Trending

Ditemukan di Pulau Tak Berpenghuni, ABK yang Hilang Ini Harus Bertahan 2 Hari di Laut

Setiap pekerjaan tentunya memiliki risiko yang bermacam-macam, seperti bekerja di laut yang cenderung memiliki risiko tinggi. Bekerja di lautan kerap kali disebut memiliki gaji yang besar dengan risiko yang menantang pula. Tak jarang hilang di lautan, kapal terbakar, ataupun tenggelam karena ombak, menjadi kisah-kisah yang sering kita dengar.

Baca juga: Cek Tagihan Listrik Ternyata Semudah Ini. Simak Yuk!

Seperti Anak Buah Kapal (ABK) kapal laut yang baru-baru ini heboh ditemukan di sebuah pulau tak berpenghuni. Terombang-ambing di lautan selama 2 hari, tentu menjadi hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Beruntung, sang ABK dapat terselamatkan. Bagaimana kisah kehilangan dan penemuannya? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Kronologi hilangnya sang ABK di laut

Riki Hariadi (23), seorang ABK kapal KM Star 86 yang tinggal di Pesisir Timur, Kabupaten Anambas, harus bertahan selama 2 hari di lautan. Riki, yang kala itu sedang berlayar di perairan Kepulauan Anambas, dilaporkan hilang oleh kapten kapal pada Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 16.15 WIB.

Riki saat telah diselamatkan oleh tim Basarnas [sumber gambar]
Bukan tanpa sebab, Riki menghilang setelah dirinya terpeleset saat mencuci tangan di bagian belakang kapal. Selama 2 malam di lautan, ia hanya menggunakan celana pendek hitam yang dikenakan saat terjatuh.

Penyelamatan oleh tim gabungan

Penyelamatan oleh tim gabungan

Setelah mendapat laporan kehilangan, BASARNAS bergegas melakukan pencarian. Dimulai dengan menghubungi tim SROB (Strategi dan Rencana Operasi Bersama). Dengan bantuan tim tersebut, harapannya dapat menemukan Riki lewat kordinasi dengan kapal-kapal yang lewat sekitar lokasi.

Riki saat berusaha turun dari tebing [sumber gambar]
Pada Senin (20/9/2021), tim gabungan meluncur ke titik lokasi, yakni sekitar 1,8 kilometer dari Pulau Tarempa, Anambas. Saat melewati sebuah pulau yang mirip terumbu karang, teropong menangkap seorang manusia, yang diduga Riki sedang melambaikan tangan. Dirinya nampak berlarian menuruni tebing yang curam.

Viral video proses penyelamatan Riki

Viral video proses penyelamatan Riki

Riki akhirnya ditemukan sekitar pukul 10:00 WIB dalam kondisi selamat dan hanya mengalami sedikit luka lecet. Setelah melakukan penyelamatan, Riki kemudian mendapatkan perawatan di RSUD Tarempa. Proses penyelamatan Riki menjadi viral di media sosial. Pasalnya akun Twitter @bustanuLis mengunggah video detik-detik penyelamatan Riki.

Video tersebut sudah disaksikan lebih dari 7,5 juta kali dan mendapat komentar positif atas kesuksesan tim menemukan Riki. Selain menanggapi keberhasilan tim Basarnas, warganet juga mengapresiasi keberanian Riki yang mampu mencari perlindungan di pulau berbentuk karang tersebut.

BACA JUGA: Bocah Terombang-ambing 3 Jam di Laut Diselamatkan TNI-AL, Ini Kronologi dan Nasib Terkini

Sebagai ABK, Riki tentu memiliki skill berenang yang dapat membantunya kelak dalam bekerja. Namun, Riki juga beruntung karena saat itu dirinya berhasil menemukan pulau yang dekat dengan titik jatuhnya. Tak lupa apresiasi untuk tim penyelamat yang dengan sigap mampu menemukan Riki.

Share
Published by
Dessy Humairoh

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago