Pada era generasi kids zaman now, bukan lagi artis saja yang bisa terkenal dan punya banyak uang, YouTuber pun begitu. Bahkan, ketika anak SD zaman sekarang ditanya apa cita-citanya, ingin menjadi apa ketika sudah besar nanti, mereka tanpa ragu menjawab “YouTuber.” Sebegitu digilai profesi YouTuber di Indonesia sekarang.

Namun, yang membuat banyak orang tak habis pikir adalah para content creator alias YouTuber yang kontroversial. Mereka justru malah memiliki banyak pengikut, aneh bin ajaib, bukan? Maka dari itu, dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan mengungkap 6 YouTubers yang penuh kontroversi tetapi malah memiliki jutaan followers. Simak daftarnya dalam ulasan berikut.

1. Reza ‘Arap’ Oktovian, 1.984.730 subscribers

Baru-baru ini nama Arap kembali mencuat ke permukaan. Bukan karena tingkahnya, tetapi lagu barunya yang berjudul King (of Tale). Secara tiba-tiba, ia diserang oleh VIP—sebutan fans boyband Korsel, Big Bang, karena disebut-sebut lagu barunya memiliki banyak kemiripan dengan karya milik G-Dragon, leader boyband Big Bang, yang berjudul Bullshit.

Arap pun tak terima dengan hal tersebut dan malah mengunggah video yang berisi makian kepada para penggila K-Pop tersebut. Sayangnya, satu hari setelah ia mempublikasi makiannya, video tersebut sudah hilang dari peredaran alias dihapus. Melihat kelakuan minusnya yang sudah terjadi berulang kali, ia malah tetap diapresiasi banyak masyarakat Indonesia. Buktinya, ia memiliki lebih dari 1 juta subscribers di channel YouTube-nya, serta 2,4 juta pengikut di instagramnya.

2. Younglex, 799.795 subscribers

Sama seperti Arap, Younglex juga terkenal sering memaki di media sosial. Tak hanya itu, ia pun mengasilkan karya-karya dengan lirik yang berisi sindiran-sindiran terhadap pihak tertentu. Hal ini pun menjadi cerminan bagi kids zaman now untuk menjadi terkenal seperti Younglex, bukan seperti YouTuber lain yang lebih berprestasi.

Youtuber – YoungLex [sumber gambar]
Meskipun begitu, Younglex kini memiliki 799.795 subscribers di akun YouTube-nya, serta 902 ribu pengikut pada instagramnya. Satu lagi bukti bahwa masyarakat Indonesia masih terus menerus terbawa arus. Namun, belakangan Younglex menjadi pembicara di Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, paling tidak ia masih memiliki prestasi yang bisa ditiru kids zaman now, lah ya.

3. Kemal Palevi, 451.798 subscribers

Belum surut kontroversi yang dibuatnya bersama mantan Presiden BJ Habibie, ia pun sempat tercyduk bersiteru dengan Justin Bieber ketika meliput pertandingan basket NBA All Star di Los Angeles, Amerika Serikat. Sebagai YouTuber, Kemal pasti memutar otaknya untuk menyajikan konten yang bagus bagi para pemirsanya, tetapi apa iya harus sebegitunya?

Pernah Kemal Palevi berkolaborasi dengan mantan Presiden BJ Habibie, ia menunjukkan sepatu miliknya yang mencapai harga puluhan juta rupiah. Meski dirinya sudah bilang hal tersebut settingan, tetapi netizen masih melihat hal tersebut kurang pantas ditunjukkan di depan mantan Presiden. 451.798 subscribers di YouTube, serta 1,1 juta followers di instagram membuatnya bodo amat dengan tanggapan netizen, karena ia memiliki lebih banyak fans daripada haters.

4. Awkarin, 559.275 subscribers

Meski sudah tak sebegitu aktif di YouTube seperti sedia kala, Awkarin masih sering menyapa pengikutnya di sosial media instagram. Konten di YouTube-nya pun sudah tertata dengan rapi sekarang, bukan sekedar vlog yang berisi makian seperti zaman dahulu. Tetapi, banyak netizen yang sudah tahu bagaimana Awkarin bisa setenar sekarang.

Youtuber – Awkarin [sumber gambar]
Konten yang dibuatnya selalu penuh kontroversi tetapi malah disebut sebagai goals atau panutan oleh kids zaman now. Seperti ketika ia masih berpacaran dengan Gaga Muhammad dan seringkali berpose layaknya suami istri. Meskipun begitu, ia rupanya tak kehilangan banyak fans semenjak kejadian itu, karena ia masih memiliki 559.275 subscribers YouTube dan 2,9 juta pengikut di instagram.

5. Laurentius Rando, 669.814 subscribers

Jika dibandingkan dengan 4 rekannya di atas, mungkin kontroversi Laurentius Rando merupakan yang paling parah. Pasalnya, dalam setiap kontennya, ia selalu menyempatkan membuat video Mail Time alias membuka hadiah yang dikirim oleh fans pada dirinya. Diketahui, tahun 2017 lalu, ia menjual sebagian barang pemberian fans-nya di toko online.

Youtuber – Laurentius Rando [sumber gambar]
Hal tersebut pun membuat banyak fans Rando yang marah dan kecewa. Namun, banyak dari mereka yang juga tetap setia menjadi penggemarnya. 669.814 subscribers di YouTube dan 336 ribu followers di instagram ini menjadi buktinya.

6. Ria Ricis, 2.975.015 subscribers

Selain dikenal sebagai YouTubers, adik dari Oki Setyana Dewi ini juga memiliki bisnis bejibun yang enggak kalah dari banyak artis lainnya. Pintar mengambil peluang, Ria Ricis pun menargetkan pemirsa YouTube-nya sebagian besar dari anak-anak. Maka dari itu, ia dijuluki sebagai Ratu Squishy, karena mayoritas kontennya berisi tentang review mainan anak-anak yang kenyal itu.

Youtuber – Ria Ricis [sumber gambar]
Rupanya, banyak video squishy-nya itu yang lalu dipandang negatif oleh netizen bahkan beberapa artis. Aksi membuang squishy ke laut hingga toilet itu dianggap mencemari lingkungan. Namun agaknya, Ria Ricis tidak bermaksud begitu sehingga ia tak mengklarifikasi hujatan yang dituduhkan kepadanya. Yaiyalah, fans berjumlah lebih dari 2 juta di YouTube serta 8,5 juta di instagram sih lebih banyak daripada para haters.

Itulah 6 YouTubers yang seringkali menuai kontroversi dan banjir hujatan dari netizen atas kontennya. Meskipun begitu, mereka merasa memiliki ciri khas masing-masing dan tak berniat untuk mengubah kebiasannya. Menurut kalian bagaimana, Saboom, atas perilaku 6 YouTubers di atas?