Categories: Tips

Cerita Rakyat Tentang Ratu Junjung Buih, Penguasa Laut Lokasi AirAsia QZ8501 Jatuh

Duka kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 masih terasa. Tangis duka pun masih mengalir dari keluarga korban yang menjadi penumpang pesawat tujuan Surabaya – Singapura tersebut. Dengan sabar dan airmata, keluarga korban menanti kabar kedatangan sanak family mereka. Begitu pula dengan proses pencarian pesawat yang masih berlanjut.

Berbagai cara telah dilakukan untuk mencari pesawat AirAsia QZ8501 dan korban yang jatuh di laut sekitar pulau Kalimantan. Mulai dari mengerahkan segenap anggota Basarnas hingga mendatangkan tenaga profesional dari negara lain. Namun, pesawat tersebut belum juga berhasil ditemukan. Hingga akhirnya, cara ghaib pun diterapkan. Termasuk melibatkan tokoh adat dan paranormal setempat untuk membantu mencari pesawat yang hilang sekitar 28 Desember 2014 yang lalu.

Cerita Rakyat Tentang Ratu Junjung Buih, Penguasa Laut Lokasi AirAsia QZ8501 Jatuh 1

Usut punya usut. Dan beberapa menyebutkan salah satu cerita rakyat  tentang ratu penguasa laut di mana pesawat AirAsia tersebut jatuh.

1. Berawal dari terlibatnya tokoh adat Kalimantan

Begitu banyak yang ikut serta dalam pencarian pesawat dan isinya yang jatuh di selat Karimata tersebut. Mulai dari Basarnas hingga tokoh terkemuka dari Kalimantan. Adalah Gusti Kadran, salah seorang tokoh adat terkemuka yang melibatkan dirinya dalam pencarian. Pria tersebut lantas menyebutkan adanya Selat Karimata memang terkenal angker dan diyakini adanya kekuatan mistis yang menyebabkan pesawat tersebut jatuh.

Cerita Rakyat Tentang Ratu Junjung Buih, Penguasa Laut Lokasi AirAsia QZ8501 Jatuh 2

Gusti Kadran yang mengaku masih keturunan kesultanan Kotawaringin ini datang ke Pangkalan Bun dan menyebutkan sosok Ratu Junjung Buih yang menjadi penguasa laut sekitar Selat Karimata.

Selanjutnya: Bayi Ajaib Yang Bisa Bicara

2. Bayi ajaib yang bisa bicara

Layaknya Nyi Roro Kidul yang berkuasa di laut selatan Jawa, sosok Ratu Junjung Buih dikenal menguasai laut di utara. Menurut alkisah, Ratu Junjung Buih adalah istri Pangeran Suryanata. Dia juga merupakan putri raja pertama di Kalimantan hasil bertapa di Candi Agung. Putri yang ditemukan dari tumpukan buih di sungai.

Lukisan Ratu Junjung Buih (c) intisari

Sementara itu, kerajaan Amuntai di Kalimantan dulu diperintah oleh dua bersaudara yakni Padmaraga sebagai Raja Tua dan Sukmaraga sebagai Raja Muda. Kedua raja tersebut tidak memiliki anak dan akhirnya bertapa untuk bisa memiliki keturunan yang mampu meneruskan kerajaan. Dan, Raja Muda pun kemudian mendapatkan anak yang kembar.

Baca Juga: 4 Selebriti Cantik Yang Was-Was Karena Punya Pasangan Pilot

Begitu pula dengan Padmaraga yang bertapa di Candi Agung. Dia lalu menemukan bayi terapung di sebuah sungai. Anehnya, bayi tersebut bisa bicara kepada Datuk Pujung yang berusaha mengambilnya di sungai.

3. Ratu Junjung Buih penguasa Selat Karimata

Bayi tersebut lalu diambil. Namun ada syaratnya, yakni Raja Tua atau Padmaraga harus menyediakan selembar kain dan selimut yang selesai ditenun dalam waktu setengah hari. Tak hanya itu, bayi tersebut juga minta untuk dijemput oleh 40 perempuan cantik.

ratu junjung buih (c) wikipedia

Sayangnya, sang raja tidak mampu memenuhi persyaratan tersebut meski sudah mengerahkan banyak orang untuk menenun. Hingga, datang Ratu Kuripan yang mampu mengabulkan permintaan sang bayi. Dan, bayi tersebut alhasil diangkat menjadi putri Raja Tua yang diberi nama Ratu Junjung Buih. Dia juga memiliki otak yang cerdas yang mewarisi Ratu Kuripan hingga akhirnya menikah dengan pangeran dari Majapahit, pangeran Suryanata.

4. Aura mistis yang masih kuat di Selat Karimata

Gusti Kadran sendiri meyakini bahwa Ratu Junjung Buih adalah penguasa di Selat Karimata. Dia juga menyebutkan adanya aura mistis yang masih kuat di sekitar selat tempat jatuhnya pesawat AirAsia. Dia juga menyarankan agar pencarian tidak mengandalkan teknologi canggih saja melainkan juga untuk mencoba cara ghaib.

Selat Karimata (c) flickr

Bagaimana pun caranya, kita semua hanya mampu berdoa agar pesawat AirAsia QZ8501 dan seluruh penumpang serta kru pesawat segera ditemukan.

Baca Juga: 7 Menu Kuliner Indonesia Favorit Bule Dari Seluruh Dunia

Share
Published by
Evi Rizana

Recent Posts

Sempat Dihentikan Polisi, Kiki Amalia Melahirkan di Usia 42 Tahun dengan Pengalaman Unik

Ada kabar baik dan membahagiakan dari aktris Andi Kiki Rizky Amalia, atau akrab disapa Kiki…

2 months ago

Rumah Dinas Menteri di Ibu Kota Negara Nusantara Disorot karena Mewah dan Megah

Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten…

2 months ago

Santri di Ponpes Kediri Meninggal Secara Tragis, Dianiaya 4 Seniornya

Berniat ingin menimba ilmu di kota orang, tapi justru nasib nahas menimpa seorang santri di…

2 months ago

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago