Fenomena tanah ambles yang sempat menghantui beberapa daerah di Indonesia, kini terjadi lagi. Di hari Selasa tanggal 18 Desember 2018 kemarin, tepatnya di jam 21.41 WIB, tanah di Jalan Raya Gubeng, Surabaya mendadak ambles. Parahnya, tanah langsung luruh sedalam 10 meter dan lebarnya 50 meter. Membuat kita yang melihatnya langsung merinding.

Jelas saja, fenomena ini sangat jarang terjadi di Indonesia. Apalagi bentuknya yang berlubang tidak seperti tanah ambles pada umumnya. Biasanya peristiwa ini terjadi di negara-negara luar dan sering kali disebut dengan sinkhole. Jadi, apa tanah ambles di Surabaya ini termasuk ke dalam sinkhole?

Sebelum kita menyimpulkan apakah fenomena di Surabaya ini termasuk sinkhole atau tidak, yuk bahas dulu pengertian dari lubang runtuhan. Melansir dari wikipedia.com, sinkhole merupakan lubang di permukaan bumi yang terbentuk akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan. Untuk kapan terjadinya itu enggak tentu Sahabat Boombastis, bisa berangsur-angsur atau mendadak seperti yang ada di Surabaya.

Nah, fenomena menyeramkan ini ternyata memiliki beberapa penyebab lho. Menurut Ahli Geologi Universitas Gajah Mada (UGM), Wahyu Wilopo jika sinkhole terjadi karena curah hujan yang tinggi, sehingga tanah menjadi tergerus dan mengakibatkan rongga besar di bawah permukaannya. Selain itu, penyebab selanjutnya adalah tanah berasal dari gamping atau karst yang memiliki banyak rongga, sehingga air lebih mudah untuk meresap masuk.

Sinkhole lebih sering terjadi di luar negeri [Sumber Gambar]
Tak hanya itu, ada faktor pemicu selain penyebab di atas. Dikutip dari laman kompas.com, sinkhole dapat terjadi akibat pengambilan air di bumi yang dilakukan terlalu sering. Kemudian, sinkhole bisa terbentuk karena pembangunan gedung di atas tempat air mengalir. Sehingga hal ini bisa meruntuhkan tanah yang ada di bawahnya.

Lantas, dari alasan-alasan di atas, fenomena yang terjadi di Surabaya tersebut apa termasuk sinkhole? Kalau berdasarkan penjelasan di atas sih sebenarnya tidak termasuk lubang runtuhan ya. Namun menurut beberapa penelitian, jika sinkhole dapat muncul karena ulah manusia juga. Apalagi, kabar terbaru dari ibukota Jawa Timur ini mengatakan jika amblesnya tanah terjadi karena kawasan tersebut terkikis oleh tanah galian basement gedung baru milik Rumah Sakit Siloam. Tapi kita tidak bisa langsung menyimpulkan jika fenomena ini adakah sinkhole. Sebab, biasanya sinkhole terbentuk dengan kedalaman yang lebih dari 10 meter.

BACA JUGA : Mengenal Likuifaksi, Fenomena Bumi Mencair di Palu yang Kubur Ribuan Nyawa Dalam Sekejap

Jadi, bisa dibilang peristiwa yang dialami Surabaya ini hanya mirip dengan sinkhole. Tapi meskipun begitu, kita tetap perlu waspada di manapun karena tanah ambles dapat terjadi kapan saja. Maka dari itu, kita sebagai manusia sebaiknya menjaga alam agar tidak mengalami kerusakan. Kalau kita masih semena-mena dengan alam, bagaimana bumi bisa bertahan lama?