Categories: Trending

5 Makanan Dengan Nama Bule Tapi 100% Asli Indonesia

Meski memiliki nama yang berbau asing, namun makanan-makanan berikut ini gampang sekali dijumpai di Indonesia. Bagaimana tidak, orang menu-menu ini adalah makanan asli Indonesia. Tidak percaya?

Pernahkah Anda makan klapetaart? Kudapan legit dari kelapa muda ini bukanlah berasal dari luar negeri, tapi asli Manado, Sulawesi Utara. Tidak hanya klapetaart, ada beberapa menu lain yang lezat, dan namanya bule banget. Apa saja itu?

1. Bistik – Steak Ala Jawa Yang Nikmat Luar Biasa

Mendengar kata bistik, pasti yang terbayang dalam benak adalah steak ala barat. Tetapi jangan salah, makanan ini asli Jawa lho…Seperti halnya steak, bahan utama bistik adalah daging. Namun bumbu-bumbu yang digunakan untuk mengolahnya adalah kecap manis dan bumbu rempah-rempah yang nota bene asli Indonesia, seperti merica, pala, dan bawang putih.

Bistik

Cara penyajiannya pun mirip-mirip dengan steak. Dengan dilengkapi kentang goreng dan stup sayuran (wortel, buncis, dan selada), maka tersajilah bistik alias steak Jawa.

Selanjutnya: Sosis Solo – Bentuknya Memang Mirip Sosis Makanan Favorit Bule

2. Sosis Solo – Bentuknya Memang Mirip Sosis Makanan Favorit Bule

Meski berjudul sosis, namun jangan bayangkan bentuknya sama dengan sosis yang dijual di supermarket. Dan sesuai namanya, makanan ini berasal dari Solo.

Sosis Solo

Bahan utamanya adalah ayam giling, yang kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah. Berbeda dengan sosis, sosis solo dibalut dengan kulit yang menyerupai kulit lumpia yang kemudian digoreng. Dan cara memakannya akan lebih sedap jika dicocol ke sambal atau dengan lalap cabai rawit mentah. Hmmm…

Selanjutnya: Klappertaart – Warisan Turun Temurun Bernama Belanda

3. Klappertaart – Warisan Turun Temurun Bernama Belanda

Kedengarannya seperti kue dari negeri Belanda. Dan memang, kue khas dari Manado ini mulai berkembang pada saat jaman pendudukan Belanda di Menado, sehingga ada pengaruh Belanda di dalamnya.

Klappertaart

Baca Juga: 5 Tradisi Unik Suku-Suku di Indonesia, Ada Yang Mengasingkan Perempuan Hamil!

Bahan utamanya adalah daging kelapa, susu, tepung terigu, dan telur. Kue ini sendiri secara harafiah berarti kue tart kelapa atau kue kelapa, karena memang menggunakan banyak daging kelapa dalam pembuatannya.

Selanjutnya: Soes – Ada di Berbagai Negara, Namun Asli Indonesia Yang Paling Lezat

 

4. Soes – Ada di Berbagai Negara, Namun Asli Indonesia Yang Paling Lezat

Meski pada awalnya berasal dari Italia, namun kue ini cukup populer di negara kita. Kue bundar berongga berisi vla ini tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya, hanya tepung, telur, gula dan mentega.

Kue Soes

Dalam perkembangannya, kemudian ada kue soes basah dan kering. Di beberapa Negara lain, kue ini juga dikenal dengan berbagai nama, seperti Bigne’ alla Crema (Italia), Pate a choux (Prancis), Shu cream (Jepang), dan Cream puff (Inggris). Cukup terkenal juga ya…

Selanjutnya: Poffertjes – Namanya Hangat, Senikmat Rasanya

5. Poffertjes – Namanya Hangat, Senikmat Rasanya

Kue ini asalnya dari Belanda, dan mulai masuk Indonesia pada masa penjajahan dulu. Rasanya yang manis dan teksturnya yang halus dan lembut membuat kue ini gampang diterima di lidah masyarakat kita.

Poffertjes

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Rusia, Negara Paling Luas dan Disegani

Di negara asalnya, makanan ini merupakan makanan khas pada saat ulang tahun sang Ratu. Dan di Indonesia, umumnya kue ini bisa ditemui di restoran yang menjual makanan khas Indonesia tempo dulu.

Selanjutnya: Selat Solo – Jangan Salah, Indonesia Juga Punya Salad!

6. Selat Solo – Jangan Salah, Indonesia Juga Punya Salad!

Lagi-lagi makanan khas dari Solo. Boleh dibilang bahwa makanan ini adalah steak dan salad yang asli dari Solo. Isinya berupa kentang goring, rebusan buncis, wortel dan telur, serta semur daging. Jika biasanya steak menggunakan daging dengan potongan yang besar, namun Selat Solo menggunakan daging dengan potongan yang lebih kecil.

Selat Solo

Rasa Selat Solo menjadi lebih segar karena disajikan dengan saus dan acar. Sausnya pun bukan seperti mayonnaise, tetapi dengan menggunakan saus kecoklatan berbumbu rempah-rempah. Jika ke Solo yuk cari kuliner satu ini.

Selanjutnya: Spekkoek – Kue Blasteran Yang Disukai Hingga HAri Ini

7. Spekkoek – Kue Blasteran Yang Disukai Hingga HAri Ini

Spekkoek atau yang lebih kita kenal dengan kue lapis legit ini merupakan makanan ‘blasteran’ Indonesia dan Belanda. Disebut demikian sebab pada awalnya resepnya adalah dari negeri Belanda (di negeri Belanda, namanya adalah Baumkuchen), namun menggunakan bahan-bahan asli Indonesia, seperti kayu manis, cengkeh, dan pala.

Spekkoek

Meski pada umumnya ada 2 rasa kue ini, yaitu rasa coklat dan pandan, namun pelan-pelan makanan ini pasti akan mengalami perkembangan dengan variansi rasa yang lebih beraneka ragam. Mungkin ada mau mencoba berkreasi dengan variansi rasa yang unik?

Baca Juga: Legenda 5 Nama Kota Paling Keren di Indonesia

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ribuan Warga Telah Diungsikan

Salah satu gunung berapi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, baru saja meletus. Mengeluarkan…

3 months ago

Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Kebahagiaan sedang menyelimuti Kiky Saputri dan suaminya, Muhammad Khairi atau yang akrab disapa Poy. Menikah…

3 months ago

Ibunda Maxime Bouttier Meninggal di Rumah Luna Maya, Sang Kekasih Selalu Mendampingi

Kabar duka tengah menyelimuti aktor Maxime Bouttier. Ibunda tercintanya telah pergi untuk selama-lamanya. Setelah melawan…

3 months ago

Nahas! Gedung Karaoke New Orange di Tegal Kebakaran, 6 Pemandu Lagu Meninggal

Kejadian nahas terjadi di salah satu tempat karaoke di Tegal. Ialah New Orange di Jalan…

3 months ago

Bos Gembong Narkoba Kabur dari Penjara Sebabkan Kekacauan Terjadi di Ekuador AS

Kekacauan terjadi di Ekuador, Amerika Serikat beberapa waktu belakangan. Pembajakan stasiun TV, penyanderaan, sampai penjarahan…

3 months ago