Olahraga

Melihat Para Manusia Kuat dan Hebat di Asian Para Games 2018

Bukan rahasia lagi jika selain sebagai hiburan dan penyalur energi positif, olahraga juga muncul sebagai nyawa kedua untuk sebagian orang. Seperti yang tersaji di kejuaraan olahraga bernama Asian Para Games 2018. Event yang akan digelar di Indonesia tersebut bisa dibilang adalah wadah hebat yang menampung para atlet berkebutuhan khusus. Mereka yang bertanding di sana akan bertanding di berbagai cabang olahraga mulai tenis sampai atletik.

Asian Para Games sendiri, pertama kali diselenggarakan tahun 2010 di Guangzhou Cina. Salah satu atlet tanah air yang akan ambil bagian di event tersebut adalah M Fadli, seorang pembalap korban tabrakan yang kini menjadi atlet balap sepeda yang jempolan. Selain dirinya beberapa manusia kuat dan hebat ini juga mengikuti kejuaraan tersebut. Siapa sajakah mereka? Untuk mengetahuinya simak ulasannya berikut ini.

Melawan keterbatasan Sapto Yogo Purnomo andalan Indonesia

Sapto Yogo Purnomo pastinya merupakan nama yang masih asing di belantika dunia olahraga. Kendati bukan atlet yang  famous, namun perjuangannya sebagai seorang olahragawan patut diacungi beribu-ribu jempol. Terlahir dengan kondisi fisik tangan kanan dan kakinya kaku, masa kecilnya harus dilalui dengan beragam ejekan.

Sapto Yogo Purnomo [Sumber Gambar]
Seperti salah satu lagu badai pasti berlalu, masa kelam yang perlahan menghilang setelah bakatnya dalam bidang olahraga ditemukan gurunya. Lewat latihan dan kerja keras akhirnya kini ia menjadi andalan Indonesia di cabang olahraga (cabor) atletik. Bahkan ia kini menjadi atlet difabel terbaik se Asia Tenggara lewat torehan banyak prestasi.

Ukun Rukaendi pak guru yang jadi andalan cabor bulutangkis

Seperti halnya Sapto Yoga tadi, Ukun Rukaendi bisa dibilang bukanlah atlet yang populer. Namun sebagai salah satu wakil Indonesia di ajang Asian Para Games 2018 ia begitu diandalkan. Meski sebenarnya ia memiliki keadaan fisik yang tidaklah sempurna. Lewat bulu tangkis, pria yang juga berprofesi sebagai guru menjelma menjadi atlet yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Aksi Ukun Rukaendi [Sumber Gambar]
Dilansir laman Detik.com, tahun 2015 lalu ia sukses menyumbangkan dua medali emas dari cabor tersebut ketika bertanding di Singapura. Selain dirinya nama Suryo Nugroho juga menjadi andalan Indonesia meraih emas.

Kekurangan tak pernah halangi David Jacobs harumkan nama negara

Selain atletik dan bulutangkis tadi, ternyata atlet dari cabor Tenis Meja juga menjadi ujung tombak untuk Indonesia memperoleh emas. Dan dari sekian atlet yang diandalkan di olahraga satu ini nama David Jacobs menjadi yang terdepan. Kehebatannya juga menjadi jawaban jika kekurangan fisik seseorang bukanlah halangan untuk berprestasi.

Penampilan David Jacobs [Sumber Gambar]
Pria 40 tahun menyandang difabel ini bisa dibilang terus berlatih dan bekerja keras untuk bisa menghancurkan kekurangannya. Berkat hal tersebut, ia juga kini raih banyak prestasi. Mengutip laman Juara.net, dirinya sukses meraih medali perak di SEA Games dan Perunggu di Asian Para Games pertama di Cina.

Siti Mahmudah andalan Indonesia di cabor angkat beban

Terlahir dengan kondisi fisik yang tidak sempurna memanglah bukan perkara yang mudah. Namun bagi atlet angkat beban bernama Siti Mahmudah hal tersebut rupanya tidak pernah menjadi halangannya untuk ukir cerita manis. Melansir laman IDN Times, srikandi Indonesia sukses menjadi juara di kejuaraan European Open Championships 2018.

Selain gelar juara yang didapatkan, ia juga menciptakan rekor pribadi dengan sebuah angkatan 120 kg. Hal tersebut lebih berat empat kg dari angkatan awalnya yang berada di 166 kg. Kondisi ini menjadi baik untuknya lantaran menjadi modal bagus untuk menghadapi Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Apa yang ditorehkan putra dan putra bangsa Indonesia memanglah luar biasa. Keterbatasan yang ada diri mereka tidak pernah sedikit menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan. Hal ini juga menjadi bukti jika manusia mau untuk berusaha semua rintangan dapat dihadapi. Selain itu, juga memperjelas jika olahraga menjadi kerap menjadi nyawa kedua untuk manusia.

Share
Published by
Galih

Recent Posts

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

1 week ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

1 week ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

2 weeks ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

2 weeks ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 weeks ago