Unik Aneh

Ambalat, Blok Laut yang Kaya SDA dan Hampir Bikin Indonesia-Malaysia Perang Besar

Indonesia dan Malaysia ibarat kakak dan adik, sering bertengkar namun dalam hati saling menyayangi. Hal itu mungkin karena memang berasal dari rumpun yang sama sehingga berasa punya saudara. Meskipun kadang, ada juga beberapa pertengkaran yang bikin masing-masing negara sampai naik pitam.

Nah, salah satu contohnya adalah masalah Ambalat. Ya, beberapa kali kedua negara sempat bersitegang, bahkan hampir melakukan perang. Beruntung hal itu tidak terjadi karena masing-masing negara lebih menjunjung kedamaian. Lalu kenapa sih bisa setegang itu konfliknya? Berikut ulasan lengkapnya.

Ambalat yang selalu jadi rebutan dua negara

Ambalat yang berada di wilayah Indonesia, memang mengukir sejarah panjang karena beberapa kali jadi penyebab singgungan dengan Malaysia. Tepatnya dimuali sejak tahun 1979, ketika Negeri Jiran itu mencoba mengklaim Ambalat untuk jadi wilayahnya. Sebelumnya, Malaysia sudah mengambil Sipadan dan Ligitan dari Indoensia.

Rebutan dua negara [sumber gambar]
Hal ini karena saat diajukan kepada pihak internasional, Indonesia kalah jumlah voting sehingga harus mengikhlaskan kedua pulau tersebut. Tak mau kecolongan lagi, Indonesia kini meningkatkan pertahanannya pada Ambalat yang memang sempat jadi incaran Malaysia. Perebutan pulau-pulau ini sebenarnya terjadi perbedaan penafsiran mengenai penetapan wilayah kekuasaan saat kemerdekaan dulu. Masing-masing negara menginterprestasikan batas wilayah dengan sudut pandang masing-masing.

Kenapa Ambalat yang diperebutkan

Perebutan kepulauan Ambalat ini bukan tanpa alasan. Keberadaan sumber daya alam yang luar biasa banyaknya, jadi salah satu faktor masing-masing negara bersikukuh atas keputusannya. Mulai dari potensi ikan yang melimpah hingga minyak dan gas bumi yang buat negara pemiliknya jadi makmur.

SDA sangat melimpah [sumber gambar]
Dilansir dari laman CNN, Ambalat memiliki lebih dari sembilan titik tambang dengan jumlah yang luar biasa. Bahkan, ada satu titik tambang yang punya potensi 764 juta barel minyak dan 1,4 triliun kaki kubik gas. Sumber daya alam tersebut bisa dimanfaatkan hingga mencapai tiga puluh tahun lamanya. Dengan kekayaan seperti ini, negara mana coba yang tidak tertarik dengannya.

Singgungan panas dengan Ambalat yang sempat terjadi

Sudah beberapa kali memang Indonesia sempat bersitegang dengan Malaysia masalah Ambalat ini. Namun, yang paling panas mungkin terjadi pada tahun 2005. Bagaimana tidak, kapal perang Indonesia waktu ini sampai menyerempat Kapal Diraja Rencong milik Malaysia supaya minggir dari Ambalat.

indonesia-malaysia [sumber gambar]
Walaupun begitu, panglima TNI meminta supaya kru kapal perang Indonesia tidak menembakan meriamnya terlebih dulu, barulah kalau Malaysia memulai maka boleh menyerang balik. Tahun 2009, hal serupa pun tejadi kembali. Ada 13 kapal dan pesawat tempur dari Negeri Jiran yang masuk wilayah Ambalat, namun berhasil diusir oleh KRI Suropati.

Bagaimana keadaan di sana akhir-akhir ini?

Lantaran wilayah Ambalat sendiri yang sangat dekat perbatasan, tak menutup kemungkinan ada pelanggaran batas wilayah yang terjadi. Sebagian besar sudah diusir oleh pihak angkatal laut yang sedang berpatroli. Namun, ada juga yang luput dari pemeriksaan dan akhirnya melanggar batas wilayah.

Nelayan Malaysia ditangkap [sumber gambar]
Mereka yang yang ketahuan melakukan hal itu, akan segera ditangkap dan diinterogasi. Seperti yang terjadi pada Mei 2022, beberapa nelayan Malaysia ketahuan melewati batas wilayah tanpa izin sehingga harus diamankan. Ya, singgungan panas sudah tak pernah terjadi antara kedua negara di Ambalat, namun pelanggaran kecil yang dilakukan oleh nelayannya masih sering ditemui.

BACA JUGA: Kalah Sengketa dan Jadi Milik Malaysia, Begini Keadaan Pulau Sipadan dan Ligitan Sekarang

Kepemilikan dari Ambalat sendiri sebenarnya sudah tercantum dalam undang-undang dan hukum internasional sebagai milik Indoensia. Oleh karena itu, negara kita akan memperjuangkannya karena jadi bukti kedaulatan bangsa. Meskipun bergitu, Indonesia tidak akan lupa untuk mengedepankan asak kedamaian.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago