Siapa yang tak kenal dengan sosok Hotman Paris Hutapea? Ya, pengacara kondang Tanah Air yang dikenal dekat dengan para artis tersebut, merupakan figur yang sangat disegani di dunia hukum. Bagaimana tidak, kasus yang kerap ditanganinya tergolong perkara berat dan tidak main-main.

Tak hanya menangani kasus yang melibatkan perusahaan domestik dan internasional, Hotman juga kerap membela artis-artis Indonesia yang terjerat kasus hukum. Sebut saja Cut Tari, Manohara, dan Deddy Corbuzier. Saking seringnya terlihat di layar dengan segala kemewahannya, Hotman pun sempat dijuluki sebagai pengacara Rp 30 miliar! Lantas, hal apa saja yang membuatnya sedemikian terkenal.

Pendidikan tinggi menjadikan dirinya ahli hukum yang berkualitas

Hotman Paris bersama rekan-rekanya saat muda [sumber gambar]
Rekam jejak pendidikan Hotman yang gemilang di masa lalu, juga turut mew3arnai langkah suksesnya berkarir sebagai pengacara. Dilansir dari tirto.id, pria kelahiran Laguboti, Sumatera Utara, Indonesia, 20 Oktober 1959 itu, merupakan lulusan S-1 (sarjana Hukum) Fakultas Hukum, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung (1981), S-2 (Master Ilmu Hukum) Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, S-3 (Doktor) Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (2011). Diketahui, Hotman juga mengambil jenjang Master (Magister Ilmu Hukum) di Univeristy of Technoology, Sydney, Australia dan lulusa tahun 1990.

Pengalaman menangani kasus-kasus berat dalam dan luar negeri

Hotman Paris saat muda [sumber gambar]
Sempat bertugas satu tahun di Bank Indonesia, Hotman pun akhirnya memilih keluar karena merasa karirnya sulit berkembang. Dilansir dari tirto.id, ia kemudian bergabung ke Law Firm yang spesialisasi di hukum bisnis internasional. Namanya mulai mencuat kala krisis keuangan menghantam Asia pada dekade 1990-an. Di mana ia menjadi sosok pengacara yang paling dicari-cari perusahaan yang berusaha menghadapi kreditur. Setelah kejatuhan pemerintahan Soeharto pada 1998, Hotman mulai mendirikan Firmanya sendiri

Mulai dikenal sebagai pengacara artis berpengaruh di indonesia

Hotman Paris dan Deddy Corbuzier [sumber gambar]
Dilansir dari dari tirto.id, ia sebelumnya pernah berkarir di OC Kaligis & Associates Law Firm dan Nasution Lubis Hadiputranto Law Firm. Untuk menangani kasus yang dialami para selebriti di Indonesia, Hotman hanya mewakili secara pro-bono. Ia mengambil kasus hukum yang menyeret para artis hanya karena dirinya merasa bosan. Dilansir dari tirto.id, 99% kasusnya merupakan perkara bisnis internasional. Oleh karenanya, Hotman mencoba menarik perhatian media kepada orang kaya baru dan selebriti dengan mempekerjakan seorang aktris sebagai asisten pribadi.

Sosok tajir melintir yang banyak memiliki bisnis

Hitman Paris berpose dengan mobil koleksinya [sumber gambar]
Tak salah jika seorang Hotman Paris kemudian banyak mendapat julukan karena kepiawaiannya dalam dunia hukum. Dilansir dari tirto.id, Dijuluki sebagai “Raja Pailit” dan pengacara selebritis Indonesia, serta pengacara 30 Miliar. Oleh majalah SWA, Hotman digelari Celebrity Lawyers’, ‘The Most Dangerous Lawyer’ dan ‘Bling-bling Lawyer’ oleh salah satu majalah di Australia. Untuk kekayaannya, jangan ditanya lagi. Dilansir dari brilio.net, Hotman memiliki bisnis 12 villa mewah yang tersebar di Bali. Salah satunya adala The Cliff Hotman Paris VI Pandawa dengan tarif dari mulai Rp 29 juta untuk satu malam. Pengacara 58 tahun itu juga menekuni bisnis jual beli dan persewaan ruko yang harga per unitnya minimal Rp 200 juta. Ditambah koleksi mobilnya seperti Ferrari, Lamborghini hingga Bentley, membuat dirinya makin terkenal.

Teladan inspiratif dari seorang Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris ternyata teladan yang inspiratif [sumber gambar]
Seiring dengan popularitasnya yang melambung, Hotman juga dikenal sebagai sosok pekerja keras. Dilansir dari tirto.id, ia selalu bangun jam 4 dan pada pukul 5 pagi sudah tiba tempatnya bekerja. Baru pada jam 6 ia membuka kantor dan memulai aktifitas. Salah satu kunci suksesnya yang lain adalah, ia senantiasa menyukai pekerjaannya dan selalu berusaha keras untuk meraihnya. Tak heran, Hotman Paris begitu mencintai profesinya sebagai seorang Lawyer kenamaan.

Memang, hanya dengan bekerja keras dan mencintai apa yang dilakukan merupakan kunci sukses dari seorang Hotman Paris Hutapea. Terbukti, hal yang telah ia terapkan secara konsisten itu membuat rezeki akan mengalir dengan sendirinya. Hebat ya Sahabat Boombastis.