake pomade woii, ini malah diberantakin,” ungkap @shandytheo21.

Youtuber Indonesia dengan subscribers terbanyak [sumber gambar]
Fenomena jiplak-menjiplak konten ini memang sedang marak di dunia per-YouTube-an Indonesia. Hingga netizen sudah enggak tahu lagi siapa kreator aslinya dan siapa yang menjiplak. YouTuber yang disoroti pun tak jauh-jauh dari Atta Halilintar dan Ria Ricis—yang kini sama-sama memiliki 9 juta pelanggan. Ria Ricis ikut membuat konten grebek rumah, sedangkan Atta ikut-ikutan bikin konten prank gembel. Belum lagi Ria Ricis juga tak henti membuat konten tentang paranormal activity seperti Raditya Dika dan Risa Saraswati.

Hotman Paris beli saham YouTube [sumber gambar]
Ironisnya, dua YouTuber tersebut dinilai netizen tak banyak memberikan konten menarik dan mendidik. Namun, memiliki jumlah pelanggan paling banyak se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Video yang baru saja mereka unggah pun tak pernah absen menyambangi kolom trending di YouTube. Netizen pun berinisiatif menggalangang pengumpulan dana untuk memboikot konten alay dan tidak mendidik di YouTube. Sayangnya, sudah keduluan Hotman Paris, yang berencana membeli saham YouTube karena banyak konten alay, dikutip dari liputan6.com.

BACA JUGA: 5 Skandal yang Pernah Seret Nama Atta Halilintar, Netizen: Padahal Keluarganya Islami Banget

Parahnya lagi, netizen di twitter banyak yang bersyukur, sebab mereka tak termasuk dalam 9 juta pelanggan kanal YouTube Atta Halilintar dan Ria Ricis. Masih seputar prank gembel Atta Halilintar, berikut komentar netizen yang bisa dikoleksi oleh pemburu meme-meme seputar sulung keluarga Halilintar tersebut.

Atta – pedagang ikan bandeng [sumber gambar]
Atta – dikeluarin dari sini [sumber gambar]
Atta – serupa tapi tak sama [sumber gambar]