Trending

Viral Air Sungai ‘Tersedot’ ke Dalam Tanah, Termasuk Sinkhole atau Bukan Ya?

Beberapa waktu lalu, media sosial digegerkan dengan sebuah cuitan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Di dalam postingannya, ia mengunggah sebuah video air sungai yang mengalir secara vertikal dan masuk ke dalam tanah. Kalau dilihat-lihat, air tersebut seperti tersedot ke bawah tanah.

Peristiwa yang terjadi di Desan Babadan, Kulon Pasar Giri Rejo Selomartani Sleman, Yogyakarta tersebut memang menyita banyak perhatian dari para netizen. Banyak warganet menganggap jika itu adalah fenomena sinkhole ini mirip dengan kejadian di Surabaya lalu. Tapi, apa benar seperti itu faktanya?

Ternyata bukan kok Sahabat Boombastis yang budiman. Hal ini dijelaskan langsung oleh Kepala Dusun Sambirejo, Giyanto. Kepada kabarkota.com ia mengatakan kalau di bawah Dam Kali Kuning tersebut terdapat lubang pengumpulan air menggunakan bis sumur.

“Waktu itu bangunan sudah dicor dan ditutup. Namun karena faktor air, lama kelamaan lubang tadi sedikit demi sedikit terkikis sampai di utara Dam, dan setelah 42 tahun baru diketahui kebocoran tersebut lewat bawah pondasi Dam,” ungkap Giyanto.

Pendapat dari Kepala Dusun Sambirejo itu diamini oleh Sutopo Purwo Nugroho. Di akun twitternya, ia menjelaskan jika fenomena tersebut bukan sinkhole seperti yang kita kira selama ini. Pasalnya, ada kebocoran di sisi cekdam, sehingga mengakibatkan air sungai mengalir ke dalam lubang tersebut. Selain itu, daerah itu juga bukan kawasan karst sehingga sinkhole tidak mungkin terjadi di sana.

Yap, memang sinkhole ini tidak semata-mata terbentuk begitu saja gengs. Ada beberapa penyebab mulai dari faktor tanahnya hingga ulah manusia juga nih. Yuk deh kita bahas satu persatu. Untuk faktor tanah, seperti yang diungkapkan oleh Sutopo tadi, jika sinkhole kemungkinan besar terjadi karena jenisnya karst.

Sinkhole di Sukabumi [Sumber Gambar]
Bagi yang belum tahu, karst ini merupakan bentuk tanah dengan banyak rongga di dalamnya. Jadi kekuatannya dalam menahan beban di atasnya masih sangat kurang. Sehingga kalau hujan deras sedikit atau ada bangunan tinggi di atasnya, maka tanah bisa saja membentuk sinkhole tanpa ada ciri-ciri sebelumnya.

Kemudian alasan lainnya adalah ulah dari manusia. Contohnya seperti masyarakat yang membuat terowongan air untuk jalur irigasi persawahan. Nah, dari sinilah biasanya tanah akan lebih mudah ambles dan membentuk sinkhole yang cukup dalam. Hal tersebut sudah terjadi di Sukabumi tahun 2018 lalu. Bahkan, lubang sedalam enam meter tersebut terbentuk di tengah-tengah sawah.

BACA JUGA : 5 Peristiwa Sinkhole Paling Mengerikan yang Bakal Bikin Kita Susah Tidur

Jadi, berdasarkan ulasan di atas, sungai yang mengalir secara vertikal itu bukan fenomena sinkhole ya. Melainkan adanya kebocoran di tanggul kecil. Sehingga bisa dibilang kalau peristiwa tanah ambles itu tidak semuanya berkaitan dengan sinkhole. Butuh penelitian dari beberapa ahli apakah fenomena penurunan tanah tersebut termasuk sinkhole atau bukan.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Pecahkan Rekor! Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Jadi Jenderal Bintang 1 Termuda

Belakangan nama Brigadir Jenderal (Brigjen) Aulia Dwi Nasrullah menjadi sorotan publik karena prestasi yang ia…

4 days ago

Sejarah Panjang Sepatu BATA, Setia Temani Langkah Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berakhirnya produksi Pabrik Sepatu BATA yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat.…

6 days ago

Virzha Tiba-Tiba Menikah, Banyak Netizen Salfok dengan Istri yang Begitu Cantik

Patah hati tampaknya tengah dialami para fans juara ketiga Indonesian Idol musim ke-8 sekaligus vokalis…

2 weeks ago

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 weeks ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 weeks ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 weeks ago